Kerupuk Jamur Jajanan Sehat Untuk Anak

Bingung mencari aneka snack sehat? Kerupuk jamur mungkin masih sangat asing di telinga kita, namun kerupuk yang terbuat dari berbagai jamur yang aman dikonsumsi itu rasanya tentu sudah tak asing di lidah. Hal itu bisa terjadi karena kerupuk jamur tak jauh berbeda dengan keripik jamur, dimana jamur akan diolah sedemikian rupa, dicampur dengan bahan-bahan tertentu dan digoreng garing hingga renyah.

Olahan jamur yang renyah dan gurih itulah yang menjadi salah satu dari aneka jajanan sehat untuk anak. Apa saja kandungan gizi yang terkandung di dalam jamur? Dalam 70 gram jamur, ada protein sebanyak 2,2 gram. Selain itu, ada juga vitamin B seperti Niacin, Riboflavin dan Asam Pantotenat.

Vitamin D, kalium, dan tembaga juga bisa ditemukan dalam jamur. Sehingga tak salah jika kita memasukkan jenis sayuran yang satu ini untuk asupan makanan sehat untuk anak.

 

Sejarah Kerupuk Di Indonesia

Termasuk ke dalam aneka snack yang sehat, kerupuk jamur tiram mengandung zat-zat yang berguna bagi tubuh seperti zat antioksidan yang lebih banyak empat kali lipat dibandingkan dengan daging. Lantas bagaimana sebenarnya sejarah kerupuk dari Indonesia yang satu ini?

Sejak zaman dahulu kala, bangsa Indonesia tak asing dengan kerupuk, hanya saja saat itu kerupuk dibuat dari kulit sapi atau kerbau, atau kerupuk dari tepung tapioka, gilingan ikan dan dikeringkan kemudian disangrai menggunakan pasir untuk mematangkannya. Tak hanya disangrai, kerupuk yang jadi pelengkap makan ini juga digoreng sehingga lebih renyah dan krispi.

Setelah digoreng dan sisa minyaknya sudah tiris maka kerupuk harus disimpan di dalam toples yang kedap udara, maksudnya supaya kerupuk tidak melempem dan tetap layak dikonsumsi sampai dua minggu lebih.

Kerupuk dikenal masyarakat di Pulau Jawa pada abad ke-9 atau abad ke 10 Masehi, tertulis di dalam Prasasti Batu Pura dan di dalamnya tetulis kerupuk rambak (kulit sapi atau kerbau bagian dalam, yang diiris tipis, dijemur lalu digoreng atau disangrai sampai mengembang dan renyah).

Kerupuk tersebut kemudian menyebar hingga wilayah pesisir Kalimantan dan Sumatra, bahkan hingga Semenanjung Melayu. Disana aneka biota laut yang lezat seperti udang dan ikan pun dijadikan kerupuk. Saat era kolonial Belanda pun, kerupuk menjadi salah satu dari berbagai snack sehat yang harus mereka konsumsi sebagai pelengkap untuk kuliner khas Indonesia yang biasa disantap.

 

Macam-Macam Jamur Yang Cocok Dijadikan Aneka Snack Yang Sehat

Seperti yang kita ketahui, ada banyak jenis jamur yang biasa kita lihat dan terdiri dari jamur yang aman dikonsumsi, serta jamur yang beracun atau tak aman untuk dikonsumsi. Berikut adalah jenis jamur yang cocok diolah dan dijadikan aneka snack sehat.

  • Jamur tiram. Jamur yang berwarna putih dan bentuknya seperti cangkang tiram ini mampu tingkatkan kekebalan tubuh, serta mencegah anemia pada anak dan dewasa.
  • Jamur kancing. Jamur dengan bentuk bulat seperti kancing ini dikembangbiakkan di Perancis sejak abad ke 19, kemudian menyebar ke seluruh dunia. Jamur ini mencegah anemia dan meningkatkan kekebalan tubuh.
  • Jamur shitake. Jenis jamur yang populer di Korea, Jepang dan Tiongkok. Jamur yang mampu melancarkan peredaran darah, mencegah penuaan diri dan juga meningkatkan energi kita. Sangat cocok diolah jadi aneka snack lezat anak.

Ayo coba kerupuk jamur dan dapatkan khasiatnya sekarang juga!

Kuliner Bogor Paling Favorit

Ragam Kuliner Nusantara

  • Mento dan Sarkoyo, Altenatif Takjil Khas Madura yang Unik Rasanya Mento dan Sarkoyo, Altenatif Takjil Khas Madura yang Unik Rasanya
    Kekayaan kuliner Nusatara memang luar biasa banyaknya. Setiap menu yang dimiliki di setiap daerah pun memiliki keunikan rasa dan packaging. Salah satunya adalah olahan-olahan khas Madura. Tenar dengan sate ayamnya, nyatanya pulau yang berada di bagian timur laut Jawa itu memiliki banyak panganan lain yang tak kalah menggugah selera.
    Read more...

Kuliner Pendamping

FoodMania

Penawaran

  • Dijual Cepat, Sebuah Tempat Usaha Strategis di Banyumanik Semarang Dijual Cepat, Sebuah Tempat Usaha Strategis di Banyumanik Semarang
    Banyumanik adalah nama sebuah kecamatan di Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Kecamatan Banyumanik Semarang terletak di daerah yang sering disebut sebagai kota atas Semarang. Wilayah Kecamatan Banyumanik berada di ketinggian rata-rata 300 meter di atas permukaan laut dengan suhu udara rata-rata 20-22 derajat Celcius Banyumanik merupakan daerah ekonomi baru…
    Read more...