Loading...
 

Asli Bantul, Kontol Kejepit alias Tolpit Bikin Nagih

Membicarakan Yogyakarta memang tak ada habisnya. Menyandang gelar sebagai daerah istimewa, nyatanya Yogyakarta benar-benar memiliki kekayaan alam dan budaya yang luar biasa. Khazanah budayanya bukan saja soal tari-tarian, tembang, atau kesenian lainnya, melainkan juga soal kulinernya. Memiliki 4 kabupaten dan 1 kota madya, Jogja kaya akan beragam makanan yang endes banget—meminjam bahasa alay anak jaman now.

Bakpia, gethuk, gudeg, oseng mercon, yangko mungkin sudah sangat familiar ditelinga Anda. Namun, pernahkah Anda mendengar kuliner nyleneh asal Bantul satu ini?! Namanya adalah Kontol Kejepit atau sering disingkat Tolpit. Bagi yang sudah merasakan akan mengatakan kalau rasanya nagih. 

Etzzzzz.. Namun, Anda jangan langsung berpikiran buruk ya. Meski namanya vulgar, tetapi ketahuilah jika nama yang baru saja disebut adalah sebuah hidangan yang lezat, cocok dijadikan teman ngopi maupun ngeteh kala pagi maupun sore hari. 

Lalu, apa sebenarnya Kontol Kejepit alias Tolpit itu?

Aslinya, makanan ini bernama Adrem. Makanan ini sebenarnya adalah jajanan lawas. Seiring berjalannya waktu, Adrem pun mulai dilupakan anak-anak muda dan masyarakat modern. Namun, seiring berkembangnya media sosial, unggahan kuliner dengan nama unik itu telah membuat nama Tolpit kembali naik daun. Soal alasan disebut Tolpit, adalah agar terlihat lebih sopan daripada menyebut dengan nama vulgarnya, Kontol Kejepit. Pemberian nama yang saru itu, tak lain dilandasi bentuk makanan itu yang mirip dengan skrotum yang terjepit sesuatu. 

Beranjak dari asal-usul namanya, kita lanjutkan penelusuran ke soal bahan-bahannya. Tolpit dibuat dari campuran tepung beras, parutan kelapan, gula jawa dan juga vanili. Adonan itu dicampur dan kemudian digoreng dengan jepitan agar terlihat terjepit alias kejepit. Rasa dari Tolpit sendiri gurih dan manis. Bagi Anda yang belum pernah merasakannya, mungkin bisa membandingkan dengan rasa kue cucur. Ya, rasanya sangat mirip kue cucur yang mudah dijumpai di banyak tempat di Indonesia.

Mengetahui bahan-bahannya yang sederhana dan mudah diperoleh, sebenarnya Anda pun bisa membuatnya sendiri di rumah. Namun, jika ingin tetap merasakan sensasi akan Tolpit langsung dari kampung halamannya, tak ada salahnya juga jika Anda singgah ke Sanden, Bantul saat ke Jogja kelak. Sebagai tempat asal Tolpit, di kecamatan ini Anda dengan mudah bisa menemukan kue Tolpit. Umumnya, jajanan satu ini banyak ditawarkan di pasar-pasar tradisional. Beberapa pasar yang bisa Anda tuju untuk mendapatkan Tolpit, antara lain adalah Pasar Sanden, Pasar Celep Srigading Bantul, Pasar Bantul, juga Pasar Kota Gede. 

Saat membeli Tolpit, ada beberapa tips agar bisa memastikan rasanya sebelum mencobanya.

Pertama, Anda harus jeli melihat warnanya. Tolpit yang enak biasanya berwarna cokelat kehitaman. Warna tersebut diperoleh dari perpaduan kematangan yang sempurna antara tepung beras dan gula jawa. 

Kedua, pastikan untuk tidak terkecoh soal harga.

Sebagai wisatawan Anda harus mengetahui jika Tolpit ini adalah kue tradisonoal yang murah meriah. Harga per bijinya berkisar Rp 800-Rp 1.000 saja. Bisa jadi lebih, tetapi kisarannya tak akan jauh-jauh dari angka tersebut. Apabila sudah dikemasi plastik dan terdiri dari beberapa biji, harganya pun berkisar Rp 5.000-an saja. Oleh karena itu, dengan mengetahui harga umumnya, Anda tak akan tertipu dengan harga mahal saat membelinya. 

Nah, demikian sekilas pembahasan soal jajanan khas Bantul, bernama Kontol Kejepit alias Tolpit yang meski namanya terdengar aneh di telinga, tetapi rasanya menggugah selera.

 

-------------------------------------------

JUAL CEMILAN KHAS "SUPER PANAS"

Baru digoreng sesaat sebelum dikirim. GRATIS ONGKIR, untuk wilayah dalam kota Bogor.

Lumpia Asli Semarang: Rp4.500/pcs 
Tahu Baso Daging Sapi  Rp2.500/pcs 
Rajungan Goreng  Rp6.000/pcs
Baby Crab Rp16.000/100gram
Baby Squid Rp20.000/100gram
Baby Lobster Rp20.000/100gram

 

Toko ARANDVI, Jalan Janaka 2, Nomer 13, Tegalgundil, Bogor. Telpon: 081321122227

-------------------------------------------

Inilah Sejarah Makanan Jaman Dulu Yang Disebut Wedang Tahu

Wedang tahu adalah makanan jaman dulu dengan cita rasa manis, beraroma jahe dan berisi kembang tahu yang dibuat dari sari kedelai. Berdasarkan tulisan dari Dosen sejarah Universitas Sanata Dharma, Heri Priyatmoko, berjudul Silang Sejarah dan Budaya yang diterbitkan di Koran Jakarta tahun 2015, wedang tahu adalah kuliner khas Semarang walaupun bukan asli dari Semarang. Baca Selengkapnya...

Green Tea Ovamaltine By Raincake Bogor Layak Diberi Acungan Jempol

Cheese cake adalah jenis kue yang dibuat dengan menggunakan bahan utama berupa keju. Cheese cake awalnya sangat populer di negara Jepang. Seiring perkembangan zaman jenis kue ini mulai merambah luas dan dinikmati oleh banyak orang di berbagai negara dan kota, termasuk Bogor. Salah satu jenis cheese cake yang paling dicari adalah Green Tea Ovamaltine, yang dibuat oleh Raincake Bogor. Baca Selengkapnya...

Apa Sebenarnya Manfaat Minuman Fruit Tea Hingga Viral Di Media Sosial?

Fruit Tea adalah merek minuman teh rasa buah pertama di Indonesia yang diproduksi oleh PT. Sinar Sosro, pada tahun 1997. Bahan bakunya berasal dari daun teh pilihan yang diambil dari dari perkebunan milik sendiri demi menjaga kualitas teh yang bermutu, serta diberi tambahan ekstrak buah-buahan agar memiliki banyak manfaat. Minuman Fruit Tea tersedia dengan berbagai varian rasa yang menyegarkan. Baca Selengkapnya...

Camilan Untuk Penderita Diabetes, Yang Direkomendasikan Oleh Dokter

Diabetes adalah penyakit kronis yang ditandai dengan tingginya kadar gula (glukosa) darah. Glukosa yang menumpuk dalam jumlah besar di dalam darah, jika tidak diserap oleh sel tubuh dapat menimbulkan berbagai gangguan organ serta komplikasi yang membahayakan nyawa. Baca Selengkapnya...

BBQ Night Bernuansa Eropa Ada Di Devoyage Bogor

Barbeque atau biasa disingkat dengan BBQ, adalah sebuah metode atau proses untuk memasak daging, dengan menggunakan panas yang berasal dari panggangan gas, asap kayu, arang atau panggangan gas propana. Kegiatan menyantap barbeque kini menjadi momen yang pas untuk berkumpul bersama keluarga dan teman-teman. Jika ingin mengadakan BBQ Night dengan suasana berbeda, silahkan datang ke Devoyage Bogor. Baca Selengkapnya...

ARANDVI Food & Flora - Menjual Aneka Cemilan Khas Jawa Di Kota Bogor

ARANDVI adalah nama sebuah outlet di Kota Bogor, yang menjual produk seputar kuliner dan tanaman hias. Khusus untuk produk makanan, yang ditawarkan adalah kuliner khas Kota Semarang. Bukan sembarang kuliner, beberapa diantaranya adalah ikon Ibukota Jawa Tengah tersebut. Baca selengkapnya...