idarzh-CNnlenms

Sejarah Makanan Tradisional Kerupuk Kluntung Pasinan Banyuwangi

Bagaimana Sejarah Makanan Tradisional Kerupuk Kluntung Pasinan Banyuwangi? Salah satu makanan tradisional di kabupaten Banyuwangi adalah kerupuk kluntung pasinan Banyuwangi. Kerupuk kluntung ini asli dibuat oleh salah satu dusun yang berada di kabupaten Banyuwangi, namanya yaitu dusun Pasinan.

Berdasarkan filosofi pembuatannya, kerupuk ini dinamakan kerupuk kluntung pasinan, karena kerupuk ini bentuknya kluntung atau melengkung dan berasal asli dari daerah Pasinan. Sehingga, saat ini kerupuk tersebut menjadi kuliner khas Kabupaten Banyuwangi. Selain itu, kerupuk kluntung tersebut hanya bisa Anda peroleh dari daerah Pasinan.

 

Keunikan dan Daya Tarik Kerupuk Kluntung Pasinan

Kerupuk kluntung ini cukup menarik dan unik, pasalnya kerupuk kluntung tersebut hanya bisa dibuat oleh beberapa warga pasinan yang bisa dihitung dengan jari, salah satunya adalah Adni, seorang ibu yang berusia 49 tahun.

Selain itu, kerumitan bentuknya yang mirip sekali dengan tempat tinggal keong, membuat banyak orang merasa sangat kesulitan untuk membuat kerupuk klutang pasinan Banyuwangi ini.

Ada beberapa tips dan trik khusus yang harus Anda kuasai untuk membuat kerupuk pasinan Banyuwangi ini secara sempurna. Namun, tingkat kesulitan yang membuat kebanyakan orang menyerah yaitu proses pembentukan kerupuk kluntung. Kebanyakan orang-orang gagal ketika proses tersebut.

Selain itu, Anda tidak bisa dengan mudah mengkonsumsi kerupuk kluntung pasinan ini, pasalnya, kerupuk ini hanya bisa Anda temukan di daerah Pasinan saja.

Selain itu, tidak seperti kebanyakan kerupuk lainnya yang biasanya dijadikan makanan pengganti lauk atau pelengkap nasi maupun cemilan. Kerupuk kluntung ini biasanya hanya disajikan saat ada pesta perayaan besar, seperti pernikahan, lebaran, syukuran dan lainya.

 

Keunggulan-Keunggulan Kerupuk Kluntung Pasinan Banyuwangi

Kerupuk kluntung pasinan Banyuwangi ini terbuat dari bahan dasar olahan tepung kanji dan beras yang dicampur dengan beberapa bumbu lainnya. Selain itu, kerupuk ini memiliki berbagai varian warna, seperti warna hijau, warna putih, warna kuning, warna merah, dan lainnya.

Kerupuk kluntung pasinan Banyuwangi ini juga memiliki rasa yang tidak kalah enak dengan jenis kerupuk lainnya, rasanya gurih dan sangat renyah. Kelebihan lain dari kerupuk kluntung ini yaitu dibuat dari bahan-bahan yang alami yang aman dikonsumsi tanpa penambahan bahan-bahan kimia, seperti bumbu penyedap dan bumbu lainnya.

Kerupuk kluntung pasinan Banyuwangi termasuk kerupuk tradisional khas kabupaten Banyuwangi yang dibuat secara manual seperti masyarakat zaman dahulu. Dengan beberapa trik khusus dalam rahasia bumbu yang masih kental dengan tradisi masyarakat di tempat.

Hal tersebut sangat berbeda dengan jenis kerupuk lainnya yang sudah bisa dibuat secara modern dan dalam jumlah yang banyak. Pasalnya, proses pembuatan kerupuk yang lain biasanya menggunakan alat-alat yang lebih modern yang lumayan canggih.

Berbeda dengan kerupuk kluntung pasinan Banyuwangi, yang bahan racikan dan pembuatannya masih sangat tradisional dan manual. Inilah yang menyebabkan cita rasa kerupuk kluntung yang masih sangat khas dan begitu tradisional.

 

Nah, itu tadi sejarah singkat kerupuk kluntung pasinan Banyuwangi, dan beberapa keunikan dan kelebihan dari kerupuk kluntung pasinan Banyuwangi yang menjadi daya tarik tersendiri dari kerupuk ini.

Selain itu kerupuk kluntung pasinan Banyuwangi ini juga termasuk jenis makanan tradisional yang masih sangat langka, karena proses pembuatannya cukup lama sebab dilakukan secara tradisional dan secara manual dengan bahan dasar olahan yang cukup alami, jadi masih jarang orang yang memproduksi kerupuk ini. Anda penasaran untuk mencicipinya?