Loading...

BAKSO KUPAT GENTONG dan ES DOWER, Paduan Kesegaran Makanan Panas dan Dingin

Talas Bogor dan Asinan Bogor barangkali dua makanan yang sudah banyak dikenal publik dari Kota Hujan ini. Namun, selain keduanya kota dengan udara sejuk ini nyatanya memiliki banyak kuliner lain yang tak kalah menggoyang lidah. Adalah Bakso Kupat Gentong (BAPATONG) dan Es Dower yang merupakan perpaduan pas untuk mengisi perut saat jalan-jalan di kota ini. Saat Anda pertama kali menjajalnya akan langsung terkesan. Kenyang di perut dan segar di mulut, barangkali ungkapan ini sangat pas untuk menunjukan sensasi mencoba Bakso Kupat Gentong dan Es Dower.

Untuk menjajal makanan dan minuman tersebut, Anda bisa bertandang ke sekitar Taman Kencana Bogor. Terletak di Jl Pangrango No 1, Bogor Tengah, kedai kuliner tersebut berada tepat di belakang sebuah Factory Outlet, dekat dengan D’Fla cake dan Pia Apple Pie.

Tempat makan ini dirancang unik dan menarik. Arsitektur tempatnya didominasi bambu, sehingga memberikan kesan alami. Meski demikian, unsur modern tak ketinggalan berada di tempat makan satu ini.  Hal ini ditunjukan dengan adanya fasilitas WiFi gratis. Dengan demikian, pengunjung sembari menunggu menunya datang bisa sembari berselancar di dunia maya, atau tetap berselfie ria bersama teman dan keluarga di sela waktu makan dan menggugahnya di media sosial.

Kembali ke soal menu Bakso Kupat Gentong. Usut punya usut kemunculan menu ini berawal dari sang pemilik kedai yang menyiapkan bakso untuk suaminya. Iseng coba-coba menyajikan bakso dengan ketupat, tahu bakso, irisan daging serta irisan jeruk nipis, ternyata sang istri mendapat pujian dari sang suami. Pasangan tersebut akhirnya berinsiatif membuka bisnis bakso sendiri dengan menu andalan Bakso Kupat Gentong.

Keunikan Bakso Kupat Gentong dibandingkan dengan bakso pada umumnya terletak pada potongan ketupat berbentuk dadu,   juga potongan iga sapi didalamnya. Selain itu, cabe rawit di dalamnya pun kian menambah semarak dan menggugah selera makan, terlebih bagi para pecinta makanan pedas. Anda yang 'gila pedas', bisa saja request cabai rawit lebih banyak. Sementara bakso, bihun, mie kuning dan pangsit tetap ada sebagaimana bakso lainnya.

Sementara itu, Es Dower adalah es yang terbuat dari santan kental beku ditambah dengan gula dan irisan agar-agar. Rasa manis dan gurihnya dari santan begitu lekat dan cukup untuk menjadi penawar lidah dan bibir yang ‘dower’ karena kepedasan usai menyantap Bakso Kupat Gentong nan panas dan pedas!

Isian bakso yang banyak berpadu dengan kuah panas dan pedas rawit yang khas sungguh membuat lidah bergoyang sampai ‘kampung tengah’ alias perut benar-benar kenyang. Hebatnya lagi di penghujung makan, mulut diguyur dengan minuman segar yang sempurna membasahi hingga kerongkongan! Suegerrrr banget!!!

Selain Bakso Kupat Gentong dan Es Dower di tempat ini juga dijajakan beragam makanan dan minuman lain. Aneka makanan lainnya itu antara lain, Mie ayam panggang kupat gentong, Bakso BBQ, dan Bakso kuah.

Menu beragam dan tempat yang asyik, membuat kedai ini pun sukses memikat para pembeli dari berbagai kalangan, termasuk kawula muda dan pelajar. Apalagi harga menu-menunya yang dibanderol terjangkau. Harga makanan di tempat ini berkisar Rp13.000-Rp18.000 saja, sedangkan untuk minumannya dibanderol mulai Rp3.500 hingga Rp12.000. Bagaimana, sangat terjangkau bukan?! Dijamin perut Anda bakal kenyang maksimal meski dengan budget minimal.

Legenda Makanan Era Tahun 80an Yang Tetap Eksis, NASI UDUK Bansus Empang

Selalu ada yang istimewa dari aktivitas wisata kuliner Bogor. Anda dijamin tidak akan mengalami kekecewaan jika berkunjung ke Kota Hujan ini. Sebaliknya, berbagai makanan khas nan lezat akan menjamu Anda, dan nikmatilah sensasi menjelajahi setiap panganan di kota ini. Jika sedang mencari nasi uduk terdekat dari Mal BTM Bogor, silahkan mencoba Nasi Uduk Bansus Empang. Namun jangan khawatir, nasi uduk ini sama sekali tidak berbau empang dan tidak beraroma menyengat. Nasduk Bansus ini justru…

Berbagai Makanan Asli Betawi Yang Selalu Ada Saat Lebaran

Hari raya Idul Fitri merupakan salah satu momentum yang ditunggu-tunggu oleh umat Muslim di seluruh dunia. Di Indonesia, perayaan hari kemenangan ini tak terlepas dari aneka hidangan hingga cemilan yang tersaji di atas meja. Salah satunya adalah hidangan Lebaran khas orang Betawi yang merupakan suku asli di Jakarta. Apabila Anda berkesempatan mengunjungi rumah orang Betawi untuk bersilahturahmi, kemungkinan Anda akan menemukan beberapa makanan asli Betawi berikut ini:

Bubur India Masjid Jami Pekojan, Keunikan Kuliner Khas Semarang

Apakah anda tahu tentang bubur yang lain daripada yang lain yang ada di Kota Semarang?. Hidangan tersebut adalah bubur India dari Masjid Jami Pekojan. Masjid ini sendiri terletak di Jalan Petolongan No.1 Purwodinatan, Semarang. Berbeda dari bubur pada umumnya, bubur yang menjadi kuliner khas Semarang ini hanya muncul pada saat bulan puasa dan kerap disajikan sebagai takjil gratis bagi semua orang yang hendak berbuka puasa.