idarzh-CNnlenms

Buah Yang Paling Cocok Untuk Dibuat Sambal Ikan Goreng dan Bakar

Mangga dan sambal, memangnya cocok? Mungkin ini terdengat aneh dan asing, tapi inilah kekayaan aneka sambal di Indonesia. Banyak disajikan rumah makan seafood, karena merupakan sambal ikan goreng dan ikan bakar. Sambel mangga bisa memberikan sensasi tersendiri dan rasa yang unik, dijamin! Dibuat menggunakan bahan berupa mangga yang masih muda, citarasanya dominan asam yang menyegarkan dengan tekstur yang sedikit renyah.

Karena itulah, sambal ini cocok pula untuk ibu ibu hamil muda yang terkadang ngidam makanan yang memiliki citarasa asam meskipun memang sebaiknya rasa pedasnya agak dikurangi. Karena terbuat dari buah, maka sambal ini pun lebih menyehatkan. Apabila anda ingin membuatnya sendiri di rumah, berikut ini adalah resep sambal mangga muda yang bisa anda praktekkan.

 

 

Bahan bahan yang harus disiapkan untuk membuat sambal ikan goreng dan bakar

  • Mangga muda sebanyak satu buah
  • Cabe rawit merah 10 buah
  • Cabe rawit hijau 10 buah
  • Cabe merah keriting 2 buah
  • Tomat merah ½ buah
  • Bawang putih 1 siung
  • Bawang merah 2 siung
  • Terasi bakar sebanyak ½ sendok teh
  • 2 sendok makan gula merah yang disisir
  • Garam secukupnya

Langkah pertama untuk membuat sambal ikan goreng dan bakar menggunakan buah mangga adalah mencuci hingga bersih terlebih dahulu beberapa bahan yang disiapkan seperti mangga, bawang merah dan putih, cabe, tomat, dan lain sebagainya.

Cara Membuat Sambal Mangga Pedas Segar

Membuat sambel mangga ini juga sangat mudah. Anda hanya perlu mengiris buah mangga dan menghaluskan beberapa bahan yang sudah dipersiapkan tadi. Untuk lebih tepatnya, berikut ini adalah cara untuk membuat resep spesial sambal mangga yang lezat ini:

  1. Pertama tama, serut mangga dengan menggunakan parutan keju atau anda bisa memotong manual dengan dengan bentuk korek api
  2. Sisihkan potongan atau irisan mangga tersebut ke wadah bersih
  3. Lalu, tumis cabe cabe yang sudah disiapkan, tomat dan juga bawang merah dan bawang putih.
  4. Tumis hingga layu dan angkat
  5. Kemudian, uleg bahan bahan tersebut bersama dengan terasi, garam, dan gula sesuai dengan selera.
  6. Apabila sambal sudah halus, anda bisa mencampurkannya ke dalam irisan mangga tadi
  7. Aduk sampai merata dan sajikan.

Apabila anda butuh membuat sambal ini dalam jumlah yang banyak, anda bisa menambahkan porsi bumbu yang sudah disebutkan diatas, dan jangan lupa disesuaikan dengan jumlah mangga yang akan anda buat.

Sambal mangga ini sangat enak dan juga segar. Anda akan mendapatkan sensasi rasa pedas, asam, gurih, dan juga manis. Karena itu, sambal ini cocok sekali untuk dijadikan menu makan siang dan disajikan bersama berbagai macam lauk seperti ikan bakar atau goreng, ayam, bebek, tahu tempe, petai, dan lain sebagainya. cukup dengan nasi hangat maka waktu makan anda akan menjadi tambah nikmat. Belum lagi minuman segar seperti es teh atau es campur yang akan lebih menambah sensasi makan yang puas.