Loading...

Sambal dan Jeruk Limau Pada Makanan Ini, Adalah Rahasia Kesegaran SOTO MIE BOGOR

Soto! Ya, kuliner berkuah satu ini memang khas Indonesia. Hampir setiap wilayah di negeri ini memiliki olahan soto. Demikian pula dengan Bogor yang memiliki olahan soto unik bernama Soto Mie Bogor. Makanan asli Kota Hujan ini merupakan menu yang bukan saja mengenyangkan, melainkan juga menyehatkan.

Tak dipungkiri, jika dalam setiap sendokan makanan penikmatnya ingin selalu mengutamakan rasa. Walau kadang makanan tak cukup mengganjal perut, hal tersebut tak jadi soal asalnya mampu menggugah selera. Kadang pula ada  kuliner  yang sekedar mengenyangkan dan enak rasanya, tetapi kandungan gizinya tak lengkap. Nah, Soto Mie Bogor hadir sebagai menu yang komplit, mengenyangkan sekaligus menyehatkan.

Pasalnya, dalam setiap porsinya terdapat kombinasi bahan-bahan makanan yang sarat akan nilai gizi tinggi, mulai dari yang kaya protein hewani hingga berbagai vitamin. Berbagai bahan makanan yang ‘dicemplungkan’ sebagai isian Soto Mie Bogor antara lain, daging sapi, kikil, usus, urat, babat, risol, kentang atau lobak rebus, mi kuning, tomat, serta kol. Bahan-bahan makanan tersebut lalu disiram dengan kuah pedas yang sarat akan rempah.

Hal inilah yang membedakan Soto Mie Bogor dengan soto lain di Nusantara yang umumnya berkuah bening atau santan. Rona merah dari kuah tersebut, tercipta dari campuran cabai merah dalam bumbunya. Pecinta kuliner pedas dijamin bakal semakin senang, lantaran dalam penyajiannya disandingkan dengan sambal yang dibuat dari campuran cabai rawit dan cuka juga jeruk limau. Duh… sudah terbayang pedas dan segarnya bukan?

Menikmati semangkok Soto Mie Bogor kian lengkap dengan kerupuk empik melinjo. Meski makanan yang satu ini banyak ditakuti kebanyakan orang Indonesia lantaran konon takut ‘bikin asam urat’, nyatanya Melinjo memiliki manfaat lain yang tak banyak orang ketahui. Suara.com melansir, emping membantu pertumbuhan, menjaga kesehatan otak, mengatur suhu tubuh, menjaga kesehatan kulit, dan juga ginjal.

Wah, sudah menyegarkan, ternyata setiap porsi Soto Mie Bogor juga disajikan dengan kerupuk yang kaya manfaat ya? Hmmm.. lalu dimana tempat menikmati Soto Mie Bogor yang enak? Berikut beberapa tempat diantaranya:

 

 

1. Soto mie Mang Ohim

Terletak di jalan Taman Cimanggu Raya No.22, Tanah Sereal, Bogor, Soto Mie Mang Ohim adalah salah satu kedai soto mie yang tak pernah sepi pembeli. Kedai ini buka dari pukul 08.00 hingga 20.00. Dengan demikian, Anda pun sangat leluasa datang ke tempat tersebut, apakah ingin sarapan, makan siang atau justru makan malam?

Cukup dengan membayar belasan ribu rupiah, Anda sudah bisa menikmati kuliner seporsi soto mie panas nan menggugah selera penuh dengan potongan daging besar dan lembut dalam setiap gigitannya. Kekhasan dari Soto Mie Mang Ohim adalah Risol bihun yang sengaja digoreng kering agar terasa kriuk-kriuk saat disiram kuah panas.

 

 

 

2. Soto mie Kesatuan

Satu lagi Soto Mie Bogor yang ramai diserbu pembeli adalah Soto Mie Kesatuan. Sering pula disebut soto Pak Haji Oman, kedai soto mie ini terletak di jalan Rangga Gading No.25, Gudang, Bogor. Soal rasa, tak perlu dipertanyakan! Pengalaman berjualan kuliner selama lebih dari 25 tahun membuat, olahan Soto Mie Pak Haji Oman begitu khas. Walau kedainya tak besar dan ‘apa adanya’, tetapi rasa soto mie racikannya benar-benar Juara!!!!!!

 

Wah.. wah, semakin terbayang-bayang enaknya bukan?! Oleh karena itu, pastikan jangan lupa mencicipi Soto Mie spesial ini saat berkunjung ke Bogor.

 

Aroma Kelapa Dari Makanan Khas Betawi Ini Memang Menggoda

Berbicara soal kuliner di Jakarta memang tak ada habisnya. Di kota metropolitan ini, Anda dapat dengan mudah menemukan aneka jenis kuliner dari lokal hingga mancanegara. Sebagai penduduk asli Jakarta, masyarakat Betawi juga memiliki ragam jajanan yang tak kalah menggugah selera dibandingkan kuliner lainnya di kota ini. Salah satunya adalah kue rangi, makanan khas Betawi legendaris yang kini mulai sukar ditemui.

LAKSA Kampung Cincau, Makanan Ini Tampil Beda Dibanding Laksa Tionghoa

Mencari kuliner unik Bogor tidak akan ada habisnya. Sebagai kota yang pernah menjadi tempat favorit Presiden Pertama Republik Indonesia, Soekarno, Bogor menyimpan sejumlah sejarah yang tidak boleh dilupakan, termasuk juga sejarah yang berkaitan dengan kuliner Bogor. Berbagai makanan dan minuman khas memang sudah ada sejak dahulu di kota Bogor. Salah satu kuliner yang melegenda adalah Laksa Kampung Cincau.

TEMPE, The Incredibly Healthy Food From Indonesia

Tempe is a traditional food from Indonesia, specifically Java, made from fermented soybean. The earliest manuscript known to mentionthis food is Serat Centhini in 1815. However, it is possible that it has been around for few centuries as early as 12th or 13th century since, and an old Javanese manuscript called Serat Sri Tanjung mentioned kadele, or soybean, although it not known for sure whether the soybean mentioned referred to the fermented version or not.