idarzh-CNnlenms

Patut Mencoba Bisnis Aneka Makanan Ringan Kerupuk Telur Ikan Mujair

Kerupuk sudah menjadi kegemaran orang untuk lauk pendamping ketika makan. Harga ekonomis dapat membantu Anda dalam menghemat keuangan keluarga.

Terlebih, Anda pun dapat membuat kerupuk sendiri. Baik dari bahan tepung yang paling digunakan, atau kerupuk ikan yang jarang tetapi memiliki rasa nikmat di lidah.

Nah, salah satu kerupuk ikan yang jarang ditemui di pasaran ialah aneka makanan ringan kerupuk telur ikan mujair. Ikan yang umumnya dijadikan lauk biasa, kini diubah menjadi camilan ringan sebagai teman makan maupun teman perjalanan.

Kelangkaan tersebut dapat Anda jadikan sebagai peluang bisnis, mengingat jutaan masyarakat Indonesia merupakan penikmat kerupuk. Lahannya pun cukup banyak. Biaya pembuatan yang dibutuhkan pun tidak terlalu tinggi, mengingat bahan sangat mudah didapatkan di lingkungan sekitar.

 

Keuntungan Berbisnis Kerupuk Telur Ikan Mujair

Adapun keuntungan dalam berbisnis kerupuk telur ikan mujair ialah:

 

1.Omzet tinggi, modal ringan

Proses pembuatan kerupuk ikan yang begitu mudah, tentu akan membutuhkan modal yang tidak terlalu tinggi. Terlebih ikan mujair dapat Anda budidayakan sendiri dengan hanya membeli benih beberapa ekor. Lantas, setelah beberapa waktu, ikan hasil budidaya tersebut dapat menjadi bahan baku untuk kerupuk ikan tersebut.

Selain itu, pengolahannya relatif mudah. Dalam satu kali olah, Anda dapat menghasilkan jumlah kerupuk yang begitu banyak. Bahkan, untuk mengeringkan, tidak diperlukan alat khusus. Cukup memanfaatkan sinar mentari yang begitu melimpah dan menjamin cepat keringnya. Sehingga memudahkan Anda dalam proses penjualan.

Pembuatan mudah, tentu modal yang dibutuhkan pun cukup ringan. Akan tetapi, omzet yang bisa Anda peroleh dapat berkali lipat. Bahkan, salah seorang penjual kerupuk ikan mujair di Banjarnegara dapat memperoleh pendapatan hingga 5 juta per bulan. Tiap bungkus per kilogramnya dapat dijual dengan harga sekitar 75 ribu rupiah.

 

2.Konsumen dalam jumlah banyak

Kerupuk merupakan identitas bagi Indonesia. Tanpa kerupuk, makanan terasa hambar. Bahkan seakan ada yang kurang bila Anda makan nasi tanpa adanya kerupuk. Maka, peluang mendapatkan konsumen begitu besar. Mengingat hampir semua masyarakat Indonesia dari Sabang hingga Merauke merupakan pencinta kerupuk, baik kerupuk biasa maupun kerupuk ikan mujair.

Bahkan, kerupuk kini tidak hanya dikenal di Indonesia. Banyaknya warga Indonesia yang melanjutkan pendidikan atau bekerja di negara luar, tentu mereka juga membutuhkan camilan ringan ini untuk menjadi obat rindu dengan tanah air. Nah, peluang untuk Anda semakin besar, bukan?

 

3.Peluang memperluas usaha lebih besar

Keuntungan selanjutnya ketika Anda berbisnis kerupuk telur ikan mujair, peluang untuk memperluas usaha lebih besar. Bahkan, terhitung lebih cepat daripada bisnis kuliner lainnya. Mengingat kerupuk merupakan salah satu makanan ringan yang dapat bertahan lama, sehingga mau dikirim ke mana saja tidak akan menjadi masalah.

Dalam pembuatan pun tidak diperlukan adanya tenaga ahli khusus, sehingga Anda dapat mempekerjakan siapa saja dalam pemasaran dan produksi. Anda hanya perlu mengajarkan resep pembuatan di awal-awal, selanjutnya cukup memantau jarak jauh. Dalam pengiriman pun tidak membutuhkan pengamanan yang membuat mahal biaya kirim.

Murah, ekonomis. Itulah yang dicari banyak orang ketika membeli cemilan. Maka, manfaatkan itu. Coba berbisnislah aneka makanan ringan kerupuk telur ikan mujair dan rasakan keuntungan besarnya.

 

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.