idarzh-CNnlenms

Ini Alasan Kenapa Anda Harus Coba Sambal Roa Palu!

Dari sekian banyak jenis sambal yang ada di Indonesia, Sambal Roa Palu merupakan salah satu jenis sambal yang sangat direkomendasikan untuk anda coba. Pasalnya sambal satu ini memiliki banyak sekali kelebihan dibandingkan dengan jenis sambal yang lain. Perlu anda tahu, sambal yang sangat populer ini merupakan salah satu menu khas dari Kota Palu, Sulawesi Tengah.

Ada keunikan yang berbeda dimiliki oleh Sambal Roa Palu yakni dari bahan baku yang digunakannya. Jika sambal lain menggunakan cabai dan tomat sebagai bahan utamanya, maka sambal satu ini memiliki tambahan ikan roa asap di dalamnya. Ada yang membuatnya hingga halus, anda juga yang membiarkan ikannya tetap memiliki tekstur. Ada alasan yang mendasari kenapa anda harus mencoba menu sambal ini, yaitu:

 

 

Bahan Baku yang Alami Tanpa Bahan Kimia

Kelebihan pertama yang dimiliki oleh Sambal Roa Palu ini adalah dari segi bahan-bahan. Karena merupakan salah satu menu sambal khas, tak heran jika semua bahan-bahan yang digunakan dalam proses pembuatan sambal ini menggunakan semua bahan asli dan alami dari daerah tersebut, tanpa tambahan bahan kimia.Tentunya ini menjadi salah satu kelebihan sambal yang sangat dibanggakan oleh masyarakat Palu.

 

 

Kandungan Gizi yang Melimpah dan Menyehatkan

Kandungan utama Sambal Roa Palu adalah protein, yang sangat direkomendasikan untuk proses revitalisasi tubuh. Terlebih lagi ikan roa juga memiliki kandungan omega 3 yang sangat baik untuk perkembangan otak. Begitu pula dengan bahan lain seperti cabai dan tomat yang ada di dalamnya. Kandungan vitamin C dan vitamin A-nya sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit serta menstabilkan kolesterol berlebih di dalam tubuh.

 

 

Bisa Disimpan di Waktu yang Lama

Kelebihan lain yang dimiliki oleh Sambal Roa Palu adalah pada daya tahannya. Tidak ada yang bisa menyangkal kalau sambal ini memiliki daya tahan atau jangka kadaluarsa yang begitu lama. Karenanya jangan heran jika masyarakat Palu seringkali membuat sambal ini dalam jumlah yang banyak sekaligus.

 

 

Proses Pembuatan Sambal yang Mudah dan Sederhana

Kelebihan terakhir dari sambal roa adalah memiliki cara pembuatan yang begitu mudah. Bahan bahan yang dibutuhkan yaitu: ikan roa, jahe, bawang putih, bawang merah, cabai rawit, daun jeruk, dan daun sereh. Goreng bahan-bahan tersebut di minyak panas dan haluskan di ulekan. Tambahkan bumbu seperti gula dan garam secukupnya.

Mungkin itu saja sedikit pembahasan yang bisa kami sampaikan terkait Sambal Roa Palu. Pastikan selalu menggunakan bahan-bahan yang masih segar, bersih dan alat-alat yang higienis, agar sambal roa yang dibuat lebih lezat, bergizi dan berdaya tahan tinggi.

Hashtag

Butuh Lokasi Untuk Membuka Usaha Kuliner?

  • Dijual Cepat, Sebuah Tempat Usaha Strategis di Banyumanik Semarang
    Banyumanik adalah nama sebuah kecamatan di Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Kecamatan Banyumanik Semarang terletak di daerah yang sering disebut sebagai kota atas Semarang. Wilayah Kecamatan Banyumanik berada di ketinggian rata-rata 300 meter di atas permukaan laut dengan suhu udara rata-rata 20-22 derajat Celcius Banyumanik merupakan daerah ekonomi baru…
    Read more...