Cara Membuat Sambal Mbe Khas Bali di Rumah

Bali adalah sebuah pulau yang dikenal sebagai surga dunia karena keindahan alamnya yang begitu mempesona banyak orang. Tapi, tahukah Anda sambal mbe khas Bali?

Sambal ini memang berasal asli dari Bali dan cukup unik bila dibandingkan dengan sambal-sambal jenis lainnya. Selain alamnya yang indah, kuliner Bali juga menggugah selera baik wisatawan lokal ataupun asing.

Mungkin kebanyakan wisatawan hanya tahu sambal matah sebagai sambal yang enak dan asli Bali. Namun sambal mbe khas Bali ini juga kini mulai dinaikkan kembali namanya oleh para pebisnis kuliner yang ada di Bali agar banyak orang yang mengenal. Selain warisan budaya, sambal ini juga rasanya lezat dan akan menjadi daftar makanan Bali yang harus dicoba, bila Anda berwisata ke sana.

Akan tetapi, kini sambal mbe bisa langsung Anda nikmati tanpa harus ke Bali. Membuat sambal ini pun bisa dilakukan di rumah Anda sendiri, jika tidak sabar untuk mencicipinya. Berikut adalah resep membuatnya.

 

Hal Unik dari Sambal Mbek Khas Bali

Sebelum memasaknya, ada baiknya untuk mengenal lebih dulu apa itu sambal mbe khas Bali yang memiliki keunikan tersendiri. Mbe adalah bahasa Bali, dan bila diartikan ke dalam bahasa Indonesia adalah bawang goreng. Jadi, bisa langsung disantap dengan sambal lainnya atau sebagai pelengkap bumbu masakan agar lebih enak.

Di Bali, sambal mbe sendiri sebagai pelengkap makanan lain seperti, jukut urab, jukut olah, lawar, sate be pasih dan masih banyak yang lainnya dan pastinya sangat lezat. Untuk proses pembuatannya juga unik, sambel mbe dibuat dengan cara diremas, bukannya dihaluskan seperti sambal lainnya.

Namun, sekarang banyak yang hanya mengaduknya saja karena kurang kuat jika harus meremasnya. Al itu disebabkan rasa pedas pada bawang yang akan membuat mata Anda perih.

 

Bahan-bahan Untuk Membuat Sambal Mbe

Untuk membuat sambal ini, yang perlu Anda persiapkan adalah sebagai berikut:

  • 3 siung bawah putih diiris saja.
  • 8 siung bawang merah yang juga diiris tipis.
  • ½ sdt garam.
  • Sejumput gula pasir atau secukupnya.
  • 20 cabai rawit atau sesuai selera yang dirajang secara kasar.
  • 1 buah terasi seukuran jempol yang diiris tipis tipis sedikit dihancurkan.
  • 1 buah jeruk nipis.
  • Minyak secukupnya.

Semua bahan-bahan tersebut sangat mudah Anda temukan di supermarket ataupun di pasar dengan harga yang cukup murah. Setelah Anda mendapatkan semua bahan-bahan tersebut, untuk selanjutnya Anda harus mengolahnya untuk bisa menjadi sambal mbe yang lezat.

 

Langkah-Langkah Membuat Sambal Mbe

Tidak perlu khawatir jika membuat sambal ini sulit. Membuat sambal mbe khas Bali cukup mudah dan Anda bisa langsung bisa melakukannya dengan langkah-langkah seperti berikut :

  1. Untuk langkah pertama, panaskan minyak dan goreng bawang putih yang sudah diiris hingga kecokelatan dan angkat lalu tiriskan.
  2. Setelah itu, baru goreng bawang merah dan goreng hingga matang dan tiriskan.
  3. Goreng cabai hingga layu, lalu terasi dan gorenglah hingga benar-benar mengeluarkan aromanya.
  4. Masukkan bawang merah dan putih yang telah digoreng ke dalam wajan dan masukkan gula dan juga garam secukupnya lalu aduk.
  5. Masukkan perasan jeruk nipis dan aduk hingga merata.
  6. Angkat dan sajikan sambal tersebut untuk menu makan Anda sekeluarga.

Tidak ada yang sulit untuk membuat sambal mbe khas Bali ini. Hal yang terpenting ada kemauan dari Anda untuk membuatnya.

Kuliner Bogor Paling Favorit

Ragam Kuliner Nusantara

  • Mento dan Sarkoyo, Altenatif Takjil Khas Madura yang Unik Rasanya Mento dan Sarkoyo, Altenatif Takjil Khas Madura yang Unik Rasanya
    Kekayaan kuliner Nusatara memang luar biasa banyaknya. Setiap menu yang dimiliki di setiap daerah pun memiliki keunikan rasa dan packaging. Salah satunya adalah olahan-olahan khas Madura. Tenar dengan sate ayamnya, nyatanya pulau yang berada di bagian timur laut Jawa itu memiliki banyak panganan lain yang tak kalah menggugah selera.
    Read more...

Kuliner Pendamping

FoodMania

Penawaran

  • Dijual Cepat, Sebuah Tempat Usaha Strategis di Banyumanik Semarang Dijual Cepat, Sebuah Tempat Usaha Strategis di Banyumanik Semarang
    Banyumanik adalah nama sebuah kecamatan di Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Kecamatan Banyumanik Semarang terletak di daerah yang sering disebut sebagai kota atas Semarang. Wilayah Kecamatan Banyumanik berada di ketinggian rata-rata 300 meter di atas permukaan laut dengan suhu udara rata-rata 20-22 derajat Celcius Banyumanik merupakan daerah ekonomi baru…
    Read more...