idarzh-CNnlenms

Cara Membuat Bumbu Kacang Untuk Hidangan Sate

Bumbu kacang sedikit berbeda dengan aneka sambal lain di Indonesia karena sambal ini mungkin memiliki tekstur yang kental lebih mirip kepada saus. Sambel yang sangat gurih ini terbuat dari kacang tanah yang digoreng, digiling, kemudian dihaluskan bersama dengan beberapa bumbu untuk menghasilkan rasa yang sedap. Apabila anda perhatikan memang sambal ini lebih sering digunakan untuk sate ayam, kambing, kelinci, dan lain sebagainya.

Mungkin anda berpikir bahwa cara membuat bumbu kacang ini sangat sulit, benarkah seperti itu? Yang jelas, pembuatannya tak sesulit yang anda bayangkan meskipun memang dibutuhkan bahan bahan yang mungkin lebih banyak dibandingkan sambal lain seperti sambal terasi dan bawang.

 

Resep Sambal Kacang yang Praktis dan Enak

Untuk membuat bumbu kacang yang enak, anda membutuhkan beberapa bahan tentunya. Bahannya sangat mudah ditemukan di dapur atau anda bisa membelinya di pasar, supermarket, dll. Berikut ini adalah beberapa bahan untuk membuat sambal kacang yang enak:

  • 500 gram kacang tanah
  • Daun jeruk 5 lembar
  • Cabe rawit sebanyak 11 buah atau anda bisa menguranginya jika memang tak terlalu suka rasa pedas
  • Bawang putih 3 butir
  • Asam jawa yang sudah dihilangkan bijinya sebanyak 1 sendok teh
  • 100 gram gula merah atau gula jawa
  • Kencur sekitar 5 cm

 

Apabila semua bahan bahan sudah siap, maka kini saatnya untuk langsung membuat bumbu kacang. Berikut ini adalah langkah langkah pembuatannya:

  1. Cuci bersih kacang tanah yang sudah disiapkan kemudian tiriskan hingga airnya hilang
  2. Kemudian, goreng kacang tanah hingga matang atau kecoklatan. Sebagai tips, sebaiknya anda menggunakan api sedang ketika menggoreng minyak tanah dan jangan lupa untuk membolak balik kacang tersebut agar tak menjadi gosong.
  3. Ketika kacang sudah matang, angkat dari penggorengan dan tiriskan agar minyaknya hilang
  4. Haluskan kacang tanah yang sudah digoreng tersebut dengan diulek atau menggunakan blender
  5. Setelah halus, maka haluskan juga bumbu bumbu seperti daun jeruk, cabe rawit, bawang putih, gula merah, asam jawa (hilangkan bijinya), dan juga kencur.
  6. Setelah bumbu ini halus, maka campurkan dengan kacang tanah goreng yang sebelumnya sudah dihaluskan tersebut. Campur hingga merata.
  7. Sambal kacang pun selesai dibuat.

 

Sambal ini bisa langsung anda santap apabila suka. Namun biasanya, sambel ini akan dicampur dengan air hangat untuk dilarutkan dan kemudian barulah dinikmati.

 

 

Cara Menyimpan Bumbu Kacang yang Benar

Setelah tahu tentang resep sambal kacang diatas, maka selanjutnya anda harus tahu mengenai bagaimana cara menyimpan sambal kacang ini karena biasanya sambal kacang akan dibuat dalam jumlah yang banyak agar nantinya bisa dilarutkan kembali apabila ingin disantap. Karena itulah, sambal ini harus disimpan dengan baik agar tak tengik.

Cara menyimpannya sangat mudah. Anda cukup menyimpan sambal ini ke dalam wadah yang tertutup dan kemudian simpan saja di tempat yang bersih atau di kulkas. Kapanpun anda membutuhkannya, anda bisa langsung melarutkan sambal kacang ini dengan menggunakan air biasa atau air hangat. Nah, dengan begini, maka anda bisa membuat sendiri bumbu kacang untuk digunakan apabila anda ingin menyantap sate yang dibuat sendiri atau bahkan menggunakan sambal kacang untuk memasak pecel.

Sangat mudah bukan? Selamat mencoba di rumah.