idarzh-CNenhi

Bosan Dengan Sambal Biasa? Sambal Bangkok Thailand Bisa Jadi Pilihan

Siapa yang tidak tahu sambal bangkok? Sambal yang dari namanya saja sudah bisa ditebak sambal ini berasal dari Bangkok Thailand. Sambal ini rasanya pedas manis asam, sangat cocok jika dikonsumsi oleh mereka yang tidak begitu suka sambal yang pedas. Anda bisa mengatur sendiri tingkat rasa pedas yang diinginkan, selain itu anda juga bisa mengatur rasa manis dan juga asamnya sesuai dengan selera.

Umumnya sambal yang berasal dari Bangkok Thailand ini lebih digunakan sebagai cocolan, baik itu gorengan atau makanan yang lainnya. Yang paling favorit adalah sebagai teman makan lumpia, udang krispi, ayam goreng dan jensi makanan gorengan lainnya.

Bahan utama sambal Bangkok Thailand ini pastilah cabai merah. Namun jika ingin membuat sendiri, bahan utama ini bisa divariasi dengan mencampur cabai rawit merah dan juga cabai merah keriting untuk mendapatkan rasa sesuai selera. Untuk rasa manisnya tambahkan gula, sedangkan untuk rasa asamnya bisa menggunakan cuka, air asam jawa, atau jeruk nipis. Bahan lain yang harus disiapkan adalah tomat ceri, garam, gula, air, tepung maizena, madu, saus tomat, minyak wijen, dan bawang putih.

 

Membuat Sambal Khas Bangkok Thailand

Pertama-tama haluskan bumbu seperti bawang putih, cabai rawit merah dan juga cabai rawit keriting. Setelah halus, anda bisa menumis sampai bumbu mengeluarkan aroma harum. Kemudian tomat yang sudah dihaluskan dimasukkan kedalam tumisan bumbu dan masak hingga mengental dan sedikit mengering. Jika sudah, anda bisa menambahkan gula, garam dan tambahkan air sedikit.

Jangan lupa terus mengaduk hingga air menyusut. Setelah itu anda bisa menuangkan tepung maizena yang sudah dilarutkan dengan air sedikit demi sedikit dan masak hingga mendidih. Jangan lupa untuk terus mengaduknya. Apabila sambal yang anda buat terlalu encer, maka anda bisa menambahkan larutan dari tepung maizena hingga tingkat kekentalannya sesuai dengan yang anda inginkan.

Langkah selanjutnya adalah mengkoreksi rasanya, jika sudah cocok maka anda bisa mematikan api dan menambahkan air perasan dari jeruk nipis dan kemudian diaduk lagi hingga rata. Tingkat rasa pedas dan manis bisa anda atur sendiri sesuai dengan selera yang anda inginkan.

Sambal Bangkok Thailand siap dihidangkan!

Butuh Lokasi Untuk Membuka Usaha Kuliner?

  • Dijual Cepat, Sebuah Tempat Usaha Strategis di Banyumanik Semarang
    Banyumanik adalah nama sebuah kecamatan di Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Kecamatan Banyumanik Semarang terletak di daerah yang sering disebut sebagai kota atas Semarang. Wilayah Kecamatan Banyumanik berada di ketinggian rata-rata 300 meter di atas permukaan laut dengan suhu udara rata-rata 20-22 derajat Celcius Banyumanik merupakan daerah ekonomi baru…
    Read more...