Loading...
 

Soto Bogor Pak Salam, Makanan Berkuah Hasil Racikannya Ini Memang Tiada Lawan

Berbagai makanan berkuah yang enak, mudah Anda temui di Kota Bogor. Seperti soto sangat pas menemani sore sejuk di kota hujan ini. Berbicara tentang soto, di Jalan Suryakencana, Bogor, terdapat sebuah kedai makanan enak di Bogor, yakni soto Bogor yang selalu ramai dipadati pengunjung, namanya Soto Bogor Pak Salam.

Bahkan, Soto Pak Salam ini sudah tersohor hingga luar Kota Bogor dan didaulat sebagai destinasi wisata kuliner Bogor. Selain memadukan bahan-bahan alami yang segar, Soto Bogor Pak Salam ini juga memiliki cita rasa yang berbeda dari soto-soto kebanyakan. Ciri khas yang dimiliki soto khas Bogor ini terletak pada kuahnya yang berwarna kuning sebab menggunakan bahan utama berupa kunyit.

Selain memberikan warna kuning yang khas, kunyit serta rempah-rempah lain yang digunakan sebagai bahan kuah soto makin memperkaya cita rasa Soto Bogor Pak Salam serta dapat menghangatkan tubuh Anda di sejuknya Kota Bogor yang hampir tiap hari diguyur hujan.

Tidak hanya itu, Soto Bogor Pak Salam juga memiliki varian isi soto yang bisa Anda pilih sendiri. Varian tersebut di antaranya: daging sapi, otak, kikil, babat, paru, usus, dan lidah. Daging dan jeroan yang digunakan sebagai isian soto sudah dibersihkan dengan baik sehingga Anda tidak perlu khawatir menemukan sisa-sisa kotoran di dalamnya. 

Sudah terbayang makanan berkuah yang enak ini bukan? Apalagi jika nasi putih hangat yang sudah ditaburi bawang goreng terhidang bersama soto kuning yang dikucuri perasan jeruk nipis serta sambal yang menggugah selera. Pokoknya sudah pasti membuat Anda tidak sabar untuk segera mencicipinya.

 

Kalau Mau Mencoba, Harus Rela Antre

Di mana ada makanan berkuah yang enak, di situ pula ada deretan orang yang rela antre berjam-jam. Begitu pula dengan Soto Bogor Pak Salam. Jika Anda begitu penasaran ingin mencicipi lezatnya soto kuning Pak Salam, Anda harus siap bersaing dengan warga sekitar dan para pemburu kuliner Bogor. Pada hari biasa saja, pengujung sudah bersiap mengantre depan kedai Soto Pak Salam bahkan ketika lapak dagangan belum dibuka. Terlebih lagi jika akhir pekan, Anda harus menyiapkan kesabaran ekstra agar dapat bersaing dengan para wisatawan.

Tapi, jangan khawatir, sembari mengantre, Anda akan dihibur dengan kata-kata unik yang sering kali meluncur dari mulut pegawai Soto Bogor Pak Salam. Bagi Anda yang baru pertama kali datang ke Soto Pak Salam mungkin akan merasa bingung jika salah satu pegawai melontarkan kalimat seperti “Semangat”, “Sudah masuk monitor”, atau “Masih indah-indah.” Lantas, apa maksudnya kalimat-kalimat tersebut ya?

Kata “semangat” biasa dilontarkan ketika meminta tambahan nasi, sedangkan kalimat “sudah masuk monitor” diucapkan ketika pelanggan hendak membayar. Nah, jika Anda menanyakan persediaan jeroan, maka pegawai akan menjawab “masih indah-indah” jika persediaan jeroan masih banyak. Lucu dan kreatif juga, ya?

 

 

Harganya?

Untuk ukuran soto kuning yang sudah tersohor seantero Bogor, Soto Bogor Pak Salam mematok harga yang sangat terjangkau. Varian isi soto seperti paru, kikil, lidah, dan sebagainya dipatok dengan harga Rp10.000,00 per buah. Sementara untuk tambahan isi seperti perkedel dan sate kentang dihargai Rp3.000,00. Jadi, untuk satu porsi Soto Pak Salam, Anda hanya perlu mengeluarkan uang kira-kira Rp30.000,00 - RP50.000,00 saja. Terjangkau, bukan?

Nah, maka dari itu, jika Anda bepergian ke Bogor, jangan sampai lupa jajan ke warung Soto Bogor Pak Salam di Jalan Suryakencana, Gang Aut, Bogor. Supaya tidak kehabisan, Anda sebaiknya datang sebelum pukul 17.00, sebab terlambat sedikit saja, antrean akan semakin membludak dan Anda bisa kehabisan sotonya.

 

Selamat mencoba makanan berkuah yang enak di kota Bogor ini...

  • Martabak Encek, Kuliner Bogor Yang Legendaris

    Kedai martabak memang banyak dimana-mana, namun tidak banyak yang bertahan cukup lama. Salah satu contohnya adalah Martabak Encek, yang tergolong kuliner legendaris, karena tetap eksis sejak membuka usahanya pada puluhan tahun yang lalu. Martabak Encek atau yang dikenal juga dengan nama dengan Martabak Bangka ini, sudah ada sejak tahun 1975 dan terus melayani para pembelinya hingga saat ini.

Cara Melanjutkan Bisnis Kuliner Yang Berasal Dari Warisan Keluarga

Warisan berasal dari bahasa Arab Al-miirats, bentuk masdar dari kata waritsa- yaritsu- irtsan-…

Mengolah Daging Sapi Yang Benar Itu Jangan Dicuci Dahulu Jika Tidak Langsung Dimasak

Cara mengolah daging sapi memang sangat beragam, mulai dari pemilihan daging sapi, pembersihan…

Kopdar dan Kongkow Komunitas Otomotif Lebih Nyaman di Kedai Kopi

Sebagai anak komunitas otomotif, pastinya anda pernah berpikiran untuk bisa kongkow-kongkow asik…

Lebih Enak Rambak Kulit Kerbau Atau Kulit Sapi?

Kerupuk kulit atau biasa disebut kerupuk rambak adalah pendamping makan yang terbuat dari limbah…
Enjoying Exotism of the Island of Gods and Eat with the King of Jungle

Bali Adventure – Enjoying Exotism of the Island of Gods and Eat with the “King of Jungle”

Bali Island is very famous for its exotism and natural beauty. It is the place where traditions, cultures, and modernity blend perfectly. The island offers visitors a thrilling adventure and there are many tourist destinations options to visit. Not only that but visiting Bali will provide you opportunities to look closer at the island’s wildlife. You can even eat in a restaurant with a companion of wild animals like a lion. Sounds fantastic? Yep, and Wana Bali Zoo Restaurant will make it…