Spesial Sambal Tomat Enak dan Cara Mudah Membuatnya

Siapa yang tak kenal dengan sambel tomat? Dari banyak aneka sambal yang ada di Indonesia, mungkin sambal ini merupakan salah satu yang paling terkenal.

Sambal yang mengandung tomat ini seringkali hadir di menu rumahan hingga selalu menjadi bintang di warung makan lamongan. Tahukah anda, ternyata sambal tomat itu terdiri dari 2 jenis yakni sambal tomat menta dan sambal tomat matang.

Lalu, seperti apakah cara membuat sambal tomat tersebut? Apakah cara dan bahan yang digunakan berbeda? Kita akan ketahui bersama di pembahasan berikut ini agar anda bisa membuat sambal tomat yang maknyus.

 

Resep Sambal Tomat Matang

Yang pertama kita akan membahas cara untuk membuat sambal tomat matang. Adapun bahan bahhan yang anda butuhkan antara lain adalah:

  • Tomat merah 1 buah’
  • Cabe rawit 10 buah
  • Cabe keriting merah 3 buah
  • Bawang putih 2 siung
  • Bawang merah 1 siung
  • Garam dan gula secukupnya
  • Kaldu ayam bubuk
  • Terasi yang dibakar atau digoreng
  • Minyak goreng

Apabila sudah lengkap, maka anda bisa membuat sambel tomat matang ini dengan langkah langkah mudah berikut:

  1. Pertama tama, goreng bahan seperti bawang merah, cabe rawit, bawang putih, tomat, dan cabe keriting hingga layu
  2. Kemudian, angkat dan letakkan pada cobek dan haluskan.
  3. Tambahkan garam, gula,terasi, dan kaldu sesuai selera
  4. Koreksi rasa dan tambahkan bumbu apabila rasanya belum sesuai keinginan anda
  5. Apabila anda ingin rasa sambel yang lebih segar, tambahkan air perasan jeruk limau
  6. Jika anda inin, tumis sambal tomat di minyak panas apabila anda ingin rasanya tambah mantap.

Nah, itu dia cara membuat sambal tomat matang yang enak.

 

Resep Sambal Tomat Mentah

Apabila anda bosan menyantap sambal yang matang, anda bisa juga membuat sambal tomat mentah. Bahan bahannya sama dengan sambal tomat matang seperti diatas, namun cara dan proses membuatnya yang sedikit berbeda. Berikut ini adalah cara untuk membuat sambal tomat mentah:

  1. Iris semua bahan yang sudah disiapkan dan kemudian potong tomat menjadi ukuran kecil kecil
  2. Lalu, masukkan bahan tersebut ke dalam cobek kecuali tomat dan ulek. Untuk membuat citarasa yang nikmat, akan lebih baik apabila terasi yang digunakan dibakar sebentar sebelum diulek.
  3. Jangan lupa untuk menambahkan gula, garam, dan kaldu sesuai dengan selera.
  4. Setelah halus, maka tambakan tomat yang sebelumnya sudah diiris iris ke dalam cobek dan kemudian ulek kembali hingga halus.

Itulah cara membuat sambal tomat mentah yang segar dan pedas. Untuk menambah cita rasa segar, seperti biasa anda dapat menambahkan air perasan jeruk limau sebelum sambal siap untuk dihidangkan.

Yang membedakan sambel tomat matang dan mentah adalah bahan bahan yang mana ada yang digoreng terlebih dahulu. Sementara, di sambal tomat mentahh semua bahan seperti bawang merah, bawang putih, cabe dan tomat tak perlu digoreng. Baik sambel tomat matang atau mentah, semuanya cocok disantap untuk aneka lauk seperti lauk yang dibakar atau digoreng. Cukup dimakan dengan menggunakan nasi putih hangat maka sudah terasa nikmatnya.

Namun, sambal ini juga cocok dimakan dengan beberapa olahan sayuran seperti sayur beningatau bayam. Dijamin, makan siang atau makan malam anda akan semakin lezat dan memuaskan. Selamat mencoba di rumah.

Kuliner Bogor Paling Favorit

Ragam Kuliner Nusantara

  • Mento dan Sarkoyo, Altenatif Takjil Khas Madura yang Unik Rasanya Mento dan Sarkoyo, Altenatif Takjil Khas Madura yang Unik Rasanya
    Kekayaan kuliner Nusatara memang luar biasa banyaknya. Setiap menu yang dimiliki di setiap daerah pun memiliki keunikan rasa dan packaging. Salah satunya adalah olahan-olahan khas Madura. Tenar dengan sate ayamnya, nyatanya pulau yang berada di bagian timur laut Jawa itu memiliki banyak panganan lain yang tak kalah menggugah selera.
    Read more...

Kuliner Pendamping

FoodMania

Penawaran

  • Dijual Cepat, Sebuah Tempat Usaha Strategis di Banyumanik Semarang Dijual Cepat, Sebuah Tempat Usaha Strategis di Banyumanik Semarang
    Banyumanik adalah nama sebuah kecamatan di Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Kecamatan Banyumanik Semarang terletak di daerah yang sering disebut sebagai kota atas Semarang. Wilayah Kecamatan Banyumanik berada di ketinggian rata-rata 300 meter di atas permukaan laut dengan suhu udara rata-rata 20-22 derajat Celcius Banyumanik merupakan daerah ekonomi baru…
    Read more...