idarzh-CNnlenms

Sambal Dadak, Sambal Jawara Masyarakat Jawa Barat

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata jawara dan juara memiliki arti yang dapat dipertukarkan. Dikatakan bahwa jawara berarti “pendekar; tukang pukul; jagoan”. Jawara masih dianggap sebagai nomina alias kata benda. Namun, kini lebih sering digunakan sebagai kata sifat. Misalnya sambal jawara, yang artinya adalah sambal juara.

Sebagai penikmat kuliner, anda harus tahu bahwa sambel dadak adalah salah satu sambal jawara Jawa Barat, alias sambal yang dijagokan oleh masyarakat Jawa Barat. Oleh sebab itu hampir dipastikan selalu hadir di berbagai restoran di parahyangan. Uniknya, sambel dadak sangat cocok untuk anda konsumsi di tengah hari karena memiliki rasa yang menyegarkan.

Tahukah anda, membuat sambal jawara ini begitu mudah untuk dilakukan bahkan oleh seorang pemula sekalipun. Karena tidak ada teknik khusus yang harus anda kuasai untuk membuatnya. Hal pertama yang harus anda lakukan adalah menyiapkan bahan-bahan di bawah ini ;

  • 14 buah cabe rawit hijau segar.
  • 10 Buah Cabe rawit merah segar.
  • 2 buah tomat.
  • 1 terasi dadu yang sudah digoreng.
  • Garam dan Gula secukupnya.
  • Minyak panas.

Setelah bahan bahan di atas selesai anda siapkan, langkah selanjutnya anda hanya perlu mengulek semua bahan bahan tersebut hingga halus dan siram dengan sedikit minyak panas. Sangat direkomendasikan bagi anda untuk menggunakan cobet/cobek batu saat membuat sambel satu ini agar teksturnya lebih lebut. Anda juga bisa menggunakan blender tapi cara tersebut sangat tidak direkomendasikan, karena akan mengurangi kenikmatan citarasanya.

Ada perbedaan yang sangat besar antara sambal jawara ini dengan jenis sambel lainnya. Salah satunya adalah dari segi rasa. Sambel dadak cenderung memiliki rasa yang lebih segar dan sehat, karena menggunakan bahan-bahan yang mentah dan masih segar.  Tapi pastikan jangan terlalu pedas agar tidak mengganggu metabolisme tubuh anda.

 

 

Manfaat Konsumsi Sambal Dadakan Untuk Kesehatan

Ada banyak manfaat yang bisa anda dapatkan pada saat anda mengkonsumsi sambel ini dalam porsi yang benar dan sesuai kadar normal. Pertama, sambal ini memiliki kandungan vitamin A dan C yang sangat tinggi yang berasal dari cabai dan tomat. Terebih lagi dari cabai hijau ada kandungan kalori baik, serta gula yang sangat dibutuhkan untuk membangun tenaga anda. Karenanya jangan heran jika anda akan merasa segar dan bertenaga setelah mengkonsumsi sambal ini.

Manfaat lain yang bisa anda dapatkan dari konsumsi sambal satu ini secara rutin adalah membantu metabolisme pada tubuh. Kandungan vitamin C dan A merupakan dua jenis vitamin yang tidak bisa diproduksi oleh tubuh dan karenanya kita harus banyak mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan zat ini. Vitamin C yang ada pada cabai dan tomat memiliki dampak yang begitu positif terhadap tubuh anda, jika anda mengkonsumsinya dalam porsi yang sesuai dengan anjuran medis.

Efek Sambal Dadak

Jangan terlalu berlebihan dalam mengkonsumsi sambal ini karena sangat tidak dianjurkan oleh kedokteran. Jika anda terlalu berlebihan dalam mengkonsumsi sambal, akan ada banyak masalah yang mungkin anda dapatkan nantinya. Salah satunya adalah terkena sembelit atau masalah kesehatan lainnya.

Mungkin itu saja yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Lakukan konsumsi makanan apapun secara bertanggung jawab agar tidak menghasilkan efek samping untuk anda. Kemudian, kami berharap semoga ulasan mengenai sambal dadak ini bisa bermanfaat untuk anda.