Loading...

Luar Biasa, Asinan Bogor Ini Eksis Sejak Tahun 1978!

Anda berencana untuk mengunjungi Bogor dalam waktu dekat? Jika ya, jangan lupa untuk menyempatkan diri melakukan wisata kuliner Bogor. Selain menawarkan berbagai tempat wisata yang menarik, Bogor juga merupakan surganya para pencinta kuliner. Ada berbagai makanan enak di Bogor, salah satunya adalah Asinan Bogor.

Asinan Bogor dengan merk Asinan Sedap Gedung Dalam merupakan salah satu menu legendaris dari Kota Bogor. Jelas saja, kedai asinan ini telah ada sejak November 1978. Nama asinan tersebut terinspirasi dari nama sebuah bangunan di Jalan Suryakencana, yang letaknya tidak jauh dari lokasi kedai pertama saat ini. Berdasarkan sejarah, bangunan bernama Gedung Dalam tersebut dulunya digunakan sebagai tempat untuk menampung masyarakat suku Tionghoa yang bermarga Tan dan yang tidak memiliki tempat tinggal.

Diawali dari berjualan keliling layaknya tukang buah, kini Asinan Bogor  Gedung Dalam telah memiliki dua kedai di Bogor. Kedai yang pertama berdiri berada di Jalan Siliwangi nomor 27 C. Sedangkan cabangnya berlokasi di Ruko V Point, di Jalan Pajajaran.

 

Menu Asinan Bogor Gedung Dalam

Di sini, Anda bisa memilih untuk menyantap asinan sayur, asinan buah, atau campuran asinan sayur dan buah. Asinan buah terdiri dari buah nanas, bengkuang, pepaya, ubi, salak, dan apel. Jenis buah sering kali tidak sama, karena menyesuaikan dengan musim buah lokal. Sedangkan asinan sayur terbuat dari taoge, kol, wortel, dan timun. Agar lebih nikmat, Anda juga bisa menyantap asinan ini dengan ditemani kerupuk mi.

Baik asinan buah maupun asinan sayur dibanderol dengan harga Rp20.000,00. Jika Anda ingin menambahkan taburan kacang tanah, Anda cukup menambah Rp5.000,00. Harga tersebut tidak terlampau mahal, karena seporsi asinan disajikan di atas piring makan dengan potongan buah dan sayur yang banyak.

Selain menu asinan Bogor, ada juga menu lain berupa masakan nusantara, seperti nasi goreng, nasi rames, soto, empal, hingga aneka seafood. Tersedia pula berbagai macam jus dan es buah untuk melengkapi santapan Anda. Minuman yang paling diminati di kedai ini adalah jus kedondong.

 


Kunci Kelezatan Asinan Bogor Gedung Dalam    

Kuliner Bogor memang identik dengan asinan. Tidak heran jika jumlah penjual asinan di kota ini sangat banyak. Namun, jika warga Bogor ditanya tentang asinan yang paling enak, sebagian besar dari mereka pasti merekomendasikan Asinan Sedap Gedung Dalam. Eksistensi Asinan Sedap Gedung Dalam selama lebih dari 30 tahun memang membuktikan bahwa rasa asinan di sini tidak perlu diragukan lagi.

Lantas apa yang membuat asinan di sini lebih istimewa? Ternyata kuncinya terletak pada kualitas bahan baku yang tinggi dan proses pembuatan yang higienis. Buah dan sayur yang digunakan bukan berasal dari luar negeri, namun dari petani lokal sehingga kesegarannya terjamin. Sebelum dipotong, semua bahan dicuci terlebih dahulu hingga bersih. Kemudian, asinan buah dan sayur baru dicampur dengan kuah asam pedas saat pelanggan memesan, sehingga bau asamnya tidak terlalu menyengat.

Keseluruhan menu asinan ini tidak menggunakan bahan pewarna atau pengawet, sehingga aman sekali untuk kesehatan Anda. Rasa asinan lebih segar jika Anda langsung menyantapnya di lokasi. Namun, jika Anda ingin membelinya sebagai oleh-oleh, ada baiknya asinan juga segera dikonsumsi karena daya tahannya hanya dua hingga lima hari.


Ingat, jangan lupa untuk “jajan" asinan Bogor di sini saat berkunjung ke Bogor. Anda bisa mulai menjajal kuliner ini mulai pukul 09.00 hingga pukul 21.00. Bersiaplah untuk mengantre bersama pencinta asinan lainnya, terutama pada saat jam makan siang.

BIR KOTJOK, Minuman Ini Pada Awalnya Hanya Disajikan Pada Acara Pernikahan

Selain terkenal dengan curah hujan yang tinggi, kota Bogor juga dikenal sebagai kota dengan segudang makanan unik. Melakukan wisata kuliner Bogor pun kian dinikmati oleh para pendatang yang berkunjung ke kota ini. Salah satunya adalah mencari bir halal, minuman segar murah yang cukup terkenal seantero kota. Uniknya, walaupun disebut sebagai bir, minuman pemberi rasa hangat ini sama sekali tidak mengandung alkohol.

SERABI, Makanan Tradisional Yang Ngetop Dari Jawa Barat Hingga Pulau Bali

Serabi merupakan salah satu makanan tradisional yang mudah dibuat dan cukup digandrungi saat ini. Kelezatan rasanya mampu mengundang perhatian dari banyak pecinta kuliner untuk mencicipinya. Di Indonesia sendiri, jenis kuliner serabi terbilang sangat beragam. Umumnya, penganan tersebut terbuat dari adonan berbahan dasar tepung beras atau terigu.

MENTO dan SARKOYO, Makanan Khas Tradisi Indonesia yang Unik Rasanya

Kekayaan kuliner Nusatara memang luar biasa banyaknya. Setiap makanan khas tradisi Indonesia memiliki keunikan rasa dan packaging. Salah satunya adalah olahan-olahan khas Madura. Tenar dengan sate ayamnya, nyatanya pulau yang berada di bagian timur laut Jawa itu memiliki banyak panganan lain yang tak kalah menggugah selera. Beberapa bahkan sangat cocok menjadi kudapan saat berbuka puasa. Dua diantaranya adalah Mento dan Sarkayo, yang dikenal sebagai takjil khas Madura.