Olahan Unik Spesial Sambal Sotong Khas Pontianak

Anda pernah berkunjung ke Pontianak? Bila sudah jangan sampai melewatkan kulinernya yang luar biasa lezat, misalnya mie tiaw yang lembut, juga sotong pangkong yang unik.

Hidangan yang terbuat dari cumi-cumi atau sotong ini lezat disantap dengan sambel kacang pedas. Selain sotong pangkong, Pontionak juga memiliki kuliner tradisional sambal sotong lezat yang akan diulas cara membuatnya di bawah ini.

 

Resep Sambal Sotong

Bila ingin membuat olahan sambal yang belum pernah Anda coba sebelumnya, cobalah resep berikut ini:

Bahan-bahan:

  1. 350 gram sotong atau cumi-cumi dicuci bersih dan dipotong-potong melingkar
  2. 100 ml air
  3. 2 helai daun salam
  4. 2 sdt air asam jawa
  5. Minyak goreng secukupnya
  6. ½ sdt penyedap rasa
  7. ¾ sdt garam
  8. ¼ sdt merica
  9. 1 sdt gula halus
  10. 2 siung bawang putih
  11. 2 siung bawang merah
  12. 2 buah cabai merah
  13. 10 buah cabai rawit
  14. 1 butir kemiri

 

Cara membuat:

  1. Panaskan minyak goreng dan masak sotong setengah matang lalu ditiriskan
  2. Sementara sotong ditiriskan, haluskan bumbu nomor 6 sampai 14.
  3. Cara membuat sambal sotong ini bumbu yang sudah dihaluskan ditumis hingga mengeluarkan aroma harum kemudian tambahkan daun salam.
  4. Tambahkan air secukupnya serta tambahkan air asam jawa
  5. Potongan sotong atau cumi dimasukkan dan diaduk-aduk sampai bumbu terserap ke dalam daging sotong.
  6. Masak sampai matang dan olahan sambal sotong siap disajikan. Anda bisa mengonsumsi olahan sambal sotong ini dengan nasi putih saja atau ditambah dengan lauk pauk lain sesuai selera.

 

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, ada kuliner tradisional Pontianak yang terbuat dari sotong, yaitu sotong pangkong yang tak ada salahnya juga Anda ketahui. Makanan ini terbuat dari cumi atau sotong kering yang digoreng sampai kering kemudian dipukul-pukul dengan palu sampai menipis atau gepeng.

Konon dengan cara mengolah yang unik ini rasa sotong pangkong akan semakin gurih. Sotong pun siap dinikmati dengan dicocolkan dengan sambal kacang yang encer.

Spesial sambal untuk mengonsumsi sotong pangkong ini terdiri dari dua jenis, yaitu yang bercitarasa kacang biasa dan asam manis. Sambal kacang ini dibuat dari kacang yang dihaluskan ditambah ebi kering serta asam cuka.

Tak hanya dicocol, Anda juga bisa mengonsumsi sotong pangkong yang dibaluri sambal kemudian digoreng. Olahan yang satu ini sangat cocok bagi penikmat kuliner pedas karena sambal pedas akan langsung terserap pada daging sotong. Pemerintah Kota Pontianak juga pernah mengusulkan kuliner tradisional tersebut sebagai warisan non benda di tanah air.

Sotong pangkong ini juga tergolong kuliner khas bulan Ramadan sehingga Anda akan menemui lebih banyak penjualnya pada bulan suci ini. Sementara pada bulan-bulan lainnya hanya ada 1 – 2 saja penjual sotong pangkong. Anda bisa berburu hidangan ini di sepanjang jalan Merdeka Pontianak yang buka sejak sore hari hingga malam. Kisaran harganya pun cukup beragam, yaitu 10 ribu rupiah hingga 60 ribu rupiah tergantung besar kecilnya olahan cumi atau sotong.

Salah satu varian sambal dari aneka sambal di nusantara ini juga cocok disantap sebagai teman makan nasi lemak. Yang dimaksud nasi lemak adalah salah satu jenis nasi gurih yang diolah dengan cara diliwet dan dengan lauk pendamping rendang, telur balado, dan sambal teri kacang.

Kuliner Bogor Paling Favorit

Ragam Kuliner Nusantara

  • Mento dan Sarkoyo, Altenatif Takjil Khas Madura yang Unik Rasanya Mento dan Sarkoyo, Altenatif Takjil Khas Madura yang Unik Rasanya
    Kekayaan kuliner Nusatara memang luar biasa banyaknya. Setiap menu yang dimiliki di setiap daerah pun memiliki keunikan rasa dan packaging. Salah satunya adalah olahan-olahan khas Madura. Tenar dengan sate ayamnya, nyatanya pulau yang berada di bagian timur laut Jawa itu memiliki banyak panganan lain yang tak kalah menggugah selera.
    Read more...

Kuliner Pendamping

FoodMania

Penawaran

  • Dijual Cepat, Sebuah Tempat Usaha Strategis di Banyumanik Semarang Dijual Cepat, Sebuah Tempat Usaha Strategis di Banyumanik Semarang
    Banyumanik adalah nama sebuah kecamatan di Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Kecamatan Banyumanik Semarang terletak di daerah yang sering disebut sebagai kota atas Semarang. Wilayah Kecamatan Banyumanik berada di ketinggian rata-rata 300 meter di atas permukaan laut dengan suhu udara rata-rata 20-22 derajat Celcius Banyumanik merupakan daerah ekonomi baru…
    Read more...