TRANSLATE

Rambut Nenek, Jajanan Jadul Era 90-an

Rambut nenek merupakan nama jajanan yang populer di tahun 1990-an. Selain dikenal sebagai rambut nenek, jajanan ini disebut juga dengan arum manis, karena cita rasanya  memang manis dengan tekstur butiran tepung yang khas. Namun, nama sebenarnya adalah arbanat. Nah, karena awalnya berwarna putih seperti uban, maka dinamakanlah rambut nenek.

Tak hanya di Indonesia, jajanan semacam rambut nenek juga ada di beberapa negara, salah satunya Perancis. Di negara Perancis, jajanan tersebut mendapat sebutan Barbe a Papa. artinya "jenggot ayah". Namun, jika dilihat-lihat lagi, bentuknya lebih mirip dengan permen kapas.

Karena mencoba mengikuti perkembangan jaman, jajanan rambut nenek mulai dibuat dengan beragam warna. Ada hijau, merah muda, dan kuning. Dan beragam rasa, seperti rasa melon, pisang dan lain-lainnya.

Sejarah jajanan rambut nenek sampai saat ini, belum ada yang bisa menjelaskan dengan pasti. Beberapa  pendapat menyatakan bahwa jajanan rambut nenek berasal dari Kota Malang, dan ada yang bilang dari desa Kesambi, Kabupaten Lamongan. Tapi pada umumnya, yakin bahwa jajanan rambut nenek memang berasal dari Jawa Timur.

Pada jaman dahulu, para pedagang jajanan rambut nenek itu akan berkeliling dari rumah ke rumah, sambil bermain alat musik berupa rebab (semacam alat gesek seperti biola). Transaksinya juga unik. Hanya dibeli dengan cara barter, yaitu  menukarkan barang bekas, berupa botol atau kaleng. Namun sekarang penjual jajanan rambut nenek sudah langka dan  jarang ditemukan.

Selain karena kalah bersaing dengan jajanan kekinian, proses pembuatannya juga tidak mudah, butuh kesabaran. Bahan untuk membuat jajanan rambut terdiri dari gula pasir, tepung terigu, pewarna makanan, dan air.  Pertama-tama, gula pasir, air dan pewarna makanan dimasak dengan api kecil hingga berubah menjadi adonan lengket seperti  dodol.

Jika dilihat sekilas memang, belum terlihat wujud rambut nenek. Bahkan bentuknya menyerupai adonan gulali. Tak bisa dipungkiri, baik rambut nenek dan gulali sama-sama berbahan dasar gula. Terkadang, beberapa orang mengenal rambut nenek dengan gulali basah.

Membuat gulali juga lebih mudah ketimbang rambut nenek, yang  butuh keahlian khusus untuk mengubah adonan lelehan gula menjadi helaian-helaian rambut nenek lembut nan tipis. Mulanya, adonan lelehan gula akan dicungkil sebagian  dengan sebilah kayu sederhana. Ukurannya sekitar satu genggam orang dewasa. Kemudian dipindaahkan ke dalam wadah berisi tepung. Tak sembarang tepung, hanya tepung beras atau tepung jagung yang mampu mengurangi daya lekat adonan gula.

Tarik dan ulur adonan berulang-ulang hingga memanjang, menciptakan bentuk panjang rambut nenek. Prosesnya semacam membuat adonan mie secara manual. Adanya tepung membuat adonan yang telah memanjang tak lengketdan tak menyatu  lagi.

Pada mulanya akan terasa berat, karena adonan begitu legitnya. Namun setelah terbentuk, helaian rambut nenek akn terasa empuk. Setelah terbentuk,  rambut nenek harus ditiriskan dari tepung yang kemungkinan menempel terlalu banyak. Setelah terbentuk, rambut nenek harus ditiriskan dari tepung yang kemungkinan menempel terlalu banyak.

Jajanan rambut nenek, ternyata melegenda di Bogor. Awalnya memang hanya bisa ditemukan di sekolah-sekolah SD, tapi saat ini jajanan tersebut bisa dijumpai di sekitaran Jalan Suryakencana, Kelurahan Gudang, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor.

Salah saatu pedagang Jajanan Rambut Nenek, Oji (58) mengatakan bahwa dirinya sudah berjualan rambut nenek selama 25 tahun, dengan cara berjalan kaki berkeliling dari rumah ke sekolah-sekolah. Tapi  semenjak pandemi Covid-19, , Oji tidak lagi berjualan di sekolah SD, hanya keliling ke tempat pusat kuliner saja.

Namun Oji mengakuai  bahwa selama pandemi pendapatannya tidak berkurang, karena mengakalinya dengan cara berjualan keliling. Kuliner tradisional yang berbahan dasar gula ini tidak hanya disukai oleh anak-anak saja, bahkan banyak juga dari kalangan remaja dan orang tua yang mencarinya.

Jajanan rambut nenek, dijual dengan dengan Simping, untuk memadukan rasa manis dan gurih. Harganya untuk satu tumpuk hanya Rp2 ribu, untuk yang sudah dikemas plastik itu Rp 10 ribu. 

Ingin mencari penjual RAMBUT NENEK terdekat dari lokasi anda via Google Maps? Silahkan KLIK DISINI





Selamat Datang Di Bogor

Sebuah wilayah di Jawa Barat yang terkenal akan wisata alam dan wisata kuliner yang menarik.  Website ini memuat informasi dan rekomendasi kuliner di Bogor,  baik yang halal maupun non halal, mulai dari camilan, makanan berat hingga minuman yang pastinya menggugah selera:

 

NYEMIL DULU.....

Ubi Bakar, Jajanan Murah Banyak Manfaat

Bertandang ke kota Bogor untuk berwisata tidak lengkap rasanya jika tanpa mencicipi jajanan khas-nya. Ada banyak jajanan khas Bogor yang bisa disantap ditempat atau dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Misalnya roti unyil, strudel, sampai ubi bakar bakar yang murah meriah. Kota Bogor memang identik dengan udara dingin yang membuat selera makan meningkat. Ubi bakar menjadi pilihan untuk mengenyangkan perut. Manis alami dari ubi ini akan mengurangi rasa lapar. Proses pembakaran pada ubi membuatnya… Baca selengkapnya.....
  • 52

    Mau Dimsum

    Ready ya dimsum mentai, dimsum ayam, kebab daging & es jelly ball Lokasi Panduraya depan Es Teh Yang mau diantar bisa area warung jambu sekitarnya

MAU MAKAN APA?

Ikan Mujair Bumbu Pesmol Malabar Ujung, Lezatnya Nggak Nanggung

Pesmol adalah Masakan Indonesia yang terbuat dari ikan. Pesmol ikan sering dijumpai di daerah Sunda Jawa Barat karena rasanya yang Gurih, Asam, manis, serta Pedas. Juga memiliki cita rasa tersendiri yang unik dan khas. Pepes ikan Mas duri lunak yang dibuat dengan dibungkus daun pisang dengan rasa gurih yang harum rempah. Lokasi Warung Sop Iga Mbak Par; Jl. Malabar Ujung, RT.03/RW.08, Tegallega, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat 16129. Harga: Rata rata Rp. 10.000/pcs (Rachmat Olie) Baca selengkapnya.....

MENU MINUMAN.....

Es Bangka, Minuman Legendaris Manis Harga Merakyat

Es bangka merupakan kuliner kebanggaan dari Kota Seribu Senyuman. Minuman menyegarkan ini banyak dijual di pinggiran jalan, sehingga tidak sulit menemukannya.  Baca selengkapnya.....
  • 41

    Open Order Dan Reseller Jamu Budeyul

    Minuman kesehatan yang terbuat dari bahan rempah asli tanpa pengawet, menggunakan gula aren .. Minum jamu sehat tanpa rasa takut pahit dan gak enak .. Bisa di minum dingin ataupun panas .. Kunyit asem Kunyit asem sirih Kunyit asem last sugar Beras kencur Jahe segar Yukkkkk berbagi kesehatan dan kesegaran. Open reseller juga ya….

CARI JAJANAN ENAK DI BOGOR LAINNYA: