TRANSLATE

Seblak, Meski Viral Namun Tak Ada Yang Tau Pasti Tentang Sejarahnya

Banyak digandrungi orang dari berbagai usia mulai dari remaja hingga dewasa, seblak menjadi makanan tradisional khas Sunda yang dikenal luas di seluruh Indonesia. Lalu, bagaimana sebenarnya sejarah seblak hingga viral seperti sekarang ini? Berikut ulasannya.

 

 

Resep Lawas

Sejarah seblak sebenarnya masih belum jelas. Kuliner asal Bandung ini mulai populer sekitar tahun 2000-an. Konon kabarnya, sebelum masa kemerdekaan sudah ada makanan serupa di Garut dan Cianjur Selatan. Namanya adalah Kerupuk Leor. Arti leor dalam kamus bahasa sunda - bahasa Indonesia adalah melata(ular).

Istilah tersebut (kemungkinan) merujuk pada sensasi menyengat pada indra perasa, pada saat mengkonsumsi seblak. Itu sebabnya makanan berkuah dengan cita rasa pedas dan segar ini diberi nama seblak, kepanjangan segak dan nyengak.

Maksud dari kata segak dalam Bahasa Sunda adalah: bau yang keras atau tidak enak, seperti tembakau yang keras baunya. Sedangkan nyengak itu sendiri memiliki arti menggigit seperti rasa pedas pada cabai. Kedua efek tersebut berasal dari rempah jenis kencur  sebagai  bumbu utamanya

 

 

Asal-Usul

Sebagaimana telah disebut  bahwa belum bukti otentik tentang seblak. Meski ada makanan mirip seblak yang disebut Kerupuk Leor,  yang telah dikenal sebelum masa kemerdekaan di Garut dan Cianjur Selatan.

Ada juga asal usul seblak versi mayarakat Bandung dengan kisah yang berbeda. Konon, makanan ini muncul sebagai solusi untuk mengatasi krisis pangan yang melanda kawasan parahyangan yang terjadi pada masa penjajahan Belanda kala itu.

Tidak hanya di Jawa Barat, makanan yang  mirip dengan seblak ternyata dikenal juga di daerah Sumpuh, Banyumas, Jawa Tengah dengan nama kerupuk godog. Tergolong kuliner kuno karena sudah populer pada tahun 1930-an.

Meski tidak diberi bumbu kencur, kuliner ini juga menggunakan kerupuk  seperti seblak khas Sunda. Bedanya, kerupuk godog memakai kerupuk udang. Sedangkan bahan utama seblak adalah kerupuk oranye.

Penyajiannya juga berbeda, kerupuk godog disiram dengan bumbu kacang sebagai pelengkapnya.

 

 

Menjadi Populer dan Viral

Mulai dikenal luas pada tahun 2000-an, seblak terus berkembang hingga memiliki banyak variasi isian.

Jika pada awalnya hanya berisi rebusan kerupuk, kemudian diberi tambahan bahan lain seperti bakso, sosis, macaroni dan mie kuning. Bahkan ada pedagang seblak yang menambahkan ceker ayam sebagai alternatif isian makanan berkuah yang menghangatkan itu.

Adapun alasan di balik viralnya seblak diantaranya adalah rasanya yang menggugah selera dan harga yang merakyat. Cita rasa pedas dengan bumbu bawang putih dan kencur yang menyengat rupanya dianggap lezat  oleh banyak lidah, bahkan di luar Bumi Pasundan.

Demikian sejarah seblak, kuliner dengan resep lawas yang kemudian viral berkat modifikasi isian yang kian kekinian. Apakah Anda juga penggemar makanan satu ini? 

Ingin mencari penjual SEBLAK terdekat dari lokasi anda, via Google Maps? Silahkan KLIK DISINI

Selamat Datang Di Bogor

Sebuah wilayah di Jawa Barat yang terkenal akan wisata alam dan wisata kuliner yang menarik.  Website ini memuat informasi dan rekomendasi kuliner di Bogor,  baik yang halal maupun non halal, mulai dari camilan, makanan berat hingga minuman yang pastinya menggugah selera:

 

NYEMIL DULU.....

Jajanan Telur Gulung, Kuliner Legendaris yang Masih Hits Saat Ini

Jajanan telur gulung termasuk salah satu kuliner pinggir jalan yang cukup mudah ditemukan. Dari namanya pun sebenarnya sudah terlihat jelas bagaimana tampilan jajanan ini. Baca selengkapnya.....
  • 9

    AZIZAH ZUPPA SOUP BOGOR

    Hadir di kota hujan guy. Siap menemani suasana nya dengan menu yg begitu menggoda. Paket special: ZUPPA SOUP isi daging ayam+jagung manis PISANG SELIMUT toping keju,susu,meises MACARONI SCOTTEL isi cornet daging sapi &keju Menerima orderan untuk acara pesta/hajatan, arisan, ulang tahun, dll. Untuk order kami ready 24jam guys. Bebas ongkir depan rumah

MAU MAKAN APA?

Mie Gacoan Padjajaran, Selalu Ramai Sampai Sekarang

Akhirnya bisa nyobain mie yang lagi viral idmana-mana karena saking antri dan ramainya. Mie gacoan cabang padjajaran bogor. Mie nya ada 3 jenis,mie angel yang tidak pedas, mie iblis yang ada sensasi manis pedas level 1 smpe 8, dan mie setan yang g gurih pedas level 1 sampai 8. Dimsumnya ada lumpia udang, udang rambutan, udang keju, siomay ayam, ceker ayam, pangsit goreng. Harga makanan kisaran dari 10rb. Minumnya pesan es pocong yang g seger banget. Kita liat apakah selamanya akan ramai atau… Baca selengkapnya.....

MENU MINUMAN.....

Es Cincau Siliwangi, Pereda Panas Dalam

Bogor juga punya beragam minuman segar khas daerah, yang bakal melengkapi wisata kuliner Anda. Salah satu destinasi wisata kuliner Bogor yang menawarkan minuman khas Bogor yang patut Anda coba adalah Es Cincau Hijau Siliwangi. Baca selengkapnya.....
  • 33

    PLAIN YOGURT

    Terbuat dari 100% susu sapi murni dan segar dengan kultur yogurt yang terdiri dari bakteri L. Bulgarichus, L. Acidopholus, streptococcus thermopilus, Bifodobacterium animalis SPP lactis. Bertekstur kental. Tanpa tambahan air, tanpa pengawet, tanpa zat pengental, tanpa penstabil dan tanpa antiragi Cocok dijadikan toping salad, smoothie buah, bahkan bisa untuk masker/lulur. 250 ml 15rb 1 liter 50 rb Pengiriman Ciomas Bogor Pengiriman Jadetabek sameday with paxel Tersedia juga: Smoothie yogurt…

CARI JAJANAN ENAK DI BOGOR LAINNYA: