idarzh-CNnlenms

Sambal Nanas, Hidangan Khas Palembang serta Pulau Bangka

Rasanya tidak ada masyarakat yang tinggal di kawasan tropis yang tidak mengenal buah nanas, termasuk di tanah air. Buah dengan nama latin Ananas Comusus L. Mer ini sangat baik untuk kesehatan karena kaya kandungan vitamin dan mineral yang menunjang proses metabolisme tubuh. Tapi kadang kita tentu bosan dengan sajian buah nanas yang begitu-begitu saja. Bagi Anda yang ingin mencari inspirasi lain dari buah nanas, mengapa tak mencoba resep sambal nanas khas Palembang yang akan diulas di bawah ini.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat sambal nanas khas Palembang:

  • 1 buah nanas mengkal berukuran sedang atau sekitar 150 gram
  • 5 buah cabe merah keriting
  • 2 siung bawang putih
  • Garam dan gula sesuai selera

 

 

Cara membuat sambal nanas khas Palembang:

  1. Kupas buah nanas dengan teliti dan pastikan tak ada kulit yang tertinggal pada daging buahnya sedikit pun. Setelah dikupas bersih daging buah nanas dipotong-potong berbentuk dadu.
  2. Bersihkan cabe keriting, kupas bawang merah dan putih kemudian dihaluskan dengan cara diulek.
  3. Bila bumbu-bumbu dirasa sudah halus nanas kemudian dicampurkan dan diaduk sampai rata. Tapi Anda harus berhati-hati agar daging buah nanas tidak hancur.

 

Saat memilih bahan untuk membuat sambel nanas ini, sebaiknya menggunakan nanas segar yang belum terlalu matang agar masih tersisa sedikit rasa asamnya yang menyegarkan. Menggunakan nanas instant atau kalengan juga tidak dianjurkan untuk menjaga citarasa sambal nanas tetap lezat.

Sambal unik khas Palembang ini bisa menjadi pilihan bila Anda sudah bosan menyantap sambal yang itu-itu saja untuk teman makan nasi. Rasanya yang kaya, yaitu campuran padas, gurih, manis, dan sedikit asam pasti membuat acara bersantap semakin seru.

Selain resep di atas, masyarakat Pulau Bangka ternyata juga mempunyai sambal nanas khas yang biasa menjadi teman menyantap hidangan berlemak agar mulut terasa lebih segar. Selain itu buah nanas juga dipercaya dapat mengurangi efek negatif menyantap hidangan berlemak karena berkhasiat menurunkan kolesterol.

Begini cara membuat sambal nanas ala Bangka.

 

Bahan-bahan:

  • 1 buah nanas segar yang matang
  • Bumbu-bumbu secukupnya (gula, garam, lengkuas, terasi, bawang putih, bawang merah, dan cabe merah)
  • Santan kental secukupnya
  • Beberapa potong udang segar

 

Cara membuat:

  1. Buah nanas dikupas sampai bersih kemudian dipotong kotak-kotak atau dadu.
  2. Seluruh bumbu kecuali lengkuas dihaluskan. Lengkuas hanya perlu digeprek hingga sedikit pipih.
  3. Tumis bumbu dengan minyak goreng sedikit hingga menguarkan aroma harum.
  4. Udang segar dimasukkan hingga warnanya berubah kemerahan.
  5. Setelah lengkuas terlihat layu dan bumbu beraroma harum masukkan potongan buah nanas. Tumis sebentar.
  6. Tuangkan santan kental dan aduk perlahan hingga airnya berkurang.

 

Sambal nanas ini sangat cocok disantap dengan nasi hangat ditambah lauk-pauk favorit Anda misalnya aneka olahan ayam, daging sapi, ikan sungai, hingga makanan laut. Jangan lupa menambah sayur atau lalapan serta kerupuk.

Di kawasan Pulau Bangka sambal nanas yang lezat ini kerap hadir saat gelaran acara khitanan atau pesta-pesta perkawinan. Jangan enggan mencoba beragam olahan aneka sambal asli tanah air untuk memperkaya wawasan kuliner Anda. Selamat makan!

Hashtag

Butuh Lokasi Untuk Menjual Jajanan?

  • Dijual Cepat, Sebuah Tempat Usaha Strategis di Banyumanik Semarang
    Banyumanik adalah nama sebuah kecamatan di Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Kecamatan Banyumanik Semarang terletak di daerah yang sering disebut sebagai kota atas Semarang. Wilayah Kecamatan Banyumanik berada di ketinggian rata-rata 300 meter di atas permukaan laut dengan suhu udara rata-rata 20-22 derajat Celcius Banyumanik merupakan daerah ekonomi baru…
    Read more...