Sambal Petai Ikan Teri, Menu Makan Siang Lezat

Tahu petai dan teri, kan? Keduanya memiliki rasa yang super lezat. Bagaimana bila digabungkan menjadi sambal petai ikan teri?

Tentu akan menjadi lauk yang sangat menggiurkan hingga air liur mengucur dari mulut kita. Untuk pecinta pedas, makanan ini sungguh nikmat. Terlebih lagi, jika memyantapnya menggunakan nasi panas dan lalapan sebagai pendampingnya.

Petai mungkin salah satu bahan makanan yang memiliki bau yang cukup menyengat. Tapi bila dijadikan sambal petai ikan teri, baunya akan kalah dengan rasa lezat dari teri dan juga pedasnya sambal.

Tenang saja dengan bau petai yang tertinggal. Karena dengan cara-cara tertentu, bau tersebut akan segera hilang dengan mudah dan Anda bisa kembali percaya diri dengan mulut yang segar.

 

Bahan Utama dan Bahan Halus Sambal

Untuk membuat sambal petai ikan teri tentu tidak akan terlaksana bila tidak ada bahan-bahan yang menjadi pendukungnya. Di sini ada bahan utama dan bahan halus alias untuk bumbu halusnya. Bagi Anda yang memang berniat untuk membuat sambal ini untuk dijadikan menu masakan hari ini, yuk belanja bahan berikut :

Bahan utama ada :

  • 250 gram teri asin
  • 2 papan petai
  • 3 ruas jari lengkuas yang dikeprek
  • 3 lembar daun salam
  • 5 lembar daun jeruk
  • 2 batang serai yang dikeprek
  • Dan minyak goreng secukupnya.

Sekarang untuk bahan bumbu halusnya, kita membutuhkan :

  • 10 cabai rawit
  • 2 cabai besar merah
  • 1 buah tomat
  • 2 sdm gula merah yang harus disisir
  • 5 siung bawang putih
  • 1 buah terasi yang dibakar
  • 2 sdm gula dan garam secukupnya

Melihat semua bahan tersebut apakah Anda merasa bahwa terlalu banyak? Meskipun banyak, semua tersedia di warung ataupun pasar. Meski banyak, cara masaknya juga tidak terlalu lama. Bumbu halus bisa dihaluskan menggunakan cobek ataupun blender, Anda bebas untuk memilihnya.

 

Cara Mengolah Sambal Petai Ikan Teri

Sudah mendapatkan semua bahannya? Sekarang, ikuti cara-cara mengolahnya agar Anda bisa menghidangkan sambal ini ke keluarga dengan rasa yang lezat.

  1. Cara yang pertama, Anda harus merendam ikan teri dalam air selama 1 jam, kemudian tiriskan dan kembali direndam.
  2. Kedua, teri yang telah direndam bersih dan sudah cukup kering tinggal digoreng hingga kering lalu tiriskan dan sisihkan terlebih dulu.
  3. Tumis bumbu alus beserta lengkuas, daun salam, serai dan daun jeruk, masak hingga bumbunya mengental.
  4. Setelah itu, masukkan petai dan masak hingga petainya empuk.
  5. Jika sudah, baru masukkan teri keringnya dan aduk hingga benar-benar merata.
  6. Sambal petai ikan teri pun siap untuk dihidangkan bersama nasi panas.

Setiap orang yang membuat sambal, pastinya ingin hasil yang enak. Inilah beberapa tips yang tepat untuk Anda agar bisa menghidangkan sambal yang lezat.

Pertama, Anda harus mencari bahan-bahan yang segar. Jangan sampai Anda memilih cabai yang sudah hampir busuk.

Kedua, kenalilah jenis sambal apa yang akan Anda buat sehingga mudah untuk dibuat dan perhatikan cara pengolahannya.

Kemudian, bila ada bahan tambahan usahakan bahan tambahan tersebut cocok bila dicampur dengan bahan utamanya. Dengan mengikuti tips tersebut, Anda bisa membuat sambal petai ikan teri dengan rasa yang sangat lezat untuk teman makan.

Kuliner Bogor Paling Favorit

Ragam Kuliner Nusantara

  • Mento dan Sarkoyo, Altenatif Takjil Khas Madura yang Unik Rasanya Mento dan Sarkoyo, Altenatif Takjil Khas Madura yang Unik Rasanya
    Kekayaan kuliner Nusatara memang luar biasa banyaknya. Setiap menu yang dimiliki di setiap daerah pun memiliki keunikan rasa dan packaging. Salah satunya adalah olahan-olahan khas Madura. Tenar dengan sate ayamnya, nyatanya pulau yang berada di bagian timur laut Jawa itu memiliki banyak panganan lain yang tak kalah menggugah selera.
    Read more...

Kuliner Pendamping

FoodMania

Penawaran

  • Dijual Cepat, Sebuah Tempat Usaha Strategis di Banyumanik Semarang Dijual Cepat, Sebuah Tempat Usaha Strategis di Banyumanik Semarang
    Banyumanik adalah nama sebuah kecamatan di Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Kecamatan Banyumanik Semarang terletak di daerah yang sering disebut sebagai kota atas Semarang. Wilayah Kecamatan Banyumanik berada di ketinggian rata-rata 300 meter di atas permukaan laut dengan suhu udara rata-rata 20-22 derajat Celcius Banyumanik merupakan daerah ekonomi baru…
    Read more...