Loading...

"ES CINCAU HIJAU" Siliwangi, Minuman Kesehatan Khas Daerah Bogor

Bogor juga punya beragam minuman kesehatan khas daerah, yang bakal melengkapi wisata kuliner Anda. Salah satu destinasi wisata kuliner Bogor yang menawarkan minuman khas Bogor yang patut Anda coba adalah Es Cincau Hijau Siliwangi.

 

Asal-Usul dan Manfaat Cincau Hijau Bagi Kesehatan

Es cincau hijau pasti bukan sajian yang aneh dan langka di Indonesia. Minuman kesehatan khas daerah yang satu ini dapat Anda temui di setiap daerah, baik di pedagang kaki lima hingga di restoran mewah.

Beda daerah, beda pula cara penyajiannya. Ada yang masih bertahan dengan gaya lama, yakni dengan mencampurkan perpaduan santan kelapa, cincau, gula merah, serta es serut, ada pula yang mulai memadukannya dengan minuman masa kini seperti cappucinno, atau mengombinasikannya dengan beragam buah segar seperti yang dapat kita temui pada Es Cincau Lampung. Mau disajikan dengan cara apapun, es cincau akan tetap terasa enak, bukan?

Nah, ngomong-ngomong tentang es cincau, apakah Anda sudah tahu asal-usul cincau serta manfaatnya bagi kesehatan?

Cincau merupakan nama yang berasal dari bahasa Hokkian untuk merujuk pada tumbuhan Mesona yang diolah menjadi bahan makanan dan minuman oleh masyarakat di daratan Tiongkok dan sekitarnya. Masyarakat Indonesia sendiri mengenal dua jenis cincau, yakni cincau hitam dan cincau hijau.

Cincau hitam merupakan jenis cincau yang lazim ditemukan di negara-negara Asia Timur seperti Tiongkok, Korea, dan sejumlah negara Asia Tenggara. Sementara, cincau hijau lebih banyak diproduksi oleh para produsen lokal di daerah Bandung, Bogor, serta kota-kota lain di Jawa Barat.

Baik cincau hijau dan hitam banyak ditemukan pada minuman seperti es cincau, cendol, serta es campur. Cara pembuatan cincau hijau dan hitam pun sebenarnya berbeda, namun rasa, tekstur, dan manfaatnya tetap sama. Cincau banyak dijadikan sebagai bahan pembuatan minuman kesehatan khas daerah, karena memiliki efek yang menyejukkan serta mampu meredakan panas dalam.

 

Es Cincau Hijau Siliwangi, Bogor

Salah satu es cincau yang terkenal di wilayah Bogor adalah Es Cincau Hijau Siliwangi. Saking terkenal enaknya, Es cincau Hijau Siliwangi banyak direkomendasikan para pecinta kuliner sebagai salah satu makanan enak di Bogor. Tentunya, tidak heran bukan jika banyak orang yang rela mengantre untuk sekadar jajan dan menikmati segarnya es cincau yang satu ini?

Es cincau yang nikmat ini disajikan dengan santan encer yang akan semakin terasa menyegarkan dengan tambahan manisnya gula merah atau sirop cocopandan dan es serut. Sudah terbayang bagaimana segarnya es cincau hijau ini ketika diminum di tengah udara panas? Membayangkannya saja sudah bikin menelan ludah, ya.

Daripada berimajinasi membayangkan enaknya Es Cincau Hijau Siliwangi, untuk Anda yang sedang berada di Bogor lebih baik langsung datang ke lokasinya yang berada di Jalan Siliwangi, Sukasari, Bogor. Kedai Es Cincau Hijau Siliwangi ini terletak persis di depan Asinan Sedap Gedong Dalam. Jadi, setelah berbelanja asinan untuk buah tangan, Anda bisa mampir untuk sekadar melepas dahaga dengan Es Cincau Hijau Siliwangi.

Selain nikmat dan segar, Es Cincau Hijau Siliwangi ini juga dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau, yakni Rp6.000,00 saja.

Tunggu apa lagi? Yuk ajak teman-teman pecinta kuliner untuk menikmati minuman kesehatan khas daerah Bogor yang lezat ditemani dengan segarnya Es Cincau Hijau Siliwangi. Selamat mencoba.

RENDANG Adalah Makanan Khas Daerah Yang Potensial Sebagai Pilihan Usaha

Indonesia memang sebuah negara yang besar. Wilayahnya membentang luas dari Sabang di sisi barat sampai Merauke di sisi timur, dari Miangas di sisi utara hingga Pulau Rote di sisi selatan. Demikian luasnya wilayah negeri ini, tak mengherankan jika memiliki penduduk dengan beragam suku. Bukan sebagai pemisah, nyatanya perbedaan suku tersebut justru melahirkan perbedaan budaya yang menjadi simpul persatuan bangsa.

2 MAKANAN Ringan dan Sederhana Khas Madura ini Pasti Menggoyang Lidah Anda

Saat bulan puasa tiba, banyak pasar tiban atau pasar Ramadhan di berbagai tempat di Indonesia. Berburu makanan takjil menjadi saat yang menyenangkan dan sangat dinantikan. Jajaran kuliner daerah biasanya kerap dijajakan saat momen ini. Nah, bagi Anda yang kebetulan berada di Madura atau justru mudik ke Madura, cobalah untuk bernostalgia rasa dengan makanan ringan sederhana yang mungkin jarang dijumpai di daerah lain.

Bukan Saja Segar, ES BUAH PALA Racikan Pak Ujang Adalah Minuman Kesehatan

Es Pala, minuman segar dan sehat khas Bogor konon kabarnya sudah ada sejak tahun 1950-an, dan citarasanya masih diakui hingga lintas generasi. Salah satu kedai penjual pala yang bertahan hingga turun temurun adalah "Es Pala Pak Ujang". Kisahnya berawal dari dekade tersebut, di satu lokasi yaitu Jalan Suryakencana Bogor yang saat itu merupakan pusat keramaian, karena terdapat bioskop dan lapangan olahraga.