Soto Mie Bogor Asli Ciseeng

Ciseeng adalah nama sebuah desa yang berdiri sejak tahun 1944. Desa Ciseeng adalah pusat keramaian  kota Kecamatan Ciseeng, Kabupaten Bogor, ejak Kecamatan Ciseeng  dari Kecamatan Parung dimekarkan pada tahun 2001 yang lalu.

Ciseeng, dalam bahasa daerah (Sunda) Ci atau Cai yang artinya Air, sedangkan Seeng adalah Dandang. Dandang adalah sebuah benda berupa kukusan yang terbuat dari tembaga untuk memasak nasi. Sebelum digunakan, dandang harus diisi air terlebih dahulu.

Konon, pada jaman dahulu, di Ciseeng terdapat sumber mata air yang sangat jernih dan tidak pernah kering meskipun musim kemarau tiba. Air tersebut mengalir sampai ke kawasan Gunung Kapur yang merupakan salah satu Obyek Wisata Air Panas yang berada di wilayah Desa Bojongindah Kecamatan Parung. Sumber mata air tersebut dipergunakan oleh masyarakat sekitarnya untuk mandi, mencuci dan lain-lain.

Pada salah satu tempat tersebut , aliran airnya bisa mengeluarkan suara seperti air yang mendidih di dalam dandang. Maka sejak itulah Sumber Mata Air tersebut dinamakan Cai Seeng atau dengan kata yang lebih singkatnya adalah Ciseeng.

Sumber mata air Cai Seeng atau Ciseeng yang luasnya kurang lebih 1.000 m2 tersebut sampai kini masih ada, dan lokasi sumber mata air tersebut pada terletak di Kp. Blok Kemiri Desa Parigi Mekar.

Ciseeng juga terkenal memiliki tempat wisata, berupa pemandian air panas yang tidak hanya menyuguhkan panorama alam yang indah, namun juga menyediakan fasilitas untuk kesehatan yang berada di Gunung Kapur.

Meski nama Ciseeng cukup populer, ternyata nama tersebut sering disalahartikan. Sebagai contoh adalah pada salah satu legenda kuliner Bogor yang disebut Soto Mie Bogor Asli Ciseeng. Meski menggunakan nama “ciseeng” tapi yang dimaksud bukan Ciseeng Bogor, melainkan Ciseeng Sukabumi.

Menurut cerita dari pemilik kedai Soto Mie Ciseeng, resepnya berasal dari keturunan Tiong Hoa yang berada di sukabumi. Olahannya dipadu-padankan dari resep masakan Tiongkok dengan resep lokal. Setelah beberapa kali melakukan coba-coba, resep yang sangat tepat ditemukan dan akhirnya mereka membuat sebuah kedai sederhana di kawasan Bogor,yaitu di Jalan Suryakencana No. 302, Bogor

Perjuangan yang dilakukan oleh pemilik kedai tidaklah berjalan selancar seperti sekarang. Di masa lalu mereka harus terus menyesuaikan rasa sesuai dengan keinginan pembeli. Selain itu, mereka juga harus bersaing mati-matian dengan pedagang soto mie lain yang mulai menjejaki kawasan di pecinan Bogor yang sangat ramai.

Akhirnya perjuangannya membuahkan hasil. Mereka mampu menjalankan bisnis ini dengan sangat baik. Nama dari soto mie ini juga semakin dikenal sehingga pelanggan setianya terus berdatangan tanpa harus melakukan promosi. Rasa dan kualitas bahan yang diberikan membuat Soto Mie Ciseeng menjadi salah satu legenda di Bogor.

 

Citarasa Soto Mie Ciseeng

Dominan gurih, dengan kuah yang tidak terlalu kental namun rasa dari rempahnya cukup terasa. Anda bisa menyeruputnya sampai habis sembari menikmati mie yang jadi bahan utamanya. Sebagai ciri khas, ada taburan berupa bawang merah goreng yang sengaja digoreng agak gosong. Taburan itu akan menambah sensasi dari Soto Mie Ciseeng, setelah bercampur dengan kuahnya.

Sebagai toping, bisa dipilih antara daging babi atau daging sapi. Pihak kedai memberikan pilihan ini, karena tidak semua pelanggannya boleh makan babi. Untuk pilihan daging sapi, biasanya juga tersedia jerohan. Untuk menyempurnakan kelezatannya, ditambahkan irisan lobak serta acar disediakan sebagai pengganti serat.
 

Lokasi Soto Mie Ciseeng

Silahkan menuju kawasan pecinan di Bogor yang berada di jlan Suryakencana, kedai dari Soto Mie Ciseeng mudah ditemukan karena tidak pernah sepi oleh pembeli. Kalau Anda datang saat jam makan siang atau malam, bersiaplah untuk antre panjang sebelum menyantap hidangan super nikmat ini. Soto Mie Ciseeng buka mulai pagi hari pada pukul 08.00 dan biasanya akan tutup setelah semua dagangan tandas. 

Gudeg Basah Atau Kering Ternyata Sama Enaknya

Gudeg adalah hidangan khas yang sangat populer di Jawa, terutama di Daerah Istimewa Yogyakarta. Oleh sebab itu sebagian besar masyarakat di Indonesia seringkali menyebut semua jenis gudeg sebagai gudeg jogja. Pada kenyataannya, ada beberapa varian gudeg yang masing-masing memiliki ciri khas tersendiri. Baca selengkapnya.....

Dessert Box Bittersweet By Najla Bogor

Jenuh adalah satu dampak dari Pandemi covid-19 yang dirasakan oleh semua lapisan masyarakat, termasuk kalangan milenial di kota Bogor. Bagi mereka ini, jajan dianggap sebagai obat mujarab menghilangkan kejenuhan. Syaratnya, pertama harus enak, yang kedua adalah unik. Tujuannya agar dapat diposting ke medsos. Untuk saat ini, yang paling dicari adalah jajanan dari Bittersweet By Najla Bogor. Baca selengkapnya.....
makanan khas aceh saat bulan puasa ramadhan tiba

Spaghetti Murah Ala Tanah Rencong Ini Ramai Diburu Saat Bulan Puasa Ramadhan

Bumi Serambi Mekkah dikenal memiliki masakan dengan cita rasa rempah yang khas. Salah satunya adalah Mi Caluk. Anda yang sama sekali belum pernah mendengar nama makanan ini, barangkali bisa membayangkan Mi Caluk tak ubahnya spaghetti murah hanya saja ala Tanah Rencong. Indonesia memang kaya akan kuliner. Setiap daerah di penjuru negeri ini, memiliki makanan sendiri-sendiri yang merupakan warisan dari leluhurnya. Baca selengkapnya.....

Mengolah Daging Sapi Yang Benar Itu Jangan Dicuci Dahulu Jika Tidak Langsung Dimasak

Cara mengolah daging sapi memang sangat beragam, mulai dari pemilihan daging sapi, pembersihan daging, hingga bagaimana cara untuk memasak daging sapi yang baik dan benar. Yang mungkin sedikit membingungkan adalah cara membersihkan daging sapi. Mengapa? Ada yang berpendapat bahwa daging sapi tak perlu dicuci jika belum mau dimasak. Baca selengkapnya.....