Nikmat dan Sedapnya Bila Makan dengan Sambal Petai

Sambal petai adalah sambal yang dicampur dengan petai. Pasti bagi orang Indonesia tidak asing bukan, dengan yang namanya petai?

Salah satu jenis buah yang memiliki bau yang cukup menyengat setelah kita makan. Tidak hanya di mulut saja, setelah kita makan petai, buang air kecil kita juga akan berbau petai. Jadi, banyak juga orang yang kurang menyukainya.

Namun, meski memiliki bau yang cukup menyengat, petai adalah makanan favorit untuk warga Indonesia. Ada banyak makanan yang bisa dicampur dengan petai. Salah satunya sambal petai ini. Sudah rasanya pedas, aroma dan rasa dari petai sendiri sungguh menggugah selera makan Anda. Sangat cocok bila dimakan siang-siang dengan nasi panas dan aneka sayur lainnya.

Anda mungkin akan rugi bila tidak mencicipi sambal petai ini. Untuk membuatnya cukup mudah, bahan tidak sulit untuk dicari. Sehingga Anda langsung bisa membuatnya tanpa harus ribet ke sana ke mari.

Resep Membuat Sambal Petai

Jika ingin membuat sambal petai, ada baiknya Anda menghiraukan dulu bau yang ada dalam buah unik ini. Yang terpenting, setelah matang dan siap dihidangkan, sambal ini akan terasa lezat dan tentunya akan membuat Anda ketagihan.

Untuk waktu pembuatannya, tentu saja tidak memakan waktu yang lama, jadi tidak mengganggu waktu Anda yang lain.

Untuk bahan yang perlu Anda kumpulkan adalah sebagai berikut :

  • 2 ruas petai                                                                           
  • ½ buah tomat
  • 4 buah cabai rawit merah                                                    
  • 1 buah terasi yang sudah dibakar
  • 5 buah cabai merah besar keriting                                      
  • garam dan lada secukupnya
  • 5 siung bawang merah                                                         
  • gula merah secukupnya
  • 2 siung bawang putih                                                                       
  • 1 lembar daun jeruk

Setelah Anda sudah mengumpulkan semua bahannya, Anda tinggal membuatnya dengan cara dan langkah seperti berikut :

  1. Haluskan bawang merah, bawang putih, cabai rawit, cabai besar, tomat, garam dan lada menggunakan ulekan hingga benar-benar halus.
  2. Panaskan bumbu halus tersebut dengan minyak panas dan tambahkan gula merah, lada, terasi dan juga daun jeruk.
  3. Masukkan petai yang telah dikupas bersih lalu aduk hingga merata.
  4. Sambal siap untuk disajikan.

Setelah melihat cara-caranya, tentu tidak sulit untuk membuatnya. Anda pun bisa segera mempraktikkannya di rumah.

Cara Menghilangkan Bau Petai

Setelah makan sambal petai pastinya akan ada bau yang membekas di mulut Anda, bukan? Dan dengan bau tersebut, kita bisa merasa kurang nyaman dan tidak percaya diri bila ingin berbicara dengan orang lain. Berikut ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan bau petai:

  • Pertama, Anda bisa menggunakan garam dengan mencampurkannya ke dalam air lalu berkumur.
  • Kedua, Anda bisa minum kopi hitam yang kental.
  • Ketiga, menggunakan teh tawar yang kental.
  • Keempat, minum soda.
  • Dan yang kelima, Anda bisa mengunyah beras.

3 Fakta Tentang Petai yang Belum Diketahui

Dibalik baunya yang menyengat, ada fakta yang dimiliki petai. Pertama, banyak yang bilang jika petai adalah sayur. Padahal petai ini masuk ke dalam buah-buahan. Fakta yang kedua, petai mampu menghilangkan stres. Kandungan triptofan ternyata bisa menenangkan orang yang stres bahkan depresi.

Kemudian untuk fakta yang ketiga, petai mampu mengubah mood pada wanita yang sedang PMS. Kandungan B6 ternyata mampu mengatur kadar gula, sehingga mampu mengubah mood seorang wanita yang sedang PMS. Mengesampingkan baunya, rasa lezat bila dibuat sambal petai, dari fakta tersebut kita tahu bahwa petai sangat bermanfaat untuk tubuh manusia.

Kuliner Bogor Paling Favorit

Ragam Kuliner Nusantara

  • Mento dan Sarkoyo, Altenatif Takjil Khas Madura yang Unik Rasanya Mento dan Sarkoyo, Altenatif Takjil Khas Madura yang Unik Rasanya
    Kekayaan kuliner Nusatara memang luar biasa banyaknya. Setiap menu yang dimiliki di setiap daerah pun memiliki keunikan rasa dan packaging. Salah satunya adalah olahan-olahan khas Madura. Tenar dengan sate ayamnya, nyatanya pulau yang berada di bagian timur laut Jawa itu memiliki banyak panganan lain yang tak kalah menggugah selera.
    Read more...

Kuliner Pendamping

FoodMania

Penawaran

  • Dijual Cepat, Sebuah Tempat Usaha Strategis di Banyumanik Semarang Dijual Cepat, Sebuah Tempat Usaha Strategis di Banyumanik Semarang
    Banyumanik adalah nama sebuah kecamatan di Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Kecamatan Banyumanik Semarang terletak di daerah yang sering disebut sebagai kota atas Semarang. Wilayah Kecamatan Banyumanik berada di ketinggian rata-rata 300 meter di atas permukaan laut dengan suhu udara rata-rata 20-22 derajat Celcius Banyumanik merupakan daerah ekonomi baru…
    Read more...