idarzh-CNnlenms

Sejarah Kerupuk Kulit Ikan Kakap, Salah Satu Aneka Makanan Ringan Asli Indonesia

Sebagai salah satu aneka makanan ringan khas Indonesia, kerupuk bisa Anda temukan hampir di seluruh wilayah di Indonesia. Kerupuk yang berbahan dasar olahan singkong, ubi, dan lainnya, biasanya berasal dari daerah pegunungan. Sementara, kerupuk yang berbahan olahan ikan, biasanya berasal dari daerah perairan. Salah satunya yaitu kerupuk kulit ikan kakap.

Kerupuk kulit ikan kakap ini sendiri termasuk salah satu kuliner khas daerah Jawa Tengah, terutama di daerah Purwosari, Kudus, Magelang, dan sekitarnya. Selain di Jawa Tengah, Anda juga bisa mendapatkan kerupuk kulit ikan kakap ini hampir di seluruh daerah di Indonesia, terutama di daerah bagian perairan laut.

Kerupuk kulit ikan kakap ini awalnya dibuat untuk memanfaatkan limbah sisa olahan pabrik ikan kakap, yang kemudian dijadikan sebagai bahan dasar olahan kerupuk kulit ikan kakap. Selain kulit ikan kakap, ternyata ada beberapa jenis ikan lainnya yang bisa dijadikan sebagai bahan dasar kerupuk kulit atau biasa dikenal dengan sebutan kerupuk ikan rambak.

Diantaranya yaitu ikan pari, ikan tenggiri, ikan bandeng, ikan tuna, dan ikan lainnya yang biasanya dijadikan sebagai bahan olahan makanan di pabrik. Misalnya saja, perusahaan olahan makanan sosis, abon, bakso, dan lainnya yang bahan dasarnya menggunakan ikan.

Namun, dalam mengolah kerupuk kulit ikan kakap ini membutuhkan teknik khusus, agar kerupuk kulit ikan kakap bisa matang secara sempurna. Pasalnya, apabila sampai teknik pengolahannya salah maka akibatnya sangat fatal dan menyebabkan kerupuk tersebut berbau.

Kerupuk kulit ikan kakap ini memiliki bobot yang ringan dengan tekstur yang sedikit kasar dan berongga. Selain itu, kerupuk kulit ikan kakap ini juga mempunyai rasa gurih, renyah dan sedikit asin, dengan dominasi rasa khas ikan kakap.

 

Manfaat Kerupuk Kulit Ikan Kakap

Kerupuk kulit ikan kakap ternyata mempunyai banyak manfaat baik dari segi bisnis maupun sisi kesehatan. Dari segi bisnis, kerupuk kulit ini bisa dijadikan sebagai salah satu bisnis makanan ringan yang begitu menjanjikan. Pasalnya, kerupuk kulit ikan kakap ini termasuk salah satu kerupuk kulit yang paling banyak diincar oleh sebagian besar masyarakat Indonesia.

Selain itu, sebagai makanan ringan asli Jawa Tengah, kerupuk kulit kakap ini juga bisa dijadikan sebagai buah tangan. Sehingga bisa menjadi peluang bisnis kuliner khas daerah tersebut. Di pasaran, kerupuk kulit ini tidak hanya dijual dalam kondisi yang matang. Ada beberapa kerupuk kulit ikan kakap yang juga dijual dalam kondisi yang masih mentah. Selain itu, kerupuk kulit ikan kakap biasanya dijual dengan berbagai varian rasa.

Manfaat lain dari kerupuk kulit kakap ini yaitu memiliki banyak kandungan gizi yang sangat menyehatkan bagi tubuh Anda. Diantaranya yaitu mengandung kolagen yang dipercaya sangat baik untuk kesehatan kulit, kaya akan sumber protein, memperkuat tulang, mencegah penyakit maag dan lainnya.

Nah, itulah beberapa gambaran singkat mengenai sejarah kerupuk kulit ikan kakap dan berbagai manfaat yang bisa Anda peroleh dari berbisnis maupun mengkonsumsi kerupuk kulit ikan kakap.

Selain itu, kerupuk kulit ikan kakap ini juga memiliki rasa yang begitu menggoda. Bagi Anda pecinta kuliner nusantara, salah satu aneka makanan ringan ini wajib Anda coba.