idarzh-CNenhi

Sempurnakan Manado Adventure Anda Dengan Kelezatan Sambal Dabu-dabu

Tanpa kuliner pedasnya, manado adventure anda belum lengkap! Salah satunya adalah sambel dabu dabu. Bagi anda pecinta sambal, pasti anda sudah tak asing lagi dengan sambal yang satu ini. Rasanya pedas dan segar ditambah lagi dengan sensasi crunchy yang dimiliki karena sambal ini berbeda dengan aneka sambal lain yang ada di Indonesia. mengapa?

Sambal dabu dabu tergolong jenis sambal yang tidak diulek melainkan hanya dicacah halus saja. Ciri khas dari sambel ini adalah irisan tomat dan juga bawang merahnya yang pedas. Kemudian, rasa segarnya didapat dari air perasan jeruk nipis yang juga membuat sambal ini memiliki aroma yang harum.

Nah, bagi anda yang sedang Manado Adventure, silahkan mencoba sambal ini ditempat asalnya, biasa dihidangkan bersama dengan ikan goreng, ikan bakar, dan juga hidangan seafood lainnya. Namun bagi anda penasaran dengan citarasa sambal ini, silahkan membuatnya sendiri di rumah. Cukup mudah kok, bahan-bahannya juga didapatkan dipasar atau supermarket, antara lain:

  • Cabe merah segar dengan ukuran besar sebanyak 1 buah, cuci bersih dan buang bijinya
  • Cabe rawit segar sebanyak 5 buah. Sebaiknya anda pilih yang warna hijau
  • 5 siung bawang merah
  • Tomat merah segar sebanyak 1 buah. Cuci bersih dan buang bijinya.
  • Daun kemangi sebanyak 8 lembar
  • Air perasann jeruk nipis sebanyak 1 sendok
  • Garam dan gula pasir secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

 

 

Cara Membuatnya:

  1. Iris halus kecil kecil cabe rawit segar dan cabe merah yang sudah dipersiapkan tadi. Apabila anda ingin membuat rasa yang lebih pedas, maka anda bisa menambahhkan jumlah cabe yang digunakan
  2. Iris pula tomat yang sudah dibuang bijinya dengan bentuk dadu kecil kecil.
  3. Bawang merah dan daun kemangi yang sudah dipersiapkan pun bisa diiris kecil kecil atau tipis tipis.
  4. Lalu, siapkan wadah dan campurkan semua bahan bahan yang sudah dipotong tersebut mulai dari cabe rawit, cabe mera, bawang merah, daun kemangi, dan tomat
  5. Tambahkan garam, gula pasir, dan air perasan jeruk nipis kemudian aduk hingga merata
  6. Panaskan minyak goreng secukupnya di wajan atau penggorengan. Setelah minyak panas, tuangkan langsung diatas campuran bahan sambel dabu dabu yang sudah dibuat.
  7. Aduk kembali hingga minyak tercampur dengan rata.
  8. Setelah tercampur, pindahkan sambal dabu dabu ini ke dalam piring saji.
  9. Sambal dabu dabu khas manado pun siap untuk dinikmati.

 

Kuliner Manado selain terkenal dengan rasa pedasnya, juga karena memiliki variasi di makanan laut (seafood) dan kue-kue dengan pengaruh Eropa. Masakan Manado yang populer adalah: tinutuan (juga dikenal sebagai bubur manado), cakalang fufu, mi cakalang, paniki (daging kelelawar), ayam atau aneka makanan laut yang dibumbui rempah-rempah rica-rica atau woku, ayam tuturuga, dan  brenebon.

Kota Manado juga memiliki banyak sekali obyek wisata yang menarik. Salah satunya adalah Rumah Alam Manado Adventure Park. sebuah tempat wisata  alam yang terletak di kawasan hutan kota di dekat pintu tol Manado, tepatnya di Jalan Ring Road Km. 1, Maumbi. Tempat seluas 10 hektare ini dibuka pada 18 Juni 2016 dan masih tergolong objek wisata baru.

Dengan konsep “back to the nature”, Rumah Alam Manado Adventure Park adalah taman dialam terbuka dengan kontur perbukitan hijau disekelilingnya. Olej sebab itu sangat cocok untuk melepaskan kepenatan sambil berpetualang dengan mencoba berbagai wahana untuk mengisi waktu liburan bersama keluarga.

Butuh Lokasi Untuk Membuka Usaha Kuliner?

  • Dijual Cepat, Sebuah Tempat Usaha Strategis di Banyumanik Semarang
    Banyumanik adalah nama sebuah kecamatan di Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Kecamatan Banyumanik Semarang terletak di daerah yang sering disebut sebagai kota atas Semarang. Wilayah Kecamatan Banyumanik berada di ketinggian rata-rata 300 meter di atas permukaan laut dengan suhu udara rata-rata 20-22 derajat Celcius Banyumanik merupakan daerah ekonomi baru…
    Read more...