idarzh-CNenhi

Sambal Goang, Sambal Andalan Para Penjual Masakan Sunda di Bogor

Sambal Goang adalah salah satu sambal yang berasal dari Jawa Barat. Sambal satu ini biasa dibuat oleh masyarakat Sunda saat hendak makan. Berbeda dengan sambal jenis lain yang ada di negeri ini, sambal  ini dibuat dalam kondisi mentah. Akan lebih mantap jika dinikmati bersama lalapan mentah juga. Jika sedang berada di Kota Hujan, sambal jenis ini biasanya selalu tersedia di para penjaja masakan sunda di Bogor.

Seperti sudah anda ketahui, salah satu kebiasaan makan orang sunda adalah memakan lalapan yang masih mentah. Tidak ada yang bisa menyangkal kalau sambal satu ini menjadi salah satu sambal yang paling populer di Indonesia. Tidak mengherankan jika banyak sekali kedai masakan sunda di Bogor yang menjadikan sambal goang sebagai salah satu menu utama mereka.

Tapi tahukah anda, sebenarnya ada fakta fakta unik yang mungkin tidak anda ketahui terkait sambal satu ini. Penasaran? Cek ulasannya di bawah ini.

 

 

Walaupun menjadi bagian dari masakan sunda di Bogor, tidak ada yang tahu asal-usulnya

Hingga saat ini tidak sejarah yang bisa menceritakan siapa penciptanya, atau menunjukkan diwilayah Sunda mana sambel goang pertama kali ditemukan. Namun yang pasti, sambal satu ini memang sangat populer di kalangan masyarakat Sunda.

 

 

Memiliki Nama yang Berbeda-beda di Jawa Barat

Meskipun menjadi andalah warung masakan sunda di Bogor, tidak banyak yang tahu kalau sambal goang memiliki nama yang berbeda beda meski masih berada di daerah Jawa Barat. Untuk orang sunda parahyangan seperti misalnya Bandung, Tasik, Garut dan berlanjut ke wilayah Pantai Selatan, nama goang ini terdengar akrab di telinga. Tapi bagi mereka yang berasal dari wilayah Jawa Barat bagian tengah seperti misalnya Purwakarta, Subang dan Karawang, ada yang menyebut sambal satu ini sebagai sambel atah dan sambel dadakan.

 

 

Populer di Luar Negeri

Di beberapa negara yang memiliki kaitan sejarah dengan Indonesia, seperti di Belanda, sambal khas sunda ini menjadi salah satu menu makanan yang sangat populer. Konon kabarnya, popularitas sambal goang ini setara dengan popularitas rendang dari Padang atau Gudek dari Jogja. Tidak hanya Belanda saja, sambel ini juga sangat terkenal di negara lain seperti Jepang dan Amerika Serikat.

 

 

Bagus Untuk Kesehatan Kulit

Jika melihat bahan bakunya seperti: cabai rawit, bawang putih, kencur, timun dan kemangi, sambal goang memiliki efek yang sangat bagus terhadap kulit. Bagaimana tidak, semua bahan-bahan yang menjadi olahan sambel satu ini memiliki kandungan Vitamin C yang sangat tinggi. Tak heran jika orang Sunda memiliki kulit yang paling bagus di negeri ini. Bukan hal yang tidak mungkin,  rajin konsumsi sambel goang secara rutin menjadi salah satu alasannya.

 

 

Menjadi Sajian Wajib di Jawa Barat

Sambal goang menjadi salah satu menu dari jajaran masakan sunda di Bogor dan menu wajib ada di meja bagi orang Sunda. Karena relatif mudah dibuat dengan bahan-bahan standar, seringkali sambel ini disiapkan secara dadakan. Kalau anda orang Sunda, pasti anda mengenal kebiasaan satu ini dengan baik bukan?

 

Mungkin itu saja sedikit informasi yang bisa kami sampaikan. Jika ingin mencoba, silahkan simak langkah-langkah pembuatannya sebagai berikut:

  1. Haluskan cabai rawit, bawang putih, kencur dan garam hingga halus.
  2. Panaskan 3 sdm minyak goreng sebentar sampai timbul gelembung kecil pinggirnya.
  3. Siramkan minyak panas pada sambal, aduk rata.
  4. Sambal goang siap disajikan bersama lalapan atau lauk favorit.

 

Indonesia memiliki beragam kekayaan budaya dan salah satunya adalah menu sambel ini. Pastikan kita melestarikannya dengan baik agar peninggalan budaya kita bisa dikenal di dunia.

Butuh Lokasi Untuk Membuka Usaha Kuliner?

  • Dijual Cepat, Sebuah Tempat Usaha Strategis di Banyumanik Semarang
    Banyumanik adalah nama sebuah kecamatan di Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Kecamatan Banyumanik Semarang terletak di daerah yang sering disebut sebagai kota atas Semarang. Wilayah Kecamatan Banyumanik berada di ketinggian rata-rata 300 meter di atas permukaan laut dengan suhu udara rata-rata 20-22 derajat Celcius Banyumanik merupakan daerah ekonomi baru…
    Read more...