idarzh-CNnlenms

Tentang Sambal Hijau Padang

Apabila ditanya tentang sambal,kebanyakan yang ada di pikiran kita adalah sambel dengan warna merah dengan rasa pedas. Namun, ada juga sambal hijau dengan rasa unik yang tidak ditemui pada sambal yang berwarna merah. Sambal ini seringkali dihidangkan di banyak rumah makan, terutama rumah makan padang. Bagaimana cara membuat sambal hijau padang yang enak?

Bahan bahan yang diperlukan:

  • Cabe hijau keriting sekitar 100 gram
  • 3 buah tomat hijau
  • 2 butir bawang putih ukuran sedang
  • 4 buah bawang merah ukuran sedang
  • Garam dapur secukupnya
  • Gula pasir secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya untuk memasak sambal hijau
  • Air secukupnya untuk merebus tomat dan cabai.

 

Ada trik orang Minang agar sambal tak membuat perut mulas, yaitu cabe yang digunakan tak akan diambil tangkainya, alias tetap utuh saat dibuat sambal hijau Padang.

 

 

Cara Membuat

  1. Pertama tama, cuci bersih terlebih dahulu beberapa bahan seperti tomat hijau dan cabe hijau dengan air mengalir
  2. Kemudian, panaskan air di dalam panci
  3. Setelah air mulai panas atau mendidih, masukkan cabe hijau, tomat hijau, bawang putih, dan bawang mera. Tunggu hingga layu.
  4. Setelah layu, angkat dan tiriskan sebentar
  5. Siapkan ulekan atau cobek kemudian ulen bahan rebusan tersebut bersama dengan gula pasir dan garam dapur sesuai dengan selera anda.
  6. Biasanya, sambel hijau ini akan diulek dengan ciri khas agak kasar atau tidak terlalu halus.
  7. Setelah itu, siapkan wajan di penggorengan dan panaskan minyak
  8. Setelah minyak panas, maka masukkan sambal hijau tadi dan kemudian oseng oseng atau masak sebentar hingga sambel harum dan matang.
  9. Sambal hijau Padang yang nikmat siap untuk disajikan.

 

Sambal hijau Padang sangat nikmat sebagai cocolan atau menuangkannya diatas lauk pauk seperti ayam goreng/bakar, bebek, telur dan lain sebagainya. Apabila anda suka, anda juga bisa mencampurkan sambel hijau ini dengan ati goreng yang nikmat. Cocok disantap dengan nasi hangat saja atau ditambahkan pula dengan sayur daun ketela yang dimasak dengan santan seperti yang biasanya disajikan di rumah makan padang.