idarzh-CNnlenms

Sambal Leunca, Makanan Bergizi Khas Jawa Barat

Apakah Anda mengenal buah yang bernama leunca atau pokak? Masyarakat Jawa Barat, terutama suku Sunda senang sekali menyertakan sambel leunca dalam menu makanannya sehari-hari. Selain buahnya, tanaman ini juga dapat dikonsumsi daun serta bunganya sebagai lalapan. Konon kabarnya, leunca tergolong makanan bergizi tinggi, yang sangat manfaat untuk kesehatan. Bagi anda yang belum tahu,  leunca berbentuk bulat-bulat kecil (panjang penampang sekitar 1 cm) dan bagian dalamnya memiliki banyak biji.

 

Siapa sangka dalam penampilannya yang mungil, makanan bergizi yang sangat digemari masyarakat Jawa Barat ini ternyata mempunyai beragam kandungan nutrisi, yaitu 40 mg vitamin C, 0.14 mg vitamin B, 8.1 gram karbohidrat, 6.1 mg besi, 80 mg fosfor, 0.5 gram lemak, 210 mg kalsium, 4.7 gram protein, 1.900 SI vitamin A, serta 45 kalori. Nah, inilah cara mengolah leunca menjadi sambal yang siap menemani acara bersantap Anda.

 

Bahan-bahan:

  • 100 gram leunca dicuci sampai bersih
  • 5 siung bawang merah dikupas sampai bersih
  • 10 buah cabai merah keriting
  • 4 buah cabai rawit merah
  • ½ sdt gula pasir
  • 1 sdt garam
  • 2 sdt terasi, digoreng sampai matang
  • 2 sdm minyak goreng dipanaskan

 

Cara membuat:

  1. Haluskan cabai merah keriting, bawang merah, cabai rawit merah, gula pasir, garam, serta terasi hingga benar-benar lembut.
  2. Tuangkan minyak goreng panas pada cobek kemudian tambahkan leunca dan ditekan-tekan hingga leunca agak hancur, lalu aduk sampai merata.

Resep sambal ini dapat dikonsumsi oleh 6 orang. Sambal leunca dapat dinikmati dengan ayam goreng atau ayam panggang sesuai selera Anda. Agar lebih nikmat tambahkan nasi putih hangat yang pulen serta lalapan favorit Anda, seperti mentimun, selada, selada air kukus, dan lain-lain.

Walaupun rasanya sedikit pahit, tapi justru itulah yang menjadi daya tarik buah leunca ini. Selain berbagai nutrisi di atas, tanaman ini juga mempunyai kandungan senyawa solanine, solamargine, solasodine, solasonine yang berperan untuk menghambat pertumbuhan sel-sel kanker pada penderita kanker.

Sementara solasodine mempunyai khasiat analgetik yang mampu menghilangkan rasa sakit, antishok, antiradang, serta penurun panas. Solasonine serta solamargine diketahui memiliki efek positif sebagai antibakteri serta antimitosis.

Sesuai dengan riset ilmiah yang pernah diadakan,  jenis makanan bergizi ini ternyata zat anti ulserogenik yang berkaitan dengan system pencernakan, syaraf, dan labung yang mempunyai peran sitoprotektif dalam meminimalkan kerusakan pada sel-sel ginjal.

Tak hanya disukai oleh masyarakat Sunda, para penduduk di Cina juga mengonsumsi makanan bergizi tinggi ini, karena memahami betul  khasiat kesehatan buah berbau sedikit langu ini. Mereka percaya bahwa memakan buah leunca secara teratur akan membawa dampak positif yaitu sebagai diuretic alami, penurun demam, pereda batuk, menghilangkan gatal atau antipruritus, peluruh dahak, memperlancar aliran darah, hingga menghilangkan bengkak-bengkak.

Nah, setelah mengetahui cara membuat sambal leunca jangan ragu lagi untuk menyantapnya ya....

Selain diolah menjadi sambal, leunca ternyata juga merupakan bahan baku pembuatan kuliner tradisional ulukutek leunca khas Jawa Barat. Kuliner tersebut terbuat dari bahan sisa atau ampas kacang tanah yang diproses menjadi minyak. Lalu ada pula tambahan oncom, serta ampas tahu. Masyarakat Sunda konon menyantap hidangan ini bila tak sedang berselera makan. Saat menyantap ulukutek leunca, tekstur oncom yang lembut bercampur dengan ulekan cabai pedas,  menciptakan rasa sedap saat disantap bersama nasi putih hangat serta lauk-pauk lainnya.

Ternyata tanah air kita kaya akan kuliner, termasuk aneka makanan bergizi tinggi yang lezat dan gampang dibuat.

Hashtag

Butuh Lokasi Untuk Menjual Jajanan?

  • Dijual Cepat, Sebuah Tempat Usaha Strategis di Banyumanik Semarang
    Banyumanik adalah nama sebuah kecamatan di Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Kecamatan Banyumanik Semarang terletak di daerah yang sering disebut sebagai kota atas Semarang. Wilayah Kecamatan Banyumanik berada di ketinggian rata-rata 300 meter di atas permukaan laut dengan suhu udara rata-rata 20-22 derajat Celcius Banyumanik merupakan daerah ekonomi baru…
    Read more...