Apa Sih Enaknya Serabi, Kok Selalu Pengen Makan Lagi?

Serabi pada dasarnya adalah  jajanan tradisional asli Indonesia. Walaupun salah seorang pakar kuliner yaitu Bondan Winarno, berpendapat  bahwa asal mula serabi  kemungkinan besar mendapat pengaruh dari budaya kuliner India dan  Belanda.

Namun berdasarkan catatan sejarah, serabi sudah dikenal sejak zaman Kerajaan Mataram. Buktinya dapat dilihat pada pada Serat Centhini, yang dibuat atas perintah Pakubuwana V dan ditulis oleh  para pujangga keraton Surakarta,  antara tahun 1814 hingga 1823. Pada jaman itu, serabi adalah  kudapan yang terdapat pada sesaji dalam prosesi ijab pernikahan, dan ruwahan.

Bukti lainnya terdapat pada  tembang (pupuh) ke-157 bait 18, yang menceritakan tentang serabi sebagai salah satu makanan yang banyak dijajakan di lokasi pertunjukan wayang kulit. Tidak hanya itu,  serabi juga selalu ada pada sesajian untuk pertunjukan wayang dan ruwatan.  Uniknya, serabi yang harus disiapkan untuk keperluan tersebut, jumlahnya harus 9 macam. (Pupuh 157:7-8).

 

 

BAHAN DAN CARA MEMASAK DAN VARIASI SERABI

Serabi tradisional, pada umumnya dibuat dari tepung beras, santan kelapa, dan garam. Kemudian dimasak menggunakan periuk tanah liat kecil dan dipanggang di atas tungku arang atau kayu api. Itu sebabnya, serabi,  memiliki cita rasa gurih, bertekstur lembut dengan aroma yang khas.

Seiring dengan perkembangan zaman, banyak penjual serabi yang terus berinovasi. Mulai dari mengganti alat memasaknya, hingga menciptakan berbagai  variasi seperti  serabi manis dengan gula, diberi aroma pandan/vanilla,  atau ditambahkan berbagai topping seperti sosis, keju,  mayones maupun buah durian.

Durian adalah buah yang disukai banyak orang, dengan ciri khas bau menyengat dan cita rasa yang unik. Selain dimakan secara langsung, durian juga cocok dikreasikan menjadi berbagai macam olahan makanan, salah satunya adalah serabi atau masyarakat Bogor menyebutnya sebagai surabi.

 

 

PENJUAL SERABI DI BOGOR

 

 

1.Kedai Serabi Duren

 Jl. Aria Surialaga No. 1001-4, RT.01/RW.05, Pasirkuda, Kec. Bogor Barat, Kota Bogor

Disini, terdapat serabi berbagai jenis topping, dimana topping durian yang menjadi favoritnya. Pilihannya adalah durian polos, durian cokelat, durian pisang, durian keju, durian cokelat keju, durian coklat keju, hingga durian pisang keju.

 

 

2. Serabi Duren Sukasari

RM Sambel Hejo, Jl. Sukasari 1 No. 27, RT.6/RW.02, Sukasari, Kec. Bogor Timur, Kota Bogor.

Kedai ini menyediakan aneka menu serabi, seperti: serabi duren, keju susu, cokelat, pisang kinca, nangka keju, oncom, oncom telor, sosis, hingga ayam.

 

 

3. Serabi Duren Bang Kumis

Jl. Sukasari 1 No. 32, RT.05/RW.04, Baranangsiang, Kec. Bogor Timur, Kota Bogor.

Menunya yang ditawarkan: serabi nangka, serabi oncom, serabi keju, serabi coklat, serabi pisang, serabi duren, serabi sosis, serabi telur, serabi kinca, hingga serabi mayones.

 

 

4. Serabi Duren Si Kabayan Café

Jl. Pandu Raya No. 49d, RT.06/RW.14, Tegal Gundil, Kec. Bogor Utara, Kota Bogor, Jawa Barat.

Menunya cukup beragam, mulai dari serabi duren, serabi duren oncom, serabi duren coklat, serabi oncom sosis, serabi telur, dan masih banyak lagi.

 

 

5. Kedai Serabi Durian Pomad

Jl. Pangeran Sogiri RT.1/RW.4, Cibuluh, Bogor Utara, RT.01/RW.04, Cibuluh, Kec. Bogor Utara, Kota Bogor, Jawa Barat.

 

Kedai ini menawarkan beragam menu serabi yang super unik dan beda dari yang lain, seperti: serabi oncom sambal, serabi oncom telur mayones, serabi sosis sambal, hingga serabi oncom telur sosis ayam keju dan mayones.

Baca juga: Ciri Khas Serabi Yang Terkenal Di Berbagai Daerah. Klik Disini...

 

Gudeg Basah Atau Kering Ternyata Sama Enaknya

Gudeg adalah hidangan khas yang sangat populer di Jawa, terutama di Daerah Istimewa Yogyakarta. Oleh sebab itu sebagian besar masyarakat di Indonesia seringkali menyebut semua jenis gudeg sebagai gudeg jogja. Pada kenyataannya, ada beberapa varian gudeg yang masing-masing memiliki ciri khas tersendiri. Baca selengkapnya.....

Sejarah, Variasi dan Cara Menikmati Gemblong

Gemblong adalah nama kue tradisional Indonesia dengan cita rasa gurih manis, yang populer sebagai jajanan pasar di kalangan masyarakat Sunda, Jawa, dan Betawi. Gemblong dibuat dari adonan tepung beras ketan putih, tepung kanji, kelapa muda, santan, margarin, dan garam. Yang diuleni hingga kalis. Selanjutnya adonan akan dibentuk bulat seperti bola. Kemudian digoreng dan setelah dingin dilapisi dengan larutan gula aren. Baca selengkapnya.....

Bakmi Aloi, Bakmi Babi Enak di Bogor yang Wajib Dicoba

Bakmi babi enak di Bogor menjadi salah satu kuliner yang banyak diburu oleh wisatawan non-muslim. Di kota Bogor memang tidak hanya tersedia bakmi dengan toping ayam saja. Namun juga menyediakan bakmi dengan toping daging babi yang tidak kalah nikmat. Suasana kota Bogor, ditambah dengan seporsi bakmi babi akan membuat perut kenyang. Baca selengkapnya.....

Strudel, Makanan Khas Eropa Yang Eksis Di Bogor

Cemilan khas Bogor memang tidak bisa dihitung dengan menggunakan jari. Mulai dari roti unyil, lapis talas, bika, asinan & manisan, sampai strudel yang merupakan makanan khas Eropa rasa Bogor. Baca selengkapnya.....