idarzh-CNnlenms

Sambal Ikan Asin Sibolga, Lezat Dan Nikmat Disantap Dengan Berbagai Lauk Dirumah

Tahukah Anda dua jenis kuliner tradisional Indonesia yang selalu nikmat disantap kapan dan dimana pun? Masakan ini bahkan sangat dirindukan oleh orang Indonesia yang tinggal di luar negeri misalnya untuk studi. Kuliner yang dimaksud adalah ikan asin Sibolga, baik yang diolah sederhana seperti digoreng atau dimasak dengan resep sambal ikan asin. Sebelum mengulas lebih jauh tentang cara mengolah sambal ikan asin, ketahui dulu asal-usul kuliner yang satu ini.

Dari namanya Anda tentu bisa menduga kalau ikan asin adalah hidangan yang dibuat dari bahan baku ikan segar yang kemudian diawetkan dengan cara digarami kemudian dijemur di bawah terik sinar matahari. Inilah sebabnya daging ikan asin yang umumnya bisa membusuk dalam waktu cepat akan tahan hingga berbulan-bulan dengan proses pengawetan ini.

Lantas, mengapa mengapa menggunakan ikan asin Sibolga? Ikan asin dan ikan teri dari Sibolga – Tapanuli Tengah ini berbeda dengan ikan sejenis dari daerah lain, konon khabarnya lebih gurih dari ikan daerah lain.

Sebagai pengetahuan saja, penemu proses pembuatan ikan asin ternyata  bukan oleh orang Indonesia, namun orang Kanada. Mereka menggunakan ikan cod segar untuk mengolah ikan asin sejak 5 abad yang lampau.

Bagaimana dengan sambal ikan asin Sibolga? Citarasa pedas bercampur gurih dan asin memang juara dan manjur sekali untuk menambah selera makan. Sambal ikan asin bahkan sudah sedap disantap hanya berteman nasi putih pulen saja tanpa lauk apa pun. Anda juga bisa menambahkan lalapan segar seperti mentimun, kemangi, atau selada. Agar tak penasaran lagi bagaimana mengolah sambal yang satu ini, simak ulasannya:

 

Bahan-bahan sambal ikan asin Sibolga:

  • 200 gram ikan asin dicuci hingga bersih lalu ditiriskan
  • Minyak goreng secukupnya
  • 4 buah bawang putih
  • 6 buah bawang merah
  • 2 helai daun jeruk
  • 5 buah cabai keriting
  • 15 buah cabai rawit
  • Kaldu ayam instan bubuk secukupnya
  • Gula secukupnya
  • Garam secukupnya

Cara membuat:

  1. Bumbu-bumbu dihaluskan dengan cobek dan ulegan.
  2. Minyak dipanaskan lalu bumbu ditumis sampai mengeluarkan aroma harum.
  3. Tambahkan daun jeruk.
  4. Bila aroma jeruk telah tercium ikan asin dimasukkan sambil diaduk-aduk hingga merata dan masak.
  5. Tambahkan sedikit air agar ikan asing matang dengan baik.
  6. Diamkan selama kira-kira 15 hingga 20 menit.
  7. Sajikan sambel ikan asin Sibolga saat masih hangat.

Walaupun banyak yang meremehkan ikan asin, tapi faktanya bahan tersebut mempunyai banyak manfaat kesehatan.

  • Ikan asin mempunyai kandungan fosfor serta kalsium yang cukup tinggi. Dalam setiap 100 gram ikan asin terdapat 300 mg fosfor serta 200 mg kalsium. Keduanya mempunyai dampak positif untuk tulang dan gigi kita, yaitu, meminimalkan dampak osteoporosis serta cacat tulang, memperbaiki struktur tulang di tubuh, serta dapat menambah tinggi bila masih berada pada usia pertumbuhan. Jadi jangan ragu mengonsumsi ikan asin dengan berbagai olahannya, misalnya diolah menjadi aneka sambal atau kuliner lainnya.
  • Ikan asin juga memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi dan dapat membantu penyembuhan luka pada tubuh.
  • Kandungan protein pada ikan asin juga cukup tinggi, yaitu hingga 42 gram protein per 100 gram. Manfaat protein adalah untuk menambah massa serta membentuk otot.

Agar mendapatkan hasil olahan sambal ikan asin Sibolga yang bercitarasa lezat, pastikan menggunakan bahan baku ikan asin segar seperti: ikan cue, layang, pari atau pe, tongkol, gabus, hingga teri. Nah, selamat mencoba...