idarzh-CNenhi

Inovasi Aneka Makanan Ringan, Memanfaatkan Duri Ikan Bandeng Untuk Membuat Kerupuk

Anda menyukai ikan bandeng? Nah, beruntung bagi Anda yang suka mengonsumsi ikan tawar tersebut. Pasalnya, ikan bandeng tidak hanya bisa disantap sebagai lauk dari dagingnya saja, tetapi juga dapat dijadikan olahan aneka makanan ringan kerupuk maupun keripik.

Bahkan Kementerian Kelautan dan Perikanan justru mengabarkan bila ikan bandeng memiliki potensi cukup besar untuk dijadikan usaha makanan ringan. Tidak hanya dari dari olahan dagingnya yang terasa lembut dan lezat, tetapi juga duri maupun limbah kotorannya.

Bagaimana mungkin duri dapat dimakan dan dijadikan cemilan? Mungkin Anda akan berpikir seperti itu. Akan tetapi, ternyata duri juga memiliki kurang lebih 164 kalsium dari semua total duri yang terdapat dalam ikan bandeng.

Duri yang berbentuk kecil-kecil tersebut dapat Anda olah menjadi keripik maupun kerupuk sebagai teman makan. Pencampuran bumbu yang tepat dapat menghasilkan citarasa tinggi di lidah. Bahkan, proses pembuatan yang mudah tentu membuka peluang begitu besar untuk bisnis Anda bila ingin menggelutinya.

 

Kandungan Ikan Bandeng

Menurut penelitian, ikan bandeng memiliki beragam kandungan tinggi yang dapat bermanfaat untuk kesehatan Anda. Di antaranya:

  • Kalsium sekitar 20 miligram
  • Fosfor sebesar 150 miligram
  • Natrium 67 miligram
  • Zat besi kurang lebih 2 miligram
  • Kalium sekitar 271,1 miligram
  • Vitamin A, Vitamin B1, Vitamin B2

Dari sekian banyak nutrisi yang bisa Anda dapatkan dari ikan bandeng, tentu ketika rajin mengonsumsi semua olahan ikan bandeng, maka asupan yang masuk dalam tubuh pun semakin bertambah. Gizi untuk diri akan semakin meningkat, terutama bagi anak-anak yang tengah dalam masa pertumbuhan.

Bahkan, bagi Anda yang ingin menghindari makanan berlemak, ikan bandeng masih dapat Anda konsumsi. Pasalnya hanya terdapat sekitar 20,3 gram lemak dan memiliki kurang lebih 17,1 gram serta 296 kalori energi yang dapat meningkatkan stamina tubuh.

 

Manfaat Ikan Bandeng

Dari tingginya nutrisi yang dimiliki ikan bandeng, baik dari daging hingga duri, ikan bandeng pun memiliki manfaat tersendiri. Di antaranya:

 

1.Menurunkan Kolesterol

Adanya Omega-3, DHA, dan EPA yang terkandung dalam ikan bandeng dapat membantu menurunkan kolesterol dalam tubuh Anda. Terlebih asupan lemak dalam ikan bandeng sangat cukup untuk tubuh. Jadi, bila Anda mengonsumsi secara rajin, maka kolesterol di dalam darah dapat terkontrol dan menguatkan kesehatan jantung.

 

2.Menyehatkan Ginjal

Ginjal apabila tidak rajin dibersihkan, maka limbah yang terdapat di dalam tubuh dari makanan yang Anda konsumsi dapat menumpuk dan menjadikannya sebagai batu yang menjadi penyebab suatu penyakit. Maka, ketika Anda rajin mengonsumsi ikan bandeng, kemungkinan untuk terjadinya penyakit dalam ginjal dapat dikurangi. Hal tersebut dikarenakan adanya vitamin B12 yang tersimpan di dalam ikan bandeng yang dapat membantu pembuangan limbah dan memperlancar proses ekskresi dalam tubuh.

 

3.Mencegah Depresi

EPA dan DHA memiliki manfaat untuk menurunkan risiko untuk Anda terkena depresi maupun penyakit saraf lainnya. Potasium dalam ikan bandeng juga dapat mengendurkan saraf dan otot yang tegang, sehingga dapat mengurangi tingkat stres dalam tubuh.

Nah, setelah mengetahui begitu banyak manfaat yang tersimpan dalam ikan bandeng, kini saatnya Anda untuk memulai langkah dengan menciptakan inovasi aneka makanan ringan dari ikan bandeng. Manfaatkan daging, duri, hingga siripnya untuk menjadi cemilan enak nan sehat bagi keluarga tercinta.

Butuh Lokasi Untuk Membuka Usaha Kuliner?

  • Dijual Cepat, Sebuah Tempat Usaha Strategis di Banyumanik Semarang
    Banyumanik adalah nama sebuah kecamatan di Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Kecamatan Banyumanik Semarang terletak di daerah yang sering disebut sebagai kota atas Semarang. Wilayah Kecamatan Banyumanik berada di ketinggian rata-rata 300 meter di atas permukaan laut dengan suhu udara rata-rata 20-22 derajat Celcius Banyumanik merupakan daerah ekonomi baru…
    Read more...