idarzh-CNenhi

Bagaimana Sejarah Kerupuk Nasi, Salah Satu Aneka Snack Asli Indonesia?

Salah satu aneka snack yang paling digemari oleh masyarakat Indonesia adalah kerupuk. Kerupuk sendiri merupakan makanan khas Indonesia yang biasanya dijadikan cemilan, pendamping lauk, hingga oleh-oleh khas daerah tertentu.

Awalnya kerupuk dibuat untuk dijadikan pengganti lauk oleh keluarga miskin. Namun lambat laun, kerupuk telah menjadi makanan ringan yang banyak disukai oleh berbagai kalangan masyarakat. Selain itu, saat ini terdapat berbagai varian jenis kerupuk dengan harga yang bervariasi pula.

Salah satu kerupuk yang terkenal di Indonesia yaitu kerupuk nasi. Kerupuk yang terbuat dari olahan nasi ini biasanya memiliki bentuk bulat atau kotak dengan tekstur sedikit kasar. Selain itu, kerupuk nasi ini juga mempunyai cita rasa gurih, kriuk, dan nikmat dengan rasa nasi yang dominan.

Sejarah awal pembuatan kerupuk nasi yaitu untuk memanfaatkan sisa nasi agar tidak terbuang secara percuma. Lalu, kerupuk ini dibuat dengan bahan dasar nasi yang dicampur tepung tapioka atau bleng, kemudian dibumbui dengan beberapa rempah-rempah.

Akan tetapi, saat ini kerupuk nasi telah diolah dengan bahan-bahan yang aman dan dengan berbagai campuran bahan lainnya. Sehingga, menghasilkan kerupuk nasi dengan beberapa varian rasa.

Misalnya saja, kerupuk nasi rasa bawang, kerupuk nasi rasa udang, kerupuk nasi rasa terasi, dan kerupuk nasi rasa tenggiri, dan rasa lainnya.

Selain itu, saat ini kerupuk nasi juga dijual dengan kemasan yang lebih kekinian, serta memiliki daya jual yang tinggi. Sehingga banyak yang menjadikan kerupuk nasi ini sebagai lahan bisnis dengan modal yang lumayan rendah.

 

Kerupuk Khas Daerah Wonosobo, Solo, dan Sekitarnya

Kerupuk yang berasal dari pulau Jawa ini biasanya juga dikenal dengan nama kerupuk gendar. Ada pula yang menyebutnya dengan kerupuk puli. Selain itu, kerupuk ini juga sering dinamai dengan kerupuk lemeng atau kerupuk beras.

Sementara di Solo, kerupuk ini dikenal dengan kerupuk karak. Kerupuk karak ini juga merupakan kuliner khas daerah Wonosobo dan Solo. Selain itu, kerupuk nasi ini juga sangat populer di daerah Madiun.

Di beberapa daerah kerupuk nasi ini sering dijadikan makanan pelengkap. Misalnya saja, di daerah Solo, kerupuk ini sering dijadikan makanan pendamping soto. Sementara di Madiun, kerupuk nasi ini dimakan dengan nasi pecel. Sedangkan di Surabaya, banyak warga sana yang menjadikan kerupuk ini sebagai makanan pelengkap semanggi.

 

Manfaat Kerupuk Nasi dan Kandungan Gizinya.

Meskipun kerupuk nasi biasanya hanya dijadikan makanan ringan semata, namun nyatanya kerupuk ini memiliki beberapa manfaat yaitu sebagai pengganti cadangan sumber energi serta dapat mencegah terjadinya penyakit maag.

Selain itu, sebagai salah satu makanan unik asli Indonesia, kerupuk nasi ini juga menyehatkan dan memiliki kadar gizi yang lumayan tinggi lo!

Menurut data dari fatsecret.co.id, mengatakan bahwa setiap satu kerupuk nasi mengandung beberapa kandungan zat gizi yaitu karbohidrat, kalori, protein dan lainnya. Kandungan lengkapnya yaitu sebanyak 12 kilo kalori, 2.23 gram karbohidrat, 0.2 gram protein, 3 mg kalium, 0.17 lemak, serta 23 sodium.

 

Nah itu, tadi penjelasan mengenai salah satu aneka snack asli Indonesia yaitu kerupuk nasi. Mulai dari sejarah, makanan khas daerah tertentu, hingga kandungan gizi dari kerupuk nasi. Bagi Anda pencinta kuliner nusantara, Saat Anda berkunjung ke daerah penghasil kerupuk nasi Anda wajib mencobanya!

Butuh Lokasi Untuk Membuka Usaha Kuliner?

  • Dijual Cepat, Sebuah Tempat Usaha Strategis di Banyumanik Semarang
    Banyumanik adalah nama sebuah kecamatan di Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Kecamatan Banyumanik Semarang terletak di daerah yang sering disebut sebagai kota atas Semarang. Wilayah Kecamatan Banyumanik berada di ketinggian rata-rata 300 meter di atas permukaan laut dengan suhu udara rata-rata 20-22 derajat Celcius Banyumanik merupakan daerah ekonomi baru…
    Read more...