idarzh-CNenhi

Temukan Tips Pengolahan Aneka Makanan Ringan Kerupuk Ikan Asin Agar Renyah dan Gurih

Salah satu kudapan yang paling dinikmati masyarakat ialah kerupuk ikan asin. Selain berharga ekonomis dan mudah dibuat, aneka makanan ringan kerupuk ikan asin pun sangat tahan lama, sehingga dapat membantu dalam menghemat keuangan rumah tangga.

Nah, bagi Anda yang ingin dapat mengolah kerupuk ikan asin di rumah secara mandiri, pahami dulu tips trik agar hasilnya renyah dan gurih. Berikut uraian singkatnya.

 

1.Cuci yang Bersih

Ikan yang baru didapat dari laut, sudah tentu membawa banyak kotoran dalam tubuh. Baik di bagian luar maupun di dalamnya. Untuk itu, Anda harus membersihkannya secara menyeluruh dan pastikan bersih, tanpa ada kotoran maupun debu yang masih menempel.

Pasalnya, bila Anda tidak mencucinya hingga bersih, maka kemungkinan besar kotoran tersebut akan menempel ketika masa penjemuran dan dapat mempengaruhi rasa.

Kendati demikian, Anda pun harus berhati-hati dalam mencuci. Jangan sampai terlalu lama yang akibatnya ikan berubah menjadi lembek. Jangan biarkan garam yang terdapat dalam tubuh ikan hilang, agar rasa asin khas kerupuk tetap terasa.

 

2.Tiriskan sejenak

Setelah ikan dalam keadaan bersih, tiriskan sejenak untuk menghilangkan air yang menempel. Pasalnya, bila Anda membiarkan ikan yang masih basah dijemur, maka hasilnya ikan akan lembek dan jauh dari kata gurih, apalagi renyah.

Bahkan, bila keadaan cuaca kurang mendukung, proses pengeringan pun membutuhkan waktu lama. Lebih buruk lagi, ikan membusuk yang dapat membuat Anda gagal menikmati kerupuk ikan asin.

 

3.Jemur dengan baik dan tepat

Kerupuk ikan asin akan terasa semakin renyah dan gurih, ketika berhasil mendapat sinar matahari yang cukup selama masa penjemuran. Selain itu, Anda pun harus dapat memotong ukuran tipis sedemikian sama besar agar mengering secara merata dalam waktu bersamaan.

Pastikan Anda menjemur yang dapat terpapar sinar matahari secara sempurna seperti di pelataran rumah atau bagian atap. Anda pun harus memastikan keadaan sekitar bersih agar tidak ada kotoran maupun debu yang menempel pada kerupuk ikan asin ketika proses penjemuran tengah berlangsung.

Hindari pula, kerupuk terkena air selama penjemuran karena dapat membuat kerupuk basah dan berubah jadi lembek. Renyah dan gurih pun sudah tidak ada lagi.

 

4.Goreng dengan sempurna

Begitu kerupuk ikan asin berhasil dibuat, tentu saatnya Anda menikmati bersama keluarga, dijadikan lauk saat makan atau sekadar cemilan di waktu santai bersama keluarga.

Nah, dalam proses penggorengan pun Anda perlu memperhatikan minyak yang dipakai. Pastikan minyaknya cukup untuk merendam kerupuk yang akan dimasak. Sebab, bila kerupuk tidak terendam, maka hasilnya tidak akan sempurna. Bisa jadi, masih ada yang matang atau terlalu gosong karena terlalu lama.

Ketika menggoreng pun, Anda harus memastikan api yang digunakan tidak terlalu besar maupun kecil, tetapi sedang. Bila terlalu besar, kemungkinan besar kerupuk ikan asin akan gosong. Sementara jika terlalu kecil, kerupuk akan membutuhkan waktu lama untuk matang secara sempurna.

 

5.Simpan dengan baik

Kerupuk ikan asin memiliki kadar ketahanan cukup lama, selama Anda mampu menyimpannya di tempat tertutup. Pastikan kerupuk sudah dalam keadaan dingin ketika Anda memasukkan ke dalam toples.

Pasalnya, bila masih hangat, uap kerupuk setelah digoreng dapat mengakibatkan kerupuk ikan asin berubah lembek dan tidak renyah lagi.

 

Nah, itulah tips mengolah aneka makanan ringan kerupuk ikan asin yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba.

Butuh Lokasi Untuk Membuka Usaha Kuliner?

  • Dijual Cepat, Sebuah Tempat Usaha Strategis di Banyumanik Semarang
    Banyumanik adalah nama sebuah kecamatan di Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Kecamatan Banyumanik Semarang terletak di daerah yang sering disebut sebagai kota atas Semarang. Wilayah Kecamatan Banyumanik berada di ketinggian rata-rata 300 meter di atas permukaan laut dengan suhu udara rata-rata 20-22 derajat Celcius Banyumanik merupakan daerah ekonomi baru…
    Read more...