TRANSLATE

Shawarma Seberang BTM, Kudapan Menggoda Khas Timur Tengah

Masih edisi Bogor gerimis. Lepas beli pancong di gang sebelah SD Empang seberang BTM. Ada kudapan yang menggoda. Shawarma dan Kebab dengan kentang, salada dan pilihan topping daging Ayam , sapi atau campur. Benar-benar jadi sore yg menggoda. (pengalaman kuliner Muhammad Ichwan Basir).

PERBEDAAN KEBAB DAN SHAWARMA

Shawarma Gang Sebelah SD Empang Seberang BTM BOGOR 2Kedua kuliner ini sebenarnya sama-sama hidangan khas dari daerah Timur Tengah dan Turki, dan sama-sama dikenal sebagai kuliner cepat saji layaknya burger atau hot dog dalam kuliner Barat. Di Indonesia kebab lebih dikenal sebagai irisan daging serta sayuran yang dibungkus oleh roti pipih bernama roti pita.

Tetapi jika berada di restoran khas Timur Tengah, kuliner dengan bentuk yang serupa dengan kebab ldisebut sebagai shawarma. Lantas, bedanya Kebab dan Shawarma?

Dilansir dari Times of India, sebutan Kebab berasal dari kata “Kababa” dalam bahasa Aramaic Kuno yang memiliki arti memanggang atau membakar. Sedangkan Shawarma berasal dari bahasa Arab dan juga merujuk bahasa Turki, yang artinya memutar atau melipat. Untuk lebih jelasnya silahkan simak penjelasannya dibawah ini:

KEBAB

Dilansir dari Foodsguy, kebab merujuk pada olahan masakan daging khas dari Timur Tengah, baik  yang dibakar atau sedikit digoreng, tergantung daerah asalnya. Tapi umumnya, berupa potongan daging dalam bentuk dadu ataupun cincangan daging yang dipanggang dengan tusukan sate dari logam atau kayu.

Definisi lain juga menyebut bahwa segala macam olahan berbahan dasar daging di Timur Tengah bisa disebut kebab. Baik daging yang dipanggang seperti sate, dimasak di dalam kuali hingga digoreng dan dipanaskan dalam oven, semuanya bisa disebut kebab.

Pilihan daging kebab pun bisa bermacam-macam, namun paling banyak digunakan adalah daging kambing dan domba, tergantung daerah dan latar belakang budayanya  karena banyak juga yang menggunakan daging sapi, ayam, kalkun, atau ikan dan seafood. Kebab yang menggunakan daging babi juga ditemukan dalam masyarakat Armenia, Yunani, dan komunitas Kristen di Timur Tengah.

Kebab pada saat ini telah menjadi makanan yang berkembang luas di dunia termasuk resepnya. Dari mulai Turki, Semenanjung Arab, Iran, India, hingga Armenia dan Yunani bisa ditemukan kuliner sejenis dengan berbagai jenis yaitu:

  • Adana Kebab; menggunakan bahan dasar daging cincang atau giling yang sudah dibumbui rempah, lalu dipanggang. Dagingnya bisa berupa domba, sapi, hingga ayam yang ditusuk dengan tusukan logam. Jenis ini disajikan di atas piring dengan nasi pilaf atau roti sebagai teman makannya. Kebab dengan daging cincang ini juga banyak viariasinya di berbagai wilayah. Di Iran ada Koobideh yang serupa bentuknya, lalu di Arab ada Kofta yang sama-sama dari daging cincang.
  • Shish Kebab; menggunakan daging utuh yang dipotong dadu lalu dipanggang. Potongan daging akan dibumbui dan dipanggang di atas bara api hingga matang. Selain potongan dadu, ada juga yang berupa potongan iga domba.
  • Doner Kebab; kebab yang paling populer, termasuk di Indonesia karena memang disajikan sebagai makanan cepat saji. Bentuknya berupa irisan daging yang ditumpuk dengan sayuran dan saus, lalu dibungkus dengan roti. Dagingnya pun juga dipanggang dengan metode pembakaran vertikal yang bisa berputar. Gyros juga salah satu bentuk lain dari Doner kebab yang bisa kamu jumpai di Yunani. Dalam Gyros kamu bisa memilih daging domba, sapi, ayam, ataupun babi.

SHAWARMA

Jika Kebab merujuk pada cara pengolahannya, maka Shawarma merujuk pada cara penyajiannya. Penyajian Shawarma umumnya berupa irisan daging tipis yang ditumpuk dengan sayuran dan dibungkus dengan roti pita tipis. Daging untuk isian Shawarma seringkali dipanggang menggunakan alat panggang vertikal yang bisa berputar.

Penyajian Shawarma sekilas emang sangat mirip dengan Doner kebab yang memang resepnya berasal dari Ottoman. Jadi bisa dibilang bahwa Shawarma sebetulnya bagian dari cara penyajian Doner Kebab. Namun pada akhirnya, cara penyajian Shawarma lebih berkembang di masyarakat Timur Tengah dan Semenanjung Arab.

Karena berkembang di kawasan Arab dan Timur Tengah, penggunaan roti untuk bungkus Shawarma adalah jenis roti pita yang tipis. Dinikmatinya pun dengan saus dan makanan ala Timur Tengah lainnya seperti Hummus dan Tahini. 

Ingin mencari penjual SHAWARMA terdekat dari lokasi anda via Google Maps? Silahkan KLIK DISINI

Selamat Datang Di Bogor

Sebuah wilayah di Jawa Barat yang terkenal akan wisata alam dan wisata kuliner yang menarik.  Website ini memuat informasi dan rekomendasi kuliner di Bogor,  baik yang halal maupun non halal, mulai dari camilan, makanan berat hingga minuman yang pastinya menggugah selera:

 

NYEMIL DULU.....

Dodongkal, Jajanan Tradisional Yang Semakin Langka

Bagi Anda yang mengaku pencinta jajanan tradisional, rasanya belum afdal jika belum mencoba kuliner yang cukup populer di Bogor, yaitu dodongkal. Nama Jenis kuliner ini memang sudah jarang terdengar. Keberadaannya juga semakin langka, karena sudah tidak banyak orang yang menjualnya. Padahal, rasanya tidak kalah nikmat dibandingkan jajanan pasar lainnya. Baca selengkapnya.....
  • 62

    Jual Keripik Kulit Ikan Salmon, Camilan Sehat Nikmat Dan Bergizi

    Ikan salmon adalah salah satu jenis ikan yang direkomendasikan oleh Food and Drug Administration (FDA) di Amerika Serikat, karena mengandung asam lemak omega-3, vitamin B dan D, niasin, dan fosfor yang banyak manfaatnya untuk tubuh manusia. Bukan hanya dagingnya, mengkonsumsi kulit ikan salmon ternyata sama sehatnya. Hal itu berkat tingginya kandungan protein dan asam lemak omega-3, yang bermanfaat untuk mengurangi kadar trigliserida dan mengurangi risiko penyakit jantung. Selain itu, kulit…

MAU MAKAN APA?

Angkringan, Hidangan Istimewa Kampung

Istilah angkringan berasal dari bahasa Jawa, angkring yang berarti alat dan tempat jualan makanan keliling yang pikul serta berbentuk melengkung ke atas. Selain melengkung, angkringan juga ada yang berbentuk gerobak dorong, seperti yang sering kita lihat di pinggiran Kota Yogyakarta termasuk angkringan bogor. Angkringan menjual berbagai macam makanan dan minuman di pinggir jalan, khususnya di Jawa Tengah dan Yogyakarta. Gerobak angkringan biasanya ditutupi dengan kain terpal plastik untuk… Baca selengkapnya.....
  • 79

    Sate Maranggi Ceu Loli, Penjual Sate Khas Purwakarta Di Bogor

    Sate maranggi adalah salah makanan lezat khas Kabupaten Purwakarta, yang kini mendunia karena dinobatkan sebagai salah satu dari delapan jajanan kaki lima favorit dunia versi CNN. Mungkin banyak yang belum tahu, jika Sate Maranggi memiliki sejarah yang menarik karena ada beberapa pendapat tentang asal usulnya. Terlepas dari ketidakpastian asal usulnya, sate maranggi sudah pasti lezat. Jika sedang berada di Bogor, jangan lupa mampir ke kedai Sate Maranggi yang mulai terkenal karena citarasanya…

MENU MINUMAN.....

Asal Usul Minuman Dalgona Yang Viral di Media Sosial

Dalgona Yang Viral di Media Sosial, Iini Asal Usulnya

Dalgona atau ppopgi dalam bahasa Korea adalah sebutan untuk permen lembut seperti lolipop dengan stiknya. Dalgona memiliki banyak nama lain seperti honeycomb candy, sponge toffee, atau cinder toffee, yang berasal dari bentuknya yang memiliki lubang-lubang udara yang menyerupai sarang lebah. Asal-usul Dalgona konon kabarnya berasal dari Busan di tahun 1960-an. Baca selengkapnya.....
  • 41

    Open Order Dan Reseller Jamu Budeyul

    Minuman kesehatan yang terbuat dari bahan rempah asli tanpa pengawet, menggunakan gula aren .. Minum jamu sehat tanpa rasa takut pahit dan gak enak .. Bisa di minum dingin ataupun panas .. Kunyit asem Kunyit asem sirih Kunyit asem last sugar Beras kencur Jahe segar Yukkkkk berbagi kesehatan dan kesegaran. Open reseller juga ya….

CARI JAJANAN ENAK DI BOGOR LAINNYA: