Roti Unyil Venus, Makanan Ringan Legendaris di Bogor

Di samping memiliki tempat-tempat wisata yang menarik, Bogor juga begitu sukses memikat para wisatawan lewat ‘lidah’. Cita rasa khas sunda yang pedas, asam dan asin barangkali bisa Anda jumpai pada Asinan Bogor. Apabila menginginkan jajanan yang segar, panas tanpa meninggalkan cita rasa pedas, Soto Mie Bogor dan Bakso Kupat Gentong bisa menjadi pilihan. Anda yang menyukai panganan tradisional dari alam bisa menikmati talas bogor dan menu olahannya seperti keripik atau lapis talas bogor. Nah, jika Anda menghendaki makanan ringan sebagai oleh-oleh khas Bogor yang unik sekaligus menggelitik lidah, cobalah Roti Unyil Venus. Roti yang satu ini termasuk jajanan Bogor yang legendaris.

Nama Venus yang melekat pada makanan tersebut tak terlepas dari toko roti yang membuat roti tersebut yang kini kondang dengan nama ‘Venus Bakery. Berdiri sejak 1992, Venus Bakery tak serta merta menjadi besar seperti saat ini. Terdapat sejarah panjang dari sang maestro roti unyil sebelum akhirnya memiliki toko yang besar seperti saat ini.

Awalnya, sang pemilik roti berjualan keliling dengan gerobak. Rotinya yang dibuat kecil-kecil, kemudian disebut Roti Unyil karena mungil pun rupanya mendapatkan sambutan positif dari banyak orang. Seiring berjalannya waktu, usaha roti tersebut terus berkembang hingga akhirnya Venus Bakery memiliki dua cabang, yaitu di Ruko V – Point, Jalan Raya Pajajaran No. 1 dan Jalan Siliwangi no. 27 E, Sukasari.

Anda yang kebetulan tengah jalan-jalan ke Bogor, bisa langsung mampir ke tempat tersebut. Saat Anda bertandang ke toko roti tersebut, akan dibuat terkesan dengan bentuk roti-roti yang imut. Lantaran ukurannya yang kecil-kecil, roti tersebut seperti mainan. Bentuknya sungguh menggoda.

Istimewanya, meski makanan ini ukurannya kecil, penikmat roti unyil dijamin bakal kenyang. Hal ini lantaran dalam satu kotak roti unyil berisi 30 buah. Makan satu dua buah kue, jelas bakal ketagihan dan kurang. Praktis, Anda pun akan terus makan hingga tanpa terasa seluruh isi kotak ludes dilahap. Wal hasil, perut pun kenyang diganjal si roti unyil.

Selain bentuknya yang imut, daya tarik roti unyil terletak pada rasanya yang khas. Sejak masih berdagang keliling hingga kini menjadi toko besar, pemilik toko tetap menjaga cita rasa kuenya. Tak ingin ketinggalan zaman, Roti Unyil pun melakukan inovasi rasa.

Sejauh ini, setidaknya terdapat 25 jenis roti yang berbeda-beda rasa, mulai dari roti sosis keju, durian, talas, daging asap, srikaya, cokelat, mocca, donat keju, hingga roti rasa abon yang topping memiliki ukuran lebih besar dari rotinya. Ada pula roti isi jagung yang menjadi favorit para pelanggan.

Sementara itu, untuk memberikan variasi menu, Venus Bakery rupanya memberikan ‘menu selingan’ pada toko kuenya. Roti Unyil boleh jadi menu andalan, tetapi ada pula menu lain yang tak kalah ‘nggigit’. Menu tersebut berupa jajanan pasar  seperti onde-onde rasa kacang ijo hingga lumpur yang lumer.

Tak ketinggalan, pizza dengan ukuran mini juga tampak dijual di Venus Bakery. Penyuka roti tawar juga bakal dibuat puas dengan suguhan roti tawar khas Venus Bakery.

Keunikan rasa dan bentuk roti unyil andalannya, membuat Venus Bakery tak pernah sepi pembeli. Anda jangan kaget jika datang ke tempat ini ‘terpaksa’ antre. Pasalnya, pembeli toko ini sangat ramai bahkan sejak pagi. Hal ini lantaran banyak pula diantara pembeli yang sengaja membeli roi unyil sebagai sarapan. Meski demikian, banyak pula diantara pembeli yang rela antre demi membawa roti unyil sebagai oleh-oleh.

ciri khas serabi

Serabi Solo, Terkenal Sejak "Jaman Doeloe"

Banyak sekali jajanan tradisional di Indonesia yang penuh dengan sejarah dan juga budaya. Salah satunya adalah serabi. Makanan yang satu ini seringpula disebut dengan apem dan sebagainya di beberapa wilayah yang berbeda. Beberapa kota di Indonesia memiliki serabi mereka sendiri dengan ciri khas serabi yang berbeda. Salah satu yang akan dibahas ini adalah serabi Solo yang telah terkenal sejak lama bahkan mungkin ketika kakek nenek Anda masih kecil. Baca selengkapnya.....

Mie Ayam Yamin Bangkalan Jalan Mawar

Setelah penasaran sekian lama akhirnya bisa mencicipi mie ayam ini yang sempat viral du Bogor . Jenis mie ayam yamin yang tidak dipakai kan kecap manis. Harga 1 porsi mie ayam original 14ribu. Sedangkan yang komplit pakai ceker dan pangsit basah 18 ribu. Potongan ayamnya besar-besar dan rasa mienya tidak mengecewakan. Cuma harus sabar ya soalnya antri dan kita harus ambil pesanan kita sendiri bukan diantarkan ke meja kita. Sekarang mereka sudah menempati ruko dan tempatnya nyaman, bukan di… Baca selengkapnya.....

Kopi Cap Oplet, Pencipta Produk Kopi Sekali Seduh Kemasan Modern Di Bogor

Kopi merupakan salah satu komoditas andalan sektor perkebunan yang merupakan penghasil devisa negara, sumber pendapatan petani, penghasil bahan baku industri, dan penyedia lapangan kerja. Selain itu, kopi mempunyai multi fungsi, diantaranya fungsi produksi, fungsi konservasi hidrologi yang ramah lingkungan serta fungsi sosial. Baca selengkapnya.....
Burung Belibis Goreng Rasa Juara

Burung Belibis Goreng, Menu Langka dengan Rasa Juara!

Bicara soal kuliner, Indonesia memang sangat kaya. Memiliki wilayah luas dipadu dengan keragama suku, tak dipungkiri Indonesia pun memiliki resep-resep kuliner yang menggugah selera disemua daerahnya. Salah satu menu yang nendang di perut adalah Burung Belibis Goreng. Mendengar namanya, sebagian dari Anda mungkin merasa janggal. Namun, menu ini nyata ada bahkan dijajakan. Tak mudah dijumpai di sembarang tempat, ternyata menu langka ini rasanya juara! Baca selengkapnya.....