Bukan Hanya Lezat Sambal Bunga Kecombrang Juga Punya Banyak Manfaat

Olahan bunga kecombrang memang akan selalu membuat lidah ketagihan, seperti sambal bunga kecombrang misalnya. Anda bisa menggunakan sambal ini untuk pendamping lauk pauk anda. Dijamin nafsu makan anda akan bertambah.

Dibalik rasa yang unik bunga kecombrang ini juga mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Banyak juga yang menjadikan bunga kecombrang sebagai salah satu bahan utama untuk masakannya.

 

Mengenai Bunga Kecombrang

Bunga kecombrang ini juga biasa digunakan untuk sabun, ada dua cara yang bisa dilakukan yakni dengan cara langsung menggosokkan batang ke badan atau wajah dan cara kedua bisa dengan menggunakan pelepahnya yang sudah dimemarkan dan mengeluarkan busa yang wangi. Bahkan tidak sedikit juga orang yang menggunakan tanaman ini untuk obat.

Kecombrang merupakan tanaman yang cukup serba guna. Tanaman yang termasuk lokal ini memang banyak diolah untuk menjadi campuran sayur urap, pecak, bumbu, gulai dan yang paling sering diolah dan termasuk khas ialah dijadikan sambal. Jika anda ingin membuat sambal bunga kecombrang maka anda bisa menyiapkan bunga kecombrang yang segar dan pisahkan bunga yang masih kuncup dengan batangnya.

Untuk batang kecombrang yang teksturnya lebih keras dan yang masih bisa dipotong anda bisa gunakan untuk campuran sayur. Namun untuk sambal hanya gunakan bunga kecombrangnya saja dengan cara dicincang kecil-kecil. Kecombrang ini baunya memang sedikit menyengat, namun rasa dari kecombrang juga segar. Untuk membuat sambal ini, anda bisa menyiapkan bahan-bahannya.

 

Membuat Sambal Bunga Kecombrang

Bahan yang diperlukan ialah bunga kecombrang itu sendiri, terasi yang dibakar, bawang merah, bawang putih, garam sebagai perasa dan jangan lupa cabai sebagai bahan yang paling penting juga, anda bisa menggunakan cabai merah keriting atau cabai rawit merah atau bahkan keduanya juga boleh. Setelah bahan siap anda bisa mulai memotong bahan-bahan tersebut menjadi potongan kecil.

Jangan lupa memotong bunga kecombrang jadi bagian kecil-kecil juga. Setelah itu bunga kecombrang yang sudah dipotong kecil-kecil bisa di cuci menggunakan air garam untuk menghilangkan getahnya. Dan anda bisa langsung menghaluskan bahan-bahan yang sudah anda potong tersebut menggunakan cobek dan ulekan. Membuat sambal bunga kecombrang memang cukup mudah dan simple.

 

Manfaat Bunga Kecombrang

Di Indonesia sendiri kecombrang juga biasa diolah menjadi beberapa jenis masakan, misalnya saja dicampur dengan ikan, dijadikan pepes, dan juga yang paling umum dijadikan sambal bunga kecombrang yang rasanya juga lezat. Selain bisa diolah menjadi beberapa resep masakan dan rasanya juga lezat, kecombrang juga mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh anda, diantaranya adalah:

  • Mengandung tinggi antioksidan yang bisa melawan penyakit kanker.
  • Kaya vitamin dan juga mineral.
  • Mengurangi hipertensi atau tekanan darah tinggi dan juga diabetes.
  • Menambah jumlah ASI bagi ibu menyusui.
  • Mengandung bahan aktif yang bisa melawan masalah peradangan di dalam tubuh dan bisa digunakan untuk obat arthiritis.
  • Menambah nafsu makan.
  • Untuk wanita bisa mengurangi rasa nyeri saat menstruasi.
  • Mengurangi rasa mual ketika masa kehamilan.
  • Membersihkan darah kotor.
  • Kandungan antiviral bisa dipakai untuk expectorant dan juga decongestant yang berguna untuk melawan gangguan sinusitis dan juga pernafasan.
  • Kandungan zat saponin, zat aktif flavonida, dan juga polifenol sangat bagus untuk menghilangkan bau tubuh yang tidak sedap.

Jika anda ingin mendapatkan manfaat dari kecombrang, maka anda bisa mengolahnya menjadi beberapa jenis masakan yang memang sudah umum, seperti dijadikan tumis misalnya. Namun salah satu olahan kecombrang yang sangat cocok untuk lidah orang Indonesia ialah dengan cara mengolahnya jadi sambal bunga kecombrang.

Kuliner Bogor Paling Favorit

Ragam Kuliner Nusantara

  • Mento dan Sarkoyo, Altenatif Takjil Khas Madura yang Unik Rasanya Mento dan Sarkoyo, Altenatif Takjil Khas Madura yang Unik Rasanya
    Kekayaan kuliner Nusatara memang luar biasa banyaknya. Setiap menu yang dimiliki di setiap daerah pun memiliki keunikan rasa dan packaging. Salah satunya adalah olahan-olahan khas Madura. Tenar dengan sate ayamnya, nyatanya pulau yang berada di bagian timur laut Jawa itu memiliki banyak panganan lain yang tak kalah menggugah selera.
    Read more...

Kuliner Pendamping

FoodMania

Penawaran

  • Dijual Cepat, Sebuah Tempat Usaha Strategis di Banyumanik Semarang Dijual Cepat, Sebuah Tempat Usaha Strategis di Banyumanik Semarang
    Banyumanik adalah nama sebuah kecamatan di Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Kecamatan Banyumanik Semarang terletak di daerah yang sering disebut sebagai kota atas Semarang. Wilayah Kecamatan Banyumanik berada di ketinggian rata-rata 300 meter di atas permukaan laut dengan suhu udara rata-rata 20-22 derajat Celcius Banyumanik merupakan daerah ekonomi baru…
    Read more...