idarzh-CNnlenms

Saat Liburan ke Pulau Madura Jangan Lupa Membeli Oleh-oleh Makanan Tradisional Kerupuk Tette

Setiap daerah di Indonesia mempunyai kebudayaan yang unik dan termasuk kekayaan kuliner yang luar biasa. Salah satunya adalah Pulau Madura dengan beragam makanan tradisionalnya yang bercitasa lezat, termasuk cemilan yang banyak diminati masyarakat setempat, yaitu kerupuk tette.

Makanan ini diolah tanpa bahan pengawet sehingga aman dikonsumsi sebagai cemilan keluarga. Tak sedikit wisatawan yang berbelanja kerupuk yang satu ini sebagai buah tangan untuk dibagi-bagikan sepulang liburan dari Pulau Madura.

Bagi mereka yang berjiwa bisnis, kerupuk tette dan aneka makanan ringan tradisional lainnya bisa dijual ke luar pulau untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Anda tentu bisa menjual kembali kerupuk tradisional ini dengan harga yang lebih mahal, karena harganya yang dibandrol begitu murah dari pengrajin, yaitu kurang dari 10 ribu rupiah per 100 keping kerupuk.

Anda yang sudah pernah merasakan mungkin penasaran tentang asal-usul kerupuk ini. Sayangnya tidak ada data yang menjelaskan sejarah kerupuk ini, atau yang membuat makanan tradisional ini pertama kali. Yang sedikit lebih jelas dari kuliner ini adalah asal-usul namanya, yaitu tette atau ditette yang berasal dari bahasa Madura dan berarti dipipihkan.

Bahan baku pembuatan makanan tradisional kerupuk tette adalah singkong yang sebelumnya harus dikupas dan dicuci sampai bersih kemudian dikukus sampai matang dan lunak. Saat masih panas singkong kemudian ditette sampai tipis.

Inilah sebabnya saat proses menipiskan, singkong tetap dibiarkan dalam dandang pengukus agar tetap panas, lalu diambil sedikit-sedikit untuk dipipihkan dengan cara ditumbuk. Setelah dipipihkan sesuai ketebalan yang diinginkan, proses berikutnya adalah penjemuran di bawah terik matahari hingga benar-benar kering.

Di Madura sendiri cukup banyak terdapat pengrajin kerupuk tette serta aneka makanan ringan lainnya yang umumnya berupa industri rumahan berskala kecil hingga menengah. Masyarakat yang membeli kerupuk bisa untuk dikonsumsi sendiri atau dijual kembali pada kondisi sudah matang.

Bisa juga para pembeli kerupuk ini adalah para pedagang rujak keripik. Kuliner yang unik ini berupa kerupuk tette yang diremukkan dan dikonsumsi dengan sambal petis ulek Madura yang terkenal nikmat itu. Jadi saat berkesempatan liburan ke Pulau Madura, jangan lewatkan untuk singgah di kedai oleh-oleh dan pusat aneka snack untuk membeli kerupuk tette.

Untuk memenuhi selera konsumen, produsen keripik tette semakin inovatif dalam menampilkan produk kulinernya, yaitu menyediakan kerupuk tette aneka rasa terutama untuk para wisatawan.

Produk oleh-oleh kerupuk tette pada pusat aneka makanan ringan di pulau garam itu juga tersedia dalam varian kerupuk tette original atau disebut kepeng, kerupuk tette pedas, kerupuk tette teri, dan kerupuk tette udang.

Produsen kerupuk tette yang selalu tersedia pada toko pusat aneka snack di Pulau Madura ini banyak ditemukan di kota Pamekasan, terutama di Desa Toronan. Desa yang terdiri dari 4 dusun tersebut masyarakatnya memang menyandarkan hidup sebagai pembuat kerupuk tette.

Tak hanya untuk memenuhi kebutuhan dalam kota Pamekasan saja, produk ini juga telah menyebar di berbagai wilayah Madura. Selain bercitarasa lezat, aneka snack yang terbuat dari bahan baku singkong putih atau pun kuning ternyata juga mempunyai manfaat bagi kesehatan, yaitu sebagai sumber serat sehingga membantu menunjang kinerja pencernakan dalam tubuh.

Singkong juga merupakan sumber karbohidrat pengganti nasi, sumber protein nabati, vitamin K, B kompleks, serta mengandung beberapa jenis mineral yang penting bagi tubuh.

Butuh Lokasi Untuk Menjual Jajanan?

  • Dijual Cepat, Sebuah Tempat Usaha Strategis di Banyumanik Semarang
    Banyumanik adalah nama sebuah kecamatan di Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Kecamatan Banyumanik Semarang terletak di daerah yang sering disebut sebagai kota atas Semarang. Wilayah Kecamatan Banyumanik berada di ketinggian rata-rata 300 meter di atas permukaan laut dengan suhu udara rata-rata 20-22 derajat Celcius Banyumanik merupakan daerah ekonomi baru…
    Read more...