Loading...
 

Es Cincau Ternyata Banyak Variasinya

Bogor juga punya beragam minuman segar khas daerah, yang bakal melengkapi wisata kuliner Anda. Salah satu destinasi wisata kuliner Bogor yang menawarkan minuman khas Bogor yang patut Anda coba adalah Es Cincau Hijau Siliwangi.

 

ASAL USUL ES CINCAU

Es cincau hijau pasti bukan sajian yang aneh dan langka di Indonesia. Minuman kesehatan khas daerah yang satu ini dapat Anda temui di setiap daerah, baik di pedagang kaki lima hingga di restoran mewah.

Beda daerah, beda pula cara penyajiannya. Ada yang masih bertahan dengan gaya lama, yakni dengan mencampurkan perpaduan santan kelapa, cincau, gula merah, serta es serut, ada pula yang mulai memadukannya dengan minuman masa kini seperti cappucinno, atau mengombinasikannya dengan beragam buah segar seperti yang dapat kita temui pada Es Cincau Lampung. Mau disajikan dengan cara apapun, es cincau akan tetap terasa enak, bukan?

Nah, ngomong-ngomong tentang es cincau, apakah Anda sudah tahu asal-usul cincau serta manfaatnya bagi kesehatan?

Es cincau berasal dari daerah di daratan Tiongkok, namanya merupakan bahasa Hokkian untuk merujuk pada tumbuhan Mesona yang diolah menjadi bahan makanan dan minuman segar oleh masyarakat di daratan Tiongkok dan sekitarnya. Masyarakat Indonesia sendiri mengenal dua jenis cincau, yakni cincau hitam dan cincau hijau.

Cincau hitam merupakan jenis cincau yang lazim ditemukan di negara-negara Asia Timur seperti Tiongkok, Korea, dan sejumlah negara Asia Tenggara. Sementara, cincau hijau lebih banyak diproduksi oleh para produsen lokal di daerah Bandung, Bogor, serta kota-kota lain di Jawa Barat.

Baik cincau hijau dan hitam banyak ditemukan pada minuman seperti es cincau, cendol, serta es campur. Cara pembuatan cincau hijau dan hitam pun sebenarnya berbeda, namun rasa, tekstur, dan manfaatnya tetap sama. Cincau banyak dijadikan sebagai bahan pembuatan minuman kesehatan khas daerah, karena memiliki efek yang menyejukkan serta mampu meredakan panas dalam.

 

ES CINCAU BOGOR

Salah satu es cincau yang terkenal di wilayah Bogor adalah Es Cincau Hijau Siliwangi. Saking terkenal enaknya, Es cincau Hijau Siliwangi banyak direkomendasikan para pecinta kuliner sebagai salah satu makanan enak di Bogor. Tentunya, tidak heran bukan jika banyak orang yang rela mengantre untuk sekadar jajan dan menikmati segarnya es cincau yang satu ini?

Es cincau yang nikmat ini disajikan dengan santan encer yang akan semakin terasa menyegarkan dengan tambahan manisnya gula merah atau sirop cocopandan dan es serut. Sudah terbayang bagaimana segarnya es cincau hijau ini ketika diminum di tengah udara panas? Membayangkannya saja sudah bikin menelan ludah, ya.

Daripada berimajinasi membayangkan enaknya Es Cincau Hijau Siliwangi, untuk Anda yang sedang berada di Bogor lebih baik langsung datang ke lokasinya yang berada di Jalan Siliwangi, Sukasari, Bogor. Kedai Es Cincau Hijau Siliwangi ini terletak persis di depan Asinan Sedap Gedong Dalam. Jadi, setelah berbelanja asinan untuk buah tangan, Anda bisa mampir untuk sekadar melepas dahaga dengan Es Cincau Hijau Siliwangi.

Selain nikmat dan segar, Es Cincau Hijau Siliwangi ini juga dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau, yakni Rp6.000,00 saja.

Tunggu apa lagi? Yuk ajak teman-teman pecinta kuliner untuk menikmati minuman segar dari daerah Tiongkok yang kini menjadi minuman kesehatan khas daerah Bogor. 

  • Martabak Encek, Kuliner Bogor Yang Legendaris

    Kedai martabak memang banyak dimana-mana, namun tidak banyak yang bertahan cukup lama. Salah satu contohnya adalah Martabak Encek, yang tergolong kuliner legendaris, karena tetap eksis sejak membuka usahanya pada puluhan tahun yang lalu. Martabak Encek atau yang dikenal juga dengan nama dengan Martabak Bangka ini, sudah ada sejak tahun 1975 dan terus melayani para pembelinya hingga saat ini.

Cara Melanjutkan Bisnis Kuliner Yang Berasal Dari Warisan Keluarga

Warisan berasal dari bahasa Arab Al-miirats, bentuk masdar dari kata waritsa- yaritsu- irtsan-…

Mengolah Daging Sapi Yang Benar Itu Jangan Dicuci Dahulu Jika Tidak Langsung Dimasak

Cara mengolah daging sapi memang sangat beragam, mulai dari pemilihan daging sapi, pembersihan…

Kopdar dan Kongkow Komunitas Otomotif Lebih Nyaman di Kedai Kopi

Sebagai anak komunitas otomotif, pastinya anda pernah berpikiran untuk bisa kongkow-kongkow asik…

Lebih Enak Rambak Kulit Kerbau Atau Kulit Sapi?

Kerupuk kulit atau biasa disebut kerupuk rambak adalah pendamping makan yang terbuat dari limbah…
Enjoying Exotism of the Island of Gods and Eat with the King of Jungle

Bali Adventure – Enjoying Exotism of the Island of Gods and Eat with the “King of Jungle”

Bali Island is very famous for its exotism and natural beauty. It is the place where traditions, cultures, and modernity blend perfectly. The island offers visitors a thrilling adventure and there are many tourist destinations options to visit. Not only that but visiting Bali will provide you opportunities to look closer at the island’s wildlife. You can even eat in a restaurant with a companion of wild animals like a lion. Sounds fantastic? Yep, and Wana Bali Zoo Restaurant will make it…