idarzh-CNenhi

Sambal Teri Medan Kering, Hidangan Pelengkap Yang Selalu Menggugah Selera Makan

Sambal teri Medan kering pastinya tidak asing lagi, kan? Meski namanya Medan, tapi mudah sekali menemukannya di seluruh Indonesia. Terlebih lagi ada banyak orang yang juga menjualnya secara online, sehingga sangat mudah untuk memesannya. Rasanya yang lezat memang sangat disukai oleh banyak orang sebagai lauk makan siang ataupun makan malam. Sambal teri Medan juga sangat cocok bila disandingkan dengan nasi panas saja.

Sambal teri medan kering yang dijual pada beberapa toko baik offline maupun online,  harganya memang cukup mahal. Mengapa tidak mencoba membuat sendiri? Bahan-bahannya mudah didapatkan dan pastinya akan lebih hemat.

Bahan utamanya adalah 300 gram teri medan kering  yang sudah dicuci bersih, kemudian ada daun salam sebagai penambah aroma sambal agar lebih nikmat. Bahan-bahan yang lain untuk bumbu halus adalah:

  • 10 buah atau sesuai selera cabai rawit merah
  • 2 buah bawang putih.
  • 3 buah bawang merah
  • Garam dan gula pasir secukupnya.

 

Cara memasaknya sebagai berikut::

  1. Goreng teri Medan kering hingga benar-benar matang, kemudian tiriskan.
  2. Haluskan semua daftar bumbu halus lalu tumis hingga benar-benar matang.
  3. Masukkan daun salam lalu tambahkan garam dan gula secukupnya serta aduk hingga matang.
  4. Masukkan teri medan kering  yang sudah digoreng tadi dan aduk hingga merata. Anda bisa menambahkan gula ataupun garam lagi jika rasanya belum pas.
  5. Setelah matang, tuangkan ke piring saji dan siap untuk disantap.

 

Fakta Di Balik Teri Medan Kering

Dari namanya, sambal teri Medan pasti Anda akan bilang bahwa teri tersebut berasal dari Medan. Ternyata itu salah besar. Teri Medan aslinya berasal dari Lampung. Mungkin mengetahui fakta ini banyak yang kaget, kenapa aslinya dari lampung? Bukankah lebih baik bila dinamai dengan teri Lampung?

Jadi, di Bandar Lampung terdapat Pulau Pasaran yang memang memproduksi teri besar-besaran. Dari sana memang harganya murah, tapi oleh warga Medan dibeli dan diproduksi sendiri dengan membangun brand atau nama.

Lampung juga pernah membuat brand untuk hasil teriknya, yaitu Teri Siger. Namun, hal itu tidak bertahan lama, yang berjaya malah yang ada di Medan. Bahkan dikirim hingga ke pulau-pulau lain di Indonesia, sehingga dikenal dengan teri Medan.

 

Khasiat Teri yang Terdapat Pada Sambal Teri Medan Kering

Rasanya yang pedas dan gurih, sambal teri dari Medan ini juga mengandung banyak manfaat yang baik untuk tubuh. Karena adanya asam lemak omega-3 yang baik untuk menjaga kesehatan jantung dan juga otak.

Tidak hanya itu, terdapat kandungan juga kalsium yang bagus untuk tulang Anda, memiliki sumber protein dan rendah akan merkuri. Bentuk teri memang kecil, tapi khasiatnya tidak main-main. Terlebih lagi dibuat sambal teri Medan kering yang nikmatnya sungguh tiada tara sebagai lauk nasi panas.

Butuh Lokasi Untuk Membuka Usaha Kuliner?

  • Dijual Cepat, Sebuah Tempat Usaha Strategis di Banyumanik Semarang
    Banyumanik adalah nama sebuah kecamatan di Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Kecamatan Banyumanik Semarang terletak di daerah yang sering disebut sebagai kota atas Semarang. Wilayah Kecamatan Banyumanik berada di ketinggian rata-rata 300 meter di atas permukaan laut dengan suhu udara rata-rata 20-22 derajat Celcius Banyumanik merupakan daerah ekonomi baru…
    Read more...