TRANSLATE

Sate Sumsum Pak Oo, Perpaduan Rasa Daging Dan Hati Sapi

Waktu menunjukkan pukul 16.00 WIB, ketika aroma khas yang gurih dan sedap menyeruak disekitar jalan Suryakencana Bogor. Rupanya berasal dari sebuah kedai, yang sedang membakar makanan jensi sate yang menggunakan bahan baku dari daging dan jeroan sapi. Kedai Sate Sumsum Pak Oo Bogor, demikian orang mengenalnya. Sate sumsum tulang sapi dan sate ginjal sapi adalah menu favorit di kedai ini, tanpa ada pilihan sate kambing.

Dalam satu porsi sate campur, terdiri dari lima tusuk sate sumsum tulang sapi, dan lima lagi sate ginjal yang diracik dengan bumbu kacang. Citarasanya gurih dan nikmat, dengan sedikit sentuhan rasa segar yang berasal dari perasan jeruk nipis dan sambal.

Sate Sumsum Pak Oo Bogor tampil dalam bentuk dadu dengan tekstur yang lembut namun padat, tidak seperti sumsum kaki sapi yang biasa dimakan dengan cara diseruput. Menurut Saparudin, generasi ketiga dari pendiri kedai ini, perbedaan itu berasal dari jenis bahan baku yang digunakan.

Sumsum tulang sapi yang digunakan oleh Saparudin,  berasal dari bagian tulang belakang sapi, bukan dari bagian kaki yang biasa diolah untuk hidangan sup sum-sum. Citarasanya memang kalah gurih, namun terasa pas ketika dipadukan dengan bumbu kacang dan sambalnya.

Tak kalah nikmat, sate ginjal Pak Oo memiliki keunikan tersendiri. Sate yang berwarna merah kecoklatan ketika telah matang dibakar ini, citarasanya merupakan gabungan antara rasa daging sapi dengan hati sapi. Teksturnya kenyal dengan sedikit serat, membuat bumbu bakarnya terserap sempurna.

Bagi para penikmat makanan jenis sate yang sedang berkunjung ke Bogor, jangan lewatkan kesempatan untuk menikmati sate sumsum tulang sapi, sajian legendaris di kedai yang telah bertahan lebih dari 50 tahun ini. Nama "Pak Oo", berasal dari pionir usaha sate sapi yang mulai membuka usaha kakilimanya sejak tahun 1950 di kawasan pecinan Bogor.

Karena tidak memiliki tempat usaha yang resmi, Pak Oo seringkali terkena penertiban yang dilakukan pemerintah daerah setempat. Akibatnya, beberapa kali beliau harus berpindah lokasi. Mulai dari dari depan Vihara Danagun, Jalan Pedati, di seberang Pasar Bogor, hingga akhirya bisa menempati ruko sejak tahun 2004.

Hebatnya, pelanggan Kedai Sate Sumsum Pak Oo Bogor selalu mengikuti kemanapun beliau pindah lokasi, bahkan hingga alih generasi. Rahasianya ternyata berasal dari resep yang tetap dilestarikan, serta teknik pemilihan bahan baku. Kedai Sate Sapi Pak Oo hanya menggunakan bahan baku makanan dalam kondisi segar, dan  pantang menjual sate yang sudah lewat hari. 

Ingin mencari penjual SATE SUMSUM terdekat dari lokasi anda via Google Maps? Silahkan KLIK DISINI

Selamat Datang Di Bogor

Sebuah wilayah di Jawa Barat yang terkenal akan wisata alam dan wisata kuliner yang menarik.  Website ini memuat informasi dan rekomendasi kuliner di Bogor,  baik yang halal maupun non halal, mulai dari camilan, makanan berat hingga minuman yang pastinya menggugah selera:

 

NYEMIL DULU.....

Asinan Jagung Bakar Pak Sabur, Makanan Kuno Dengan Resep Rahasia Warisan Keluarga

Apakah yang terbayang di benak Anda jika mendengar kata asinan rujak? Makanan dengan dominasi rasa asam dibandingkan rasa asin ini memang sangat identik dengan kuliner khas kota Bogor. Kamu mungkin belum tahu, selain asinan buah dan sayuran, ada juga lho asinan jenis lain yang bisa kamu nikmati di kota Bogor. Baca selengkapnya.....
  • 17

    Cheesecuit Dessert 200ml

    Varian: Matcha Oreo, Cokelat Oreo, Strawberry (New Varian). Ready Sabtu & Minggu. Pembelian 3 free Ongkir.

MAU MAKAN APA?

Bakso Reog Bukit Cimanggu, Memang Juara

Nyobain bakso yang sudah viral di medsos, Bakso Reog di Bukit Cimanggu City blok B no 1. Ada pilihan bakso daging, bakso urat, bakso kecil dan bakso spesial. Bakso dagingnya juara, berasa banget dagingnya, tahu nya pun enak. Type tahu dan bakso solo jadi ga ada rasa asam sama sekali. Pelayanannya pun cepat, ga pake nunggu lama. Buka dari jam 09.00 sampai jam 20.00. Libur tiap hari jumat ya. Puas pokoknya ngebakso disini, rekomended. (pengalaman kuliner Novita Meyhuang) Baca selengkapnya.....
  • 45

    Dimana Lagi Makan Enak Cuma Rp15.000? Kalo Bukan di Ibu Geulis

    Masakan Sunda adalah salah salah satu makanan yang paling populer di Indonesia dengan ciri khas kesegaran pada bahannya. Mayarakat sunda pada umumnya memang menggemari sayuran mentah segar, baik yang dimakan langsung dengan sambal ataupun diolah lagi menggunakan bahan lain seperti karedok yang menyegarkan. Menu-menu pada masakan khas sunda memiliki citarasa yang ringan, sederhana, berkisar antara gurih asin, asam segar, manis ringan, dan pedas. Ada beberapa jenis masakan sunda yang memilki ciri…

MENU MINUMAN.....

Es Pala Pak Ujang, Minuman Segar Untuk Menjaga Kesehatan

Es Pala, minuman segar dan sehat khas Bogor konon kabarnya sudah ada sejak tahun 1950-an, dan citarasanya masih diakui hingga lintas generasi. Salah satu kedai penjual pala yang bertahan hingga turun temurun adalah "Es Pala Pak Ujang". Kisahnya berawal dari dekade tersebut, di satu lokasi yaitu Jalan Suryakencana Bogor yang saat itu merupakan pusat keramaian, karena terdapat bioskop dan lapangan olahraga. Baca selengkapnya.....
  • 41

    Open Order Dan Reseller Jamu Budeyul

    Minuman kesehatan yang terbuat dari bahan rempah asli tanpa pengawet, menggunakan gula aren .. Minum jamu sehat tanpa rasa takut pahit dan gak enak .. Bisa di minum dingin ataupun panas .. Kunyit asem Kunyit asem sirih Kunyit asem last sugar Beras kencur Jahe segar Yukkkkk berbagi kesehatan dan kesegaran. Open reseller juga ya….

CARI JAJANAN ENAK DI BOGOR LAINNYA: