Ubi Bakar, Jajanan Murah Banyak Manfaat

Bertandang ke kota Bogor untuk berwisata tidak lengkap rasanya jika tanpa mencicipi jajanan khas-nya. Ada banyak jajanan khas Bogor yang bisa disantap ditempat atau dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Misalnya roti unyil, strudel, sampai ubi bakar bakar yang murah meriah.

Manfaat Mengonsumsi Ubi Untuk Kesehatan

Kota Bogor memang identik dengan udara dingin yang membuat selera makan meningkat. Ubi bakar menjadi pilihan untuk mengenyangkan perut. Manis alami dari ubi ini akan mengurangi rasa lapar. Proses pembakaran pada ubi membuatnya jadi lembut dan lezat dengan aroma smokey.

Rasanya yang legit bisa membuat ubi bakar cocok sebagai oleh-oleh dan bekal makan ketika di perjalanan. Banyak toko oleh-oleh yang menyediakan ubi bakar sebagai salah satu jajanan murah di Bogor. Mengonsumsi ubi jalar nyatanya juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Diantaranya sebagai berikut ini;

 

 

Menurunkan Risiko Terkena Kanker

Kandungan antioksidan beta karoten yang terdapat pada ubi diduga mampu menurunkan risiko munculnya beberapa jenis kanker. Misalnya kanker lambung, kanker usus besar, kanker buli-buli, dan kanker payudara. Dari semua jenis ubi jalar, ubi ungu mempunyai jumlah antioksidan yang paling tinggi.

 

 

Kekebalan Tubuh

Beta karoten yang terdapat pada ubi jalar bisa diubah menjadi vitamin A dalam tubuh. Penelitian pun sudah menunjukkan bahwa kekurangan vitamin A bisa meningkatkan radang usus dan mengurangi respon sistem kekebalan tubuh dalam melawan penyakit. Dengan tingginya beta karoten dalam ubi yang dimakan mampu membantu tubuh melawan infeksi dan tahan pada infeksi lainnya di tubuh.

 

 

Mengendalikan Gula Darah

Sebuah penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa ubi juga mampu mengendalikan kadar gila dan mempunyai kadar indeks glikemik rendah. Tidak hanya itu, ubi jalar pun juga bisa menurunkan kadar glukosa darah dan kolesterol jahat (LDL). Juga meningkatkan sensitivitas tubuh pada insulin. Orang yang memiliki masalah kadar gula tinggi dalam darah disarankan untuk mengonsumsi ubi.

 

 

Menurunkan Tekanan Darah

Mengonsumsi ubi juga bisa membantu dalam meningkatkan asupan kalium tubuh. Kalium bisa menurunkan tekanan darah, mengurangi ketegangan jantung, serta membantu mengatur denyut jantung dan kontraksi otot. Ketika mengonsumsi ubi disarankan untuk tidak menambah garam secara berlebihan. Jika kelebihan garam (sodium) bisa menyebabkan tekanan darah yang meningkat. Selain itu ubi juga bagus untuk orang yang sedang dalam masa menurunkan berat badan.

 

 

Mendukung Kesehatan Penglihatan

Kandungan yang terdapat di dalam ubi tidak hanya bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Namun juga menjaga kesehatan penglihatan dengan kandungan vitamin A yang dimiliki ubi. Jika seseorang kekurangan vitamin A bisa menyebabkan gejala rabun senja, mata kering, penumpukan keratin dan bisa kehilangan penglihatan secara total jika kasus parah. Selain kandungan vitamin A, antioksidan dalam ubi juga membantu kesehatan penglihatan.

 

 

Baik untuk Sistem Pencernaan

Serat dan antioksidan yang ada di dalam ubi juga membantu sistem pencernaan menjadi lebih sehat dan mencegah terjadi sembelit. Tidak ayal, banyak orang yang mengonsumsi ubi sebagai pendamping makanan pokok.

 

 

Meningkatkan Fungsi Otak

Beberapa penelitian juga mengungkapkan bahwa makan ubi jalar bisa membantu meningkatkan fungsi otak dan meningkatkan daya ingat. Ini dikarenakan nutrisi dan antioksidan yang melimpah. Fakultas Farmasi Universitas Chungnam di Korea melakukan penelitian pada sebuah tikus dengan mengobati menggunakan ekstrak ubi jalar. Hasilnya adalah mereka menemukan bahwa hal tersebut mencegah kerusakan oksidatif di otak.

ciri khas serabi

Serabi Solo, Terkenal Sejak "Jaman Doeloe"

Banyak sekali jajanan tradisional di Indonesia yang penuh dengan sejarah dan juga budaya. Salah satunya adalah serabi. Makanan yang satu ini seringpula disebut dengan apem dan sebagainya di beberapa wilayah yang berbeda. Beberapa kota di Indonesia memiliki serabi mereka sendiri dengan ciri khas serabi yang berbeda. Salah satu yang akan dibahas ini adalah serabi Solo yang telah terkenal sejak lama bahkan mungkin ketika kakek nenek Anda masih kecil. Baca selengkapnya.....

Mengapa Rendang Sangat Potensial Sebagai Pilihan Bisnis Kuliner?

Indonesia memang sebuah negara yang besar. Wilayahnya membentang luas dari Sabang di sisi barat sampai Merauke di sisi timur, dari Miangas di sisi utara hingga Pulau Rote di sisi selatan. Demikian luasnya wilayah negeri ini, tak mengherankan jika memiliki penduduk dengan beragam suku. Bukan sebagai pemisah, nyatanya perbedaan suku tersebut justru melahirkan perbedaan budaya yang menjadi simpul persatuan bangsa. Baca selengkapnya.....

Ciri Khas Serabi Berbagai Daerah Di Indonesia

Istilah Serabi, berasal dari Bahasa Sanskerta yang memiliki arti wangi/harum), digunakan untuk memberi nama jajanan tradisional dari Indonesia yang memiliki rasa manis dan tekstur yang empuk. ASAL USUL SERABI Cemilan ini diperkirakan sudah ada sejak zaman Kerajaan Mataram. Sebagai bukti dapat dilihat dari beberapa catatan sejarah dibawah ini, yaitu: 1.SERAT CENTHINI Serat Centhini atau juga disebut Suluk Tambanglaras atau Suluk Tambangraras-Amongraga, adalah salah satu karya sastra terbesar… Baca selengkapnya.....
Kontol Kambing Khas Malang Uenake Pol Rek

Kue Kontol Kambing, Nama Yang Menggelitik dan Bikin Panik

Saat mendengar nama kota Malang, apa yang Anda pikirkan? Ya, sebagian besar dari Anda akan menyebut jika salah satu kota di Jawa Timur ini kaya akan tempat wisata beragam, kuliner yang gurih hingga pedas, juga buah apel yang segar alami. Namun, pernahkah Anda berpikir jika Malang juga memiliki kuliner yang namanya kelewat nyeleneh? Baca selengkapnya.....