idarzh-CNnlenms

Kuliner Bandung Legendaris Yang Menggunakan Sambal Oncom Sebagai Bahannya

Dari sekian banyak kuliner Bandung legendaris, sambal oncom adalah salah satu yang terpopuler dan banyak digandrungi oleh mereka para pecinta kuliner. Meskipun berasal dari limbah, penganan satu ini memiliki tekstur rasa yang begitu khas. Jika anda bisa mengolahnya dengan baik, akan ada menu baru yang tidak kalah lezat dan tentu disukai oleh semua orang. Bukan tidak mungkin jika anda termasuk salah satu diantaranya bukan?

Percaya atau tidak, olahan yang dicampur dengan sambal berbahan oncom ini begitu mudah untuk ditemui baik di kaki lima, ataupun di rumah makan berkelas yang menyajikan kuliner Bandung legendaris. Dari sini kita sudah bisa melihat kalau olahan dari oncom tidak bisa anda sepelekan begitu saja. Dikutip dari berbagai sumber, ada beberapa penganan lezat yang menggunakan sambal oncom ini. Penasaran apa saja? Silakan anda cek ulasan di bawah ini.

 

 

Comro

Olahan paling populer yang bisa anda temukan jika anda mencari makanan berbahan dasar sambal oncom, adalah comro. Siapa yang tidak kenal dengan kuliner Bandung legendaris ini? Comro adalah sebuah olahan khas Sunda yang berasal dari singkatan “oncom dijero” yang jika diartikan dalam bahasa Indonesia adalah oncom di dalamnya. Olahan berbahan dasar singkong dan kelapa parut yang dikombinasikan dengan oncom pedas ini menjadi salah satu penganan terpopuler di Jawa Barat.

 

 

Serabi/surabi dengan Toping Oncom

Jika di wilayah lain ada serabi berbagai rasa dan topping, lain halnya dengan wilayah Jawa Barat yang merupakan kampung halaman dari serabi itu sendiri. Kuliner Bandung legendaris ini populer berkat guyuran sambal berbahan dasar oncom di atasnya. Terlepas dari standar rasa Surabi yang manis, karena topping yang akan digunakan adalah lelehan gula aren.

 

 

Ulukutek Leunca

Kuliner Bandung legendaris lainnya yang menggunakan sambal oncom ditambah leunca sebagai bahan dasar pembuatannya adalah Ulukutek leunca. Menu satu ini sangat disukai oleh mayoritas penduduk Jawa Barat. Ulukutek Leunca merupakan salah satu menu wajib di setiap rumah makan khas sunda dan ada merupakan menu favorit di keseharian mereka.

 

 

Nasi Uduk Sunda

Menu favorit yang menggunakan oncom pedas sebagai bahan dasar selanjutnya adalah nasi uduk Sunda. Masakan satu ini biasa dijajakan di pagi hari sebagai salah satu kuliner Bandung legendaris. Kalau anda kebetulan berkunjung ke daerah sunda, silahkan mencobanya. Kelezatannya merupakan perpaduan nasi pulen yang dibumbui dengan rempah rempah, santan dan sambal oncom yang gurih.

 

 

Nasi Tutug Oncom

Tidak ada yang bisa menyangkal kalau nasi tutug oncom menjadi salah satu kuliner Bandung legendaris . Ada banyak sekali restoran yang menyajikan menu satu ini di Indonesia. Terutama pada era modern saat ini ketika informasi dengan mudahnya beredar melalui media sosial. Nasi tutug oncom adalah olahan nasi hangat dengan olahan oncom kering dan cabai plus bumbu rempah yang mengugah selera.

Itulah jenis-jenis penganan lezat yang menggunakan sambel berbahan oncom sebagai salah satu bahan utamanya. Mungkin olahan olahan di atas sulit untuk anda temukan di daerah lain. Tapi jika anda kebetulan berkunjung ke wilayah Jawa Barat, anda akan dengan mudah menemukan menu-menu dengan bahan dasar sambal oncom yang kami sebutkan di atas.