idarzh-CNnlenms

Lezatnya Sambel Dadak Khas Restoran Sunda

Bagi anda yang suka dengan citarasa pedas, pasti anda sudah tak asing lagi dengan aneka sambal yang ada di Indonesia. Namun, bagaimana dengan sambal dadak ala Restoran Sunda? Apakah anda pernah mendengar nama sambel ini sebelumnya? Namanya diambil dari cara membuatnya yang dilakukan secara ‘dadakan’ yaitu sesaat sebelum disantap.

Bagi anda yang mungkin kurang familiar dengan sambal khas Restoran Sunda ini sepertinya harus mencicipinya karena sambel ini sangat segar dan tentu saja pedas. Sambal ini adalah teman menikmati nasi tutug oncom, ayam goreng, lalapan dan lain sebagainya. Nah, agar anda bisa mencobanya sendiri di rumah, berikut ini kami akan membagikan cara membuat sambal dadak anti gagal.

 

 

Apa saja bahan bahannya?

Bahan pembuatnya tergolong sederhanan dan dapat anda jumpai sehari hari, antara lain:

  • 5 buah cabe merah segar
  • 5 buah cabe rawit merah
  • 4 butir bawang merah
  • 1 sdt terasi bakar
  • 1 sdt gula merah
  • 1 buah tomat merah
  • 1 sdt air jeruk limau

Jangan lupa untuk mencuci bersih beberapa bahan yang dibutuhkan untuk membuat sambal ini seperti cabe, tomat, dan lain sebagainya.

 

 

Cara Membuat Sambal Dadak Khas Restoran Sunda

Pertama-tama anda harus mengiris terlebih dahulu bawang merah, cabe merah, dan juga cabe rawit yang sudah disiapkan tadi. Kemudian, ulek bahan tersebut bersama dengan garam, gula, dan terasi sesuai dengan selera. Lalu, tambahkan potongan tomat dan ulek kembali dengan tingkat kehalusan yang anda sukai. Kemudian kucuri air perasan jeruk limau untuk membuat citarasa sambal ini semakin segar. Aduk hingga merata dan sambal ini siap menemani hidangan lainnya.

Citarasa sambal dadak khas Restoran Sunda ini dominan gurih dan pedas. Sangat cocok untuk menemani sajian ikan bakar, ayam goreng, plecing kangkung atau makanan lainnya. Bagi anda pecinta sayuran, enak juga untuk menyantap sambel ini bersama dengan lalapan seperti timun, selada air, buncis, dan lain sebagainya.