Cara Membuat Sambal Dadak, Menu Pendamping Favorit Masyarakat Jawa Barat

Sebelum kita melakukan pembahasan mengenai sambal dadak, ada baiknya jika anda tahu kalau Indonesia memiliki keragaman menu masak yang tidak bisa anda sepelekan. Tidak hanya sambal saja, ada banyak jenis masakan lain yang terbentang dari Sabang sampai Merauke. Tentunya setiap wilayah memiliki keunikan kulinernya masing-masing.

Sebagai orang Indonesia, sudah tentu kita harus bangga akan hal ini. Perlu anda ketahui, sambel dadak adalah salah satu sambal yang menjadi menu favorit dari wilayah Jawa Barat. Oleh sebab itu hampir dipastikan selalu hadir di berbagai restoran di parahyangan. Uniknya, sambel ini sangat cocok untuk anda konsumsi di tengah hari karena memiliki rasa yang menyegarkan.

 

Cara Membuat Sambal Dadakan

Tahukah anda, membuat sambal dadak ini begitu mudah untuk dilakukan bahkan oleh seorang pemula sekalipun. Karena tidak ada teknik khusus yang harus anda kuasai untuk membuatnya. Hal pertama yang harus anda lakukan adalah menyiapkan bahan-bahan di bawah ini ;

  • 14 buah cabe rawit hijau segar.
  • 10 Buah Cabe rawit merah segar.
  • 2 buah tomat.
  • 1 terasi dadu yang sudah digoreng.
  • Garam dan Gula secukupnya.
  • Minyak panas.

Setelah bahan bahan di atas selesai anda siapkan, langkah selanjutnya anda hanya perlu mengulek semua bahan bahan tersebut hingga halus dan siram dengan sedikit minyak panas. Sangat direkomendasikan bagi anda untuk menggunakan cobet batu saat membuat sambel satu ini agar teksturnya lebih lebut. Anda juga bisa menggunakan blender tapi cara tersebut sangat tidak direkomendasikan, karena akan mengurangi unsur alaminya.

Ada perbedaan yang sangat besar antara sambal dadak ini dengan jenis sambel lainnya. Salah satunya adalah dari segi rasa. Sambel dadakan cenderung memiliki rasa yang lebih segar dan sehat, karena menggunakan bahan-bahan yang mentah dan masih segar. Tapi pastikan jangan terlalu pedas agar tidak mengganggu metabolisme tubuh anda.

 

Manfaat Konsumsi Sambal Dadakan Untuk Kesehatan

Ada banyak manfaat yang bisa anda dapatkan pada saat anda mengkonsumsi sambel ini dalam porsi yang benar dan sesuai kadar normal. Pertama, sambal ini memiliki kandungan vitamin A dan C yang sangat tinggi yang berasal dari cabai dan tomat. Terebih lagi dari cabai hijau ada kandungan kalori baik, serta gula yang sangat dibutuhkan untuk membangun tenaga anda. Karenanya jangan heran jika anda akan merasa segar dan bertenaga setelah mengkonsumsi sambal ini.

Manfaat lain yang bisa anda dapatkan dari konsumsi sambal satu ini secara rutin adalah membantu metabolisme pada tubuh. Kandungan vitamin C dan A merupakan dua jenis vitamin yang tidak bisa diproduksi oleh tubuh dan karenanya kita harus banyak mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan zat ini. Vitamin C yang ada pada cabai dan tomat memiliki dampak yang begitu positif terhadap tubuh anda, jika anda mengkonsumsinya dalam porsi yang sesuai dengan anjuran medis.

 

Mengkonsumsi Sambal Dadak

Jangan terlalu berlebihan dalam mengkonsumsi sambal ini karena sangat tidak dianjurkan oleh kedokteran. Jika anda terlalu berlebihan dalam mengkonsumsi sambal, akan ada banyak masalah yang mungkin anda dapatkan nantinya. Salah satunya adalah terkena sembelit atau masalah kesehatan lainnya.

 

Mungkin itu saja yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Lakukan konsumsi makanan apapun secara bertanggung jawab agar tidak menghasilkan efek samping untuk anda. Kemudian, kami berharap semoga ulasan mengenai sambal dadak ini bisa bermanfaat untuk anda.

Butuh Lokasi Untuk Membuka Usaha Kuliner?

  • Dijual Cepat, Sebuah Tempat Usaha Strategis di Banyumanik Semarang
    Banyumanik adalah nama sebuah kecamatan di Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Kecamatan Banyumanik Semarang terletak di daerah yang sering disebut sebagai kota atas Semarang. Wilayah Kecamatan Banyumanik berada di ketinggian rata-rata 300 meter di atas permukaan laut dengan suhu udara rata-rata 20-22 derajat Celcius Banyumanik merupakan daerah ekonomi baru…
    Read more...