idarzh-CNnlenms

Lezatnya Sambal Korek Asli yang Melegenda di Nusantara

Sambal korek asli adalah sambal yang sudah sangat terkenal di Indonesia. Mau makan dengan ayam goreng ataupun bebek goreng, pasti yang dicari adalah sambal ini. Kelezatannya memang sangat cocok sebagai pendamping kuliner jenis goreng-gorengan, tak heran sambal ini  menjadi primadona dan disukai oleh  berbagai generasi. Bahkan bisa mengalahkan sambal jenis lain yang jauh lebih rumit untuk mengolahnya.

Berikut adalah bahan-bahan untuk membuat sambal korek asli:

Siapkan : 10 cabai rawit merah, 1 siung bawang putih, 3 siung bawang merah, ½ sendok teh garam dan minyak goreng secukupnya.

Bahannya relatif mudah didapatkan, jadi bisa buat secara mendadak. Untuk langkah-langkah pembuatannya adalah sebagai berikut:

  1. Kupas bawang merah dan putihnya dan iris untuk mempermudah proses penghalusan menggunakan ulekan.
  2. Haluskan cabai rawit, bawang merah, bawang putih dan garam secukupnya
  3. Panaskan minyak goreng, kemudian tuangkan kedalam ulekan yang berisi sambal yang sudah dihaluskan, lalu aduk hingga merata.
  4. Sambal siap untuk disajikan

 

Rahasia Agar Sambal Korek Asli Bisa Enak

Pastikan semua bahan, terutama bawang merah harus porsinya pas, boleh lebih tapi tidak boleh kurang karena akan mengurangi aroma sambalnya. Pada saat menghaluskan sambal, jangan memakai blender, usahakan dengan cara manual yaitu dengan ulekan. Dan minyak yang dituangkan harus benar-benar panas, karena kematangan minyak juga mempengaruhi tekstur sambalnya.

 

Perbedaan Sambal Korek Asli dan Sambal Bawang

Kebanyakan orang bilang bahwa sambal ini dengan bawang itu sama. Padahal ada perbedaan diantara kedua sambal tersebut, yaitu jauh lebih banyak sambal bawang daripada sambal korek.  Tidak hanya itu, korek adalah sambal mentah karena tidak melalui proses penumisan, sementara untuk sambal bawang itu matang dan harus ditumis terlebih dahulu. Itu sebabnya sambal bawang bisa bertahan lebih lama bila dibandingkan dengan sambal korek.