Loading...
iden

Legenda Makanan Era Tahun 80an Yang Tetap Eksis, NASI UDUK Bansus Empang

Selalu ada yang istimewa dari aktivitas wisata kuliner Bogor. Anda dijamin tidak akan mengalami kekecewaan jika berkunjung ke Kota Hujan ini. Sebaliknya, berbagai makanan khas nan lezat akan menjamu Anda, dan nikmatilah sensasi menjelajahi setiap panganan di kota ini. Jika sedang mencari nasi uduk terdekat dari Mal BTM Bogor, silahkan mencoba Nasi Uduk Bansus Empang. Namun jangan khawatir, nasi uduk ini sama sekali tidak berbau empang dan tidak beraroma menyengat. Nasduk Bansus ini justru sangat diminati sejak dahulu kala.

Nasduk Bansus ini sangat diminati sejak dahulu kala. Salah satu makanan enak di Bogor ini memang lebih dikenal sebagai Nasi Uduk Bansus Empang, namun nama itu hanyalah dicatut dari lokasi tempat penjual nasi uduk ini berada. Empang merupakan salah satu wilayah di Jl.Pahlawan, Bogor, yang sudah terkenal dengan kelezatan nasi uduk dan bandrek susunya.

Saking lezatnya, nasi uduk terdekat dari Mal BTM Bogor yang awalnya dijajakan di gerobak dorong ini berhasil naik pamor dan membuat semua orang penasaran. Nasi uduk Bansus hadir seperti nasi uduk pada umumnya. Nasinya menggunakan beras putih layaknya nasi uduk Betawi lainnya, namun rasa gurihnya begitu melekat di lidah, sehingga banyak orang rela mengantre demi mendapatkan nasi uduk ini.

Dijual dengan berbagai lauk-pauk, nasi uduk ini hadir dengan sedikit keunikan. Lauk-pauk yang disajikan di tempat ini telah tertata rapi di dalam wadah-wadah tembus pandang. Bahkan, lauk-pauk tersebut ditempatkan dengan kondisi tertutup rapi dengan plastik.  Pengunjung dapat dengan mudah memilih lauk mana yang mereka inginkan dan langsung mengambilnya di atas meja.

Tak heran, orang akan berebutan mengambil lauk kegemaran mereka agar tidak kehabisan. Aneka lauk seperti bihun goreng, ayam, paru goreng, sate telur puyuh, tempe orek, hingga semur jengkol dapat disantap langsung oleh pengunjung di tempat ini. Jangan lupa juga untuk menambahkan sambal kacangnya yang gurih.

Racikan sambal dengan  kacang yang tercacah acak akan mengeluarkan sensasi tersendiri di mulut Anda. Selain itu, pastikan Anda juga menyantap nasi uduk ini dengan kerupuk kaleng yang kriuk dan gurih. Jika sudah tahu makanan apa yang akan diambilnya, pengunjung tak lantas menyantap nasi uduk tersebut. Mereka pun biasanya akan memesan salah satu minuman khas di tempat ini.

Bansus alias bandrek susu adalah minuman terlaris di Nasi Uduk Bansus Bogor. Minuman ini terbuat dari aneka rempah seperti merica, serai, jahe, gula merah, susu dan sebagainya. Kandungan rempah di dalam minuman ini sontak akan membuat tubuh menjadi hangat di tengah dinginnya cuaca kota Bogor. Kenikmatan dan kehangatan yang ditawarkan oleh Nasi Uduk Bansus sungguh melekat di hati dan pikiran para penggemarnya. 

Itulah mengapa nasi uduk terdekat dari Mal BTM yang sudah dikenal sejak 1980-an ini tetap dicari dan diidolakan. Tiga tahun silam penjual Nasi Uduk Bansus memutuskan untuk meninggalkan gerobak dorong yang membuat kuliner bogor ini dikenal seantero kota. Kini Nasi Uduk Bansus ‘bedol desa’ ke sebuah rumah dengan tampilan khas Betawi.

Kursi-kursi kayu mendominasi tampilan rumah makan Nasi Uduk Bansus yang baru. Namun jangan khawatir, menu makanan yang disajikan tetaplah sama. Rasa bandrek susu yang fenomenal tersebut juga masih sama. Hangat dan rempah yang dicampur di dalamnya tetap membuat pelanggannya jatuh hati pada kuliner ini.

Penasaran? Ayo segera kemasi tas Anda dan berwisatalah ke kota Bogor. Tidak hanya nasi uduk, ada beragam makanan  khas dan nikmat lainnya yang bisa Anda cicipi di kota hujan ini.

Makanan Khas Nusantara

SEBLAK, Makanan Halal yang Kini Menjelma Menjadi Jajanan Sejuta Umat

Sebelum menuai popularitas sebagai makanan halal yang paling digandrungi, rupanya perkembangan kuliner seblak telah melalui serangkaian perjalanan panjang sebelum akhirnya mulai dikenal. Boleh dibilang, saat ini nyaris seluruh orang Indonesia mengenal jajanan yang identik dengan rasa pedasnya ini. Apabila meruntut dari asal muasalnya sendiri, jajanan ini mirip dengan penganan kerupuk godog asal Sumpiuh, Jawa Tengah yang diperkirakan sudah ada sejak tahun 1940-an.

Bisnis Makanan

Bendungan Hilir, Surga MAKANAN di Kawasan Jakarta Pusat

Ada fenomena yang berbeda setiap tahunnya di wilayah Bendungan Hilir, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Jelang bulan Ramadhan, sejumlah pasar kaget akan mulai bermunculan dan memenuhi jalanan di tempat ini untuk menjual berbagai jajan sehat. Tak pelak, kegiatan pasar kaget ini membuat kondisi jalanan di sekitarnya menjadi sangat macet jelang berbuka. Keberadaan surga makanan takjil di Bendungan Hilir atau yang kerap disingkat Benhil oleh kebanyakan orang ini memang sudah sangat terkenal di kalangan…

English Articles

Bicycle Spokes Become The Main Tool to Process This Food

When you visit every city, you must east every delicacy they have to offer there including Jogjakarta. This city is the most visited city in Indonesia since there are so many tourism spots including the delicacies they offer. One of them is Satay Klatak. Nasi gudeg is another typical food you need to taste but it is quite common so you need to taste another kind of delicacy there and Satay Klatak is the best to know the history behind this famous grilled satay in Jogja.