idarzh-CNnlenms

Kerupuk Palembang, Makanan Pendamping Yang Bikin Nagih

Kerupuk adalah jenis makanan yang menyebar ke berbagai daerah seperti di pesisir Kalimantan, Sumatera sampai dengan Semenanjung Melayu. Masyarakat melayu yang memiliki kekayaan laut seperti ikan dan udang kemudian membuat kerupuk dengan bahan baku tersebut. Setelah sekian lama, makanan ini mulai disukai oleh orang-orang di mancanegara, utamanya sejak zaman kolonialisme Hindia Belanda.

Bahkan kerupuk juga sudah dianggap sebagai pelengkap yang wajib ada pada makanan tradisional terutama kuliner Nusantara yang mereka makan. Walaupun mulanya kerupuk tersebut dianggap sebagai pelengkap, tetapi perlahan kerupuk tersebut mendapatkan tempat sendiri di hati orang-orang Eropa.

Bagi orang-orang mancanegara, aneka snack kerupuk sudah menjadi suatu hal yang melekat serta menarik minat mereka sebab kerupuk tersebut telah dianggap sebagai identitas kuliner Indies atau Hindia Belanda. Bahan dasar kerupuk ada berbagai macam mulai dari kulit, tepung kanji atau tepung singkong, tepung terigu, daging, udang dan juga ikan.

Sedangkan untuk jenisnya juga ada berbagai macam tergantung dari bahan pembuatannya, misalnya seperti kerupuk udang atau juga kerupuk ikan. Untuk nama dagang kerupuk juga diambil dari bahan tambahan misalnya seperti kerupuk udang, kerupuk ikan dan lain sebagainya. Bukan hanya itu saja, nama kerupuk juga diambil dari tempat buatannya seperti kerupuk Malang, kerupuk sukorejo atau juga kerupuk palembang.

 

 

KERUPUK PALEMBANG

Sekali mencium aroma dan melihat bentuknya, tentunya tahu orang sudah mengetahui bahwa kerupuk tersebut adalah kerupuk Palembang. Kerupuk Palembang memang sudah terkenal sebagai makanan yang rasanya yang gurih tiada duanya. Kerupuk palembang tersebut memiliki bentuk, cara memasak dan juga aroma masing-masing. Sedangkan cara penyajiannya ada dua yakni digoreng dan dibakar. Berikut ini adalah beberapa jenis kerupuk Palembang.

 

 

KEMPLANG BAKAR

Namanya diambil sebagaimana cara pembuatannya. Cara pembuatan kerupuk kemplang yaitu dengan dipukul yang bertujuan untuk meratakan adonan. Awalnya, dibuat dari bahan dasar makanan ini adalah ikan belida serta tepung tapioka. Akan tetapi, saat ini ikan belida sudah sulit untuk didapatkan sehingga kemplang tersebut dibuat menggunakan ikan tenggiri. Kerupuk kemplang biasanya dinikmati dengan sambal khusus.

 

 

KEMPLANG KANCING

Jenis kerupuk Palembang yang selanjutnya yaitu kemplang kancing. Dinamakan kerupuk kemplang kancing karena bentuknya yang lebih kecil mirip kancing, dibandingkan dengan kerupuk kemplang pada umumnya. rasa makanan ini juga tidak kalah gurih dan memiliki tekstur yang renyah. Cara pembuatan kemplang kancing tersebut yaitu dengan cara digoreng. Sedangkan bahan pembuatan kerupuk kemplang kancing tersebut adalah ikan tenggiri, ikan belida serta ikan gabus.

 

 

KERUPUK KERITING

Kerupuk Palembang bukan hanya berbentuk bulat saja, namun juga yang memiliki bentuk bundar keriting. Kerupuk berbentuk bundar keriting tersebut mempunyai banyak nama di antaranya yaitu keriting, acak, mawar serta sanggul. Sebagaimana umumnya kerupuk palembang, kerupuk keriting tersebut juga dibuat dari bahan dasar ikan. Cara membuat makanan ini dengan memakai mesin yang memiliki lubang kecil-kecil untuk mengalirkan adonan kerupuk yang bentuknya masih cair hingga terbentuk pola seperti rambut keriting.

 

 

Pilus

Pilus merupakan salah satu makanan ringan yang memiliki bentuk kecil dan bulat. Pilus tersebut saat dimakan memang terasa  sangat renyah dan gurih. Pilus cocok sebagai pendamping makan nasi.

 

Nah, itulah info singkat tentang berbagai macam kerupuk Palembang dengan rasanya yang gurih dan bikin ketagihan.

Hashtag

Butuh Lokasi Untuk Menjual Jajanan?

  • Dijual Cepat, Sebuah Tempat Usaha Strategis di Banyumanik Semarang
    Banyumanik adalah nama sebuah kecamatan di Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Kecamatan Banyumanik Semarang terletak di daerah yang sering disebut sebagai kota atas Semarang. Wilayah Kecamatan Banyumanik berada di ketinggian rata-rata 300 meter di atas permukaan laut dengan suhu udara rata-rata 20-22 derajat Celcius Banyumanik merupakan daerah ekonomi baru…
    Read more...