idarzh-CNnlenms

Sejarah Kerupuk Sala, Aneka Snack Asli Indonesia

Sebagai salah satu aneka snack asli Indonesia, kerupuk sala sendiri yang terkenal ada dua jenis. Pertama yaitu kerupuk sala yang berasal dari Solo yang namanya diambil dari daerah asal kerupuk tersebut, tepatnya di daerah sala yang berada di Jawa Tengah

Sementara kerupuk sala yang kedua yaitu kerupuk sala yang merupakan kuliner khas Pariaman, tepatnya di Sumatera Barat. Kerupuk sala asli Pariaman ini, biasanya juga disebut kerupuk ladu sala atau kerupuk ladu sala lauak. Di daerah Pariaman nama sala mempunyai makna goreng.

 

Aneka Kerupuk Sala di Indonesia

 

1.Kerupuk Sala Asli Solo

Di Jawa Tengah kerupuk sala merupakan salah satu merek kerupuk asli daerah Sala dan sekitarnya. Kerupuk ini awalnya berasal di daerah Sala yang kemudian menyebar ke daerah Solo, Boyolali, Surakarta dan sekitarnya. Sehingga kerupuk Sala ini juga termasuk salah satu kuliner khas daerah Boyolali, Solo, Surakarta dan lainnya.

Kerupuk ini bentuknya hampir mirip dengan kerupuk mie, namun ukurannya lebih besar serta berwarna sedikit kuning kecoklatan. Seperti halnya kerupuk lainnya, kerupuk ini juga memiliki cita rasa renyah dan gurih.

Kerupuk sala ini juga populer dengan sebutan kerupuk sala orang Solo. Kerupuk sala ini sering dibuat lomba makan kerupuk untuk perayaan memperingati hari kemerdekaan negara Indonesia.

Selain itu, kerupuk sala ini juga dijadikan sebagai peluang usaha yang menggiurkan bagi sebagian pembisnis makanan di daerah Solo. Pasalnya, kerupuk sala ini termasuk kerupuk sala yang memiliki banyak permintaan di pasaran.

 

2.Kerupuk Sala Asli Pariaman

Sementara kerupuk sala khas Pariaman terbuat dari bahan olahan ikan seperti tuna, teri, dan lainnya. Bentuknya bulat dengan ukuran kecil-kecil, berwarna kuning sedikit kemerahan, serta mempunyai rasa yang lezat di lidah.

Kerupuk ladu sala asli Pariaman ini biasanya sangat cocok dijadikan makanan ringan pelengkap nasi. Sementara kerupuk ini memiliki dua macam varian yaitu sala bulek dan keripik ladu sala.

Namun yang lebih terkenal di masyarakat umum yaitu keripik ladu sala. Pasalnya, kerupuk varian ini yang paling banyak di jual di pasaran, termasuk salah satu makanan ringan yang paling terkenal di daerah Pariaman.

Selain itu, keripik ladu sala ini merupakan makanan andalan daerah Pariaman. Sehingga, keripik ladu sala ini kerap dijadikan sebagai buah tangan khas Pariaman.

 

Kuliner Andalan Khas Daerahnya Masing-Masing

Meskipun, kerupuk sala Solo dan kerupuk sala Pariaman ini berasal dari daerah dan pulau yang berbeda. Namun, keduanya merupakan makanan kuliner yang mempunyai ciri khas sebagai makanan andalan di daerahnya masing-masing.

Selain itu, kedua jenis kerupuk ini sama-sama memiliki peluang yang besar yang sangat menguntungkan untuk dijadikan bisnis kuliner di daerah masing-masing.

Pasalnya, kedua jenis kerupuk ini mempunyai daya tarik sendiri yang membuat banyak diburu oleh para pencinta kuliner.

Nah, itu tadi penjelasan seputar kerupuk sala. Meskipun memiliki nama yang sama yaitu kerupuk sala, nyatanya kedua kerupuk ini sangat berbeda. Mulai dari asal bahan dasar, bentuk kerupuk, bahkan ukurannya pun berbeda.

Namun, kedua jenis kerupuk ini memiliki rasa yang sama-sama enak. Selain itu, kedua jenis kerupuk ini juga termasuk aneka snack asli Indonesia yang memiliki cita rasa sesuai dengan ciri khas daerahnya. Jadi, kerupuk sala yang manakah yang sesuai dengan selera lidah Anda?

Butuh Lokasi Untuk Membuka Usaha Kuliner?

  • Dijual Cepat, Sebuah Tempat Usaha Strategis di Banyumanik Semarang
    Banyumanik adalah nama sebuah kecamatan di Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Kecamatan Banyumanik Semarang terletak di daerah yang sering disebut sebagai kota atas Semarang. Wilayah Kecamatan Banyumanik berada di ketinggian rata-rata 300 meter di atas permukaan laut dengan suhu udara rata-rata 20-22 derajat Celcius Banyumanik merupakan daerah ekonomi baru…
    Read more...