Cara Sederhana Membuat Sambal Kecap Untuk Teman Makan

Sambal kecap adalah salah satu jenis sambal yang tidak asing untuk orang Indonesia. Di berbagai penjuru Indonesia pastinya paham dan tahu dengan sambal jenis ini.

Terlebih lagi cara membuatnya mudah dan sangat enak bila dicampur dengan nasi hangat dan berbagai hidangan makanan lainnya. Belum diketahui sambal ini asalnya dari mana, namun yang jelas dari dulu memang sudah ada.

Untuk pembuatan sambal ini sendiri memang tidak membutuhkan waktu yang lama, karena bahannya yang ringkas dan rata-rata tidak ada yang dimasak untuk membuatnya. Mungkin kebanyakan dari Anda juga ada yang tidak bisa makan, tanpa adanya sambal sebagai salah satu menu makanan Anda. Meskipun mudah, tapi apakah ada yang belum tahu cara membuatnya? Berikut adalah cara-caranya.

 

Cara Membuat Sambal Kecap yang Mudah

Jika Anda berpikir bahwa membuat sambal kecap sulit, itu salah besar. Bahkan kurang dari 15 menit saja, Anda suda bisa menghidangkan sambal tersebut sebagai salah satu menu makanan Anda. Meski membuatnya tidak sulit dan bahan-bahan yang diperlukan tidak banyak. Tapi perlu Anda ketahui, rasa dari sambal ini sungguh nikmat dan luar biasa bila dihidangkan dengan berbagai jenis makanan apapun. Mari, kita buat sambal sederhana ini :

Untuk bahan yang diperlukan adalah :

  1. 5 buah cabai rawit merah.
  2. 3 siung bawang merah.
  3. 1 buah tomat segar
  4. 75 ml kecap manis atau secukupnya
  5. Dan 1 buah jeruk nipis.

Setelah semua bahan telah Anda dapatkan, sekarang tinggal eksekusi bahan tersebut untuk menjadi sambal nikmat yang akan menggugah selera makan Anda :

  1. Langkah pertama, iris cabai rawit, tomat dan juga bawang merah sesuai dengan selera Anda. Tapi untuk bawang merah, cobalah iris melintang agar terlihat lebih rapi.
  2. Masukkan semua irisan tersebut ke dalam sebuah wadah, masukkan 75ml kecap atau secukupnya sesuai selera Anda.
  3. Belah jeruk nipisnya dan peras untuk diambil airnya untuk dimasukkan ke campuran sambal.
  4. Aduk hingga merata, dan sambal kecap pun siap dihidangkan untuk Anda.

Bagaimana, mudah, bukan? Bahkan 10 menit saja sudah selesai dan sudah bisa Anda nikmati bersama dengan keluarga.

 

Makanan Pendamping Sambal Kecap

Pastinya jika menikmati sambal, tidak akan lengkap bila tidak ada makanan pendampingnya. Untuk sambal dari kecap manis, hampir semua makanan bisa dijadikan pendampingnya. Berikut rekomendasi makanan pendamping :

  1. Ayam goreng.
  2. Sate kambing paling nikmat dengan sambal ini.
  3. Sate ayam
  4. Tahu isi dan jenis gorengan lainnya.
  5. Nasi panas dan juga sayur-sayuran.
  6. Mendhoan
  7. Kerupuk

Masih banyak makanan lain yang bisa dijadikan makanan pendamping untuk sambal ini. Anda bisa memilihnya sesuai keinginan Anda.

 

Manfaat Sambal dari Kecap untuk Kesehatan

Ternyata dibalik dari sambal ini, terdapat manfaat yang tersembunyi terutama manfaat untuk kesehatan. Bagi orang yang suka sambal kecap dinilai akan terhindar dari penyakit kanker, melancarkan sirkulasi darah, terhindar dari penyakit jantung dan juga bisa menurutkan berat badan. Luar biasa, bukan?

Kemudian untuk kecap manis sendiri memiliki kandungan yang bagus juga untuk kesehatan. Kecap berasal dari kedelai yang mengandung protein dan bagus untuk membantu pertumbuhan bagi anak dan remaja. Belum lagi adanya zat besi juga bagus untuk membantu sirkulasi darah. Ternyata, selain enak, sambal kecap sangat bagus untuk kesehatan asal kita makan sesuai dengan aturan.

Butuh Lokasi Untuk Membuka Usaha Kuliner?

  • Dijual Cepat, Sebuah Tempat Usaha Strategis di Banyumanik Semarang
    Banyumanik adalah nama sebuah kecamatan di Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Kecamatan Banyumanik Semarang terletak di daerah yang sering disebut sebagai kota atas Semarang. Wilayah Kecamatan Banyumanik berada di ketinggian rata-rata 300 meter di atas permukaan laut dengan suhu udara rata-rata 20-22 derajat Celcius Banyumanik merupakan daerah ekonomi baru…
    Read more...