Sambal Matah khas Bali Ternyata Mudah Sekali Membuatnya, Yuk Masak Sendiri....

Bagi anda pecinta sambal, pasti anda sudah tak asing lagi dengan aneka sambal yang ada di tanah air. Ya, beberapa sambal memang sangat terkenal dan disukai oleh seluruh orang di Indonesia. Salah satunya adalah sambal matah.

Sambel khas Pulau dewata Bali ini sangat unik dan berbeda dengan kebanyakan sambal yang ada di Indonesia karena sambal ini tidak diulek, melainkan hanya dicincang kasar.

Saat ini, sambal matah memang sedang naik daun karena memiliki cita rasa yang unik. Ada banyak sekali warung makan yang menyediakan menu sambal matah sehingga anda tak perlu harus jauh jauh terbang ke Bali untuk mencicipinya. Namun, kami kali ini juga akan berbagi resep sambal matah yang mudah untuk dicoba sendiri dan memiliki rasa yang enak.

 

Bahan untuk Membuat Sambal Matah

Bahan bahan untuk membuat sambal matah sangatlah sederhana dan mudah ditemukan di dapur. Berikut ini adalah bahan bahan lengkapnya:

  • 15 buah cabe rawit merah segar
  • 9 buah bawang merah
  • Bawang putih 3 siung
  • ½ sendok teh terasi yang sudah dibakar sebentar
  • Daun jeruk 3 lembar, buang tulang daunnya
  • Serai dua batang, dan ambil bagian putih nya saja
  • Air perasan jeruk nipis ¼ sendok maka
  • Garam ¼ sendok teh
  • Gula pasir ¼ sendok teh

Nah, apakah semua bahan sudah siap? Maka kini anda bisa mulai untuk membuat spesial sambal matah yang segar dan pedas. Berikut ini adalah cara membuat sambal matah yang enak:

  1. Pertama tama, iris semua bahan yang sudah disiapkan. Biasanya anda harus mengirisnya dengan tipis tipis agar enak untuk dimakan
  2. Campur semua bahan yang sudah diiris tersebut ke dalam wadah. Kemudian, tambahkan bumbu seperti gula, terasi, dan garam serta air perasan jeruk nipis ke dalam wadah tersebut.
  3. Aduk aduk dengan menggunakan tangan sambil sesekali diremas agar lebih bisa tercampur merata.
  4. Agar tangan anda tak terasa pedas atau perih, anda bisa menggunakann sarung tangan untuk mengaduk aduk campuran ini.
  5. Panaskan minyak diatas wajan, kemudian setelah minyak panas, segera siramkan ke atas irisan bumbu bumbu yang sudah dicampur dalam wadah tadi.

Sambal matah pun siap dihidangkan.

 

Menu Lain yang Cocok Dinikmati dengan Sambal Matah

Biasanya, di Bali sambal Matah ini sering digunakan untuk berbagai hidangan seperti sate lilit, aneka gorengan ayam, bebek, tahu, tempe, aneka menu yang dibakar seperti ikan bakar misalnya, dan lain sebagainya. Sambal Matah membuat hidangan tersebut menjadi lebih pedas dan segar tentunya. Anda pun bisa mencobanya sendiri di rumah dan resep sambal Matah ini sangat pas apabila anda ingin makan dengan menggunakan sambal namun malas untuk menguleknya.

Namun kini, sambal matah pun bisa di kreasikan dengan menu makanan lain lho. Salah satunya adalah mie goreng. Seperti yang kita tahu bahwa ada menu yang menyajikan mie goreng sambal matah dan bahkan salah satu merek mi instan terkenal di Indonesia pun membuat varian rasa ini. oleh karena itu, rasana sayang sekali apabila anda tak mencoba sendiri sambel matah khas Bali yang pedas dan segar ini. Sekali mencoba, maka dijamin anda akan sangat menyukainya dan ketagihan pula.

Kuliner Bogor Paling Favorit

Ragam Kuliner Nusantara

  • Mento dan Sarkoyo, Altenatif Takjil Khas Madura yang Unik Rasanya Mento dan Sarkoyo, Altenatif Takjil Khas Madura yang Unik Rasanya
    Kekayaan kuliner Nusatara memang luar biasa banyaknya. Setiap menu yang dimiliki di setiap daerah pun memiliki keunikan rasa dan packaging. Salah satunya adalah olahan-olahan khas Madura. Tenar dengan sate ayamnya, nyatanya pulau yang berada di bagian timur laut Jawa itu memiliki banyak panganan lain yang tak kalah menggugah selera.
    Read more...

Kuliner Pendamping

FoodMania

Penawaran

  • Dijual Cepat, Sebuah Tempat Usaha Strategis di Banyumanik Semarang Dijual Cepat, Sebuah Tempat Usaha Strategis di Banyumanik Semarang
    Banyumanik adalah nama sebuah kecamatan di Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Kecamatan Banyumanik Semarang terletak di daerah yang sering disebut sebagai kota atas Semarang. Wilayah Kecamatan Banyumanik berada di ketinggian rata-rata 300 meter di atas permukaan laut dengan suhu udara rata-rata 20-22 derajat Celcius Banyumanik merupakan daerah ekonomi baru…
    Read more...