idarzh-CNenhi

Resep Sambal Bawang Merah Yang Mudah, Praktis dan Nampol Pedasnya

Sebagai orang Indonesia, tak dipungkiri lagi bahwa lidah kita sudah terbiasa dengan citarasa yang kuat dan pedas. Maka tak heran apabila banyak orang Indonesia suka dengan salah satu kuliner praktis yaitu sambel. Nah, apakah anda salah satunya? Sambal ini memang menjadi primadona karena banyak sekali jenisnya, mudah dibuat, dan bisa divariasikan dengan aneka lauk pauk. Makan dengan nasi hangat saja pun sudah membuat ketagihan.

Ada salah satu sambal yang menjadi primadona banyak orang yakni sambal bawang merah. Sambal ini terbuat dari bahan bahan yang sederhana namun memiliki citarasa yang sedap. Biasanya sambal ini sering dimakan bersama dengan ayam goreng, bebek goreng, tahu tempe, hingga telur. Penasaran tentang bagaimana cara membuat sambal ini? Ini dia resep mudah membuat sambal bawang yang enak dan pedasnya bikin ketagihan.

 

 

Resep Sambal Bawang Merah Enak

Sebelum membuat sambal bawang merah, ada beberapa bahan yang sebaiknya anda persiapkan dahulu. Namun tenang karena semua bahan ini sangat mudah ditemukan di dapur dan bisa dengan mudah dibeli di tukang sayur keliling, pasar, atau bahkan di supermarket. Berikut ini bahan bahan yang harus anda siapkan:

  • 10 biji cabe rawit merah
  • 2 siung bawang putih
  • 3 siung bawang merah
  • Penyedap rasa dan Garam secukupnya
  • 1 sendok makan (sdm) gula pasir atau sesuai dengan keinginan
  • 2 sdm minyak sayur / Minyak goreng biasa

 

Apabila semua bahan sudah tersedia, maka kini kita siap untuk eksekusi atau langsung membuat sambal bawang merah yang nikmat ini. Berikut ini adalah cara atau langkah membuat sambel bawang:

  1. Siapkan ulekan yang akan digunakan, kemudian haluskan beberapa bahan seperti cabe rawit merah, bawang putih, dan juga bawang merah. Anda bisa mengatur sendiri tinggat kehalusannya karena ada beberapa orang yang menyukai sambel halus, dan ada beberapa yang menyukai sambal yang masih agak kasar.
  2. Di tengah tengah proses menghaluskan, tambahkan garam, penyedap rasa, dan gula pasir ke dalam sambal, kemudian ulek atau haluskan lagi hingga merata.
  3. Kemudian, panaskan minyak sayur atau minyak goreng biasa di atas wajan
  4. Apabila minyak telah panas, langsung siramkan ke atas sambal bawang lalu campur kembali atau aduk aduk sambel hingga minyak merata

Pastikan bahwa minyak yang anda siramkan keatas sambal bawang merah benar benar panas ya? karena ini merupakan salah satu kunci atau cara untuk membuat sambal bawang yang sangat nikmat. Minyak ini akan memunculkan rasa yang enak dan membuat aroma sambel menjadi lebih harum. Bagaimana, mudah bukan cara membuatnya? Anda bisa langsung mempraktekkannya sendiri di rumah untuk menu makan siang atau makan malam nanti.

 

 

Lauk apa yang cocok disantap dengan sambal bawang merah ini?

Sebenarnya tentu tergantung selera. Namun, apabila ditanya tentang lauk apa saja yang cocok disantap dengan sambal bawang merah tentunya adalah ikan goreng, ayam goreng, bebek goreng, tahu tempe, ikan asin, hingga pete. Bahkan special sambal ini juga cocok dimakan bersama dengan olahan sayuran seperti oseng oseng kangkung, sapi putih, dan lain sebagainya.

Apabila ingin, anda juga bisa membuat variasi untuk sambal bawang ini agar menghasilkan cita rasa yang berbeda. Namun apabila anda tak memiliki waktu untuk membuat variasinya, sambel bawang original pun sudah sangat enak disantap.

Selamat mencoba!

Butuh Lokasi Untuk Membuka Usaha Kuliner?

  • Dijual Cepat, Sebuah Tempat Usaha Strategis di Banyumanik Semarang
    Banyumanik adalah nama sebuah kecamatan di Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Kecamatan Banyumanik Semarang terletak di daerah yang sering disebut sebagai kota atas Semarang. Wilayah Kecamatan Banyumanik berada di ketinggian rata-rata 300 meter di atas permukaan laut dengan suhu udara rata-rata 20-22 derajat Celcius Banyumanik merupakan daerah ekonomi baru…
    Read more...