Anda Kini Bisa Membuat Sambal Bajak Istimewa Sendiri di Rumah dengan Resep Sambal Ini

Saking banyaknya aneka sambal di Indonesia, mungkin ada beberapa sambal yang belum pernah sebelumnya anda dengar namanya. Salah satunya adalah sambal bajak.

Sambal ini kini semakin mudah ditemukan, terutama di beberapa tempat makan yang memang menyediakan menu spesial sambal. Namun, sebenarnya seperti apakah sambal bajak itu?

Sambal bajak tak ada hubungannya sama sekali dengan beragam hal yang berkaitan dengan ‘bajak laut’. Banyak yang mengatakan bahwa ini merupakan salah satu sambel yang berasal dari Jawa Tengah. Namun, memang tak ada yang tahu mengapa sambal ini dinamakan sambal Bajak . yang pasti adalah sambal ini memang sangat nikmat dan cocok dimakan bersama dengan nasi hanga dan aneka lauk pauk lainnya.

 

Cara Membuat Sambal Bajak Sendiri di Rumah

Apabila anda penasaran tentang sambal ini, maka anda berada di tempat yang tepat. Kali ini, kami akan membagikan resep sambal bajak yang mudah dibuat dan bisa menghasilkan sambal yang nikmat. Penasaran seperti apa resepnya? Sebelumnya, sebaiknya persiapkan terlebih dahulu beberapa bahannya seperti di bawah ini:

  • Cabe Merah sebanyak 10 buah
  • 10 buah tomat segar, buang bagian tengahnya kemudian potong kecil
  • Terasi 2 sdt, sangria
  • Bawang merah 3 butir
  • Bawang putih 2 siung
  • Lengkuas 1 cm
  • Daun salam 2 lembar
  • Serai 1 batang. Ambil bagian pangkalnya dan memarkan agar citarasanya keluar
  • Asam jawa sebanyak 2 sendok makan. Kemudian, larutkan ke dalam 3 sdm air, remas remas, dan ambil airnya
  • Gula merah 2 sendok makan
  • Garam sesuai selera atau secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya untuk menumis

Jangan lupa untuk terlebih dahulu mencuci bersih beberapa bahan diatas seperti cabe, bawang merah, bawang putih, tomat, dan juga serai. Nah, apabila semua bahan diatas sudah siap, maka kini anda pun siap untuk langsung membuat sambel bajak.

 

Cara Membuat Sambal Bajak dengan Mudah

Apabila dilihat dari bahan, sambel bajak ini memang membutuhkan lebih banyak bahan dibandingkan dengan aneka sambal lain seperti sambel terasi dan sambal bawang. Namun, tenang saja karena cara membuat sambal bajak sangat lah mudah dan praktis. Seperti apa? Ini dia langkah langkahnya:

  1. Sangria terlebih dahulu terasi, kemudian angkat dan pisahkan
  2. Lalu, siapkann dan panaskan minyak goreng diatas wajan untuk menumis
  3. Ketika minyak sudah cukup panas, masukkan cabe merah, bawang putih, bawang merah, serai, terasi, lengkuas, dan daun salam kemudian tumis hingga semua bahan menjadi layu
  4. Angkat dan kemudian tempatkan ke dalam sebuah cobek bersama dengan serai dan gula jawa atau gula merah
  5. Mulai untuk menghaluskan bahan bahan tersebut sembari menuangkan air asam sedikit demi sedikit
  6. Jangan lupa untuk menambahkan garam dan penyedap rasa sesuai dengan selera

Apabila sambel bajak sudah cukup halus, maka sambal nikmat ini pun siap untuk dihidangkan. Mudah bukan? Sambel ini memiliki citarasa pedas, manis, asin, dan juga asam dari gula jawa yang menyatu serta nikmat. Selain itu, penggunaan serai juga membuat sambal bajak begitu luar biasa rasanya.

Tak ada salahnya untu mencoba resep sambal bajak ini sendiri dirumah dan memadukannya dengan lauk pauk seperti ayam goreng, tahu tempe, telur dan lain sebagainya. Dijamin anda akan ketagihan.

Butuh Lokasi Untuk Membuka Usaha Kuliner?

  • Dijual Cepat, Sebuah Tempat Usaha Strategis di Banyumanik Semarang
    Banyumanik adalah nama sebuah kecamatan di Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Kecamatan Banyumanik Semarang terletak di daerah yang sering disebut sebagai kota atas Semarang. Wilayah Kecamatan Banyumanik berada di ketinggian rata-rata 300 meter di atas permukaan laut dengan suhu udara rata-rata 20-22 derajat Celcius Banyumanik merupakan daerah ekonomi baru…
    Read more...